Isi Artikel Utama

Abstrak

Kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Muhammadiyah Tarogong Garut masih menjadi problem dalam proses pembelajaran, terdapat peserta didik yang kurang percaya diri, bertanggung jawab dan masih bergantung pada orang lain dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran berbasis masalah merupakan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan suatu permasalahan melalui tahapan-tahapan metode ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan; (1) kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak; (2) penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs Muhammadiyah Tarogong Garut; (3) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs Muhammadiyah Tarogong Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara observasi, kuesioner, dan studi dokumentasi. Sedangkan pengolahan data menggunakan analisis data statistik. Hasil penelitian menunjukan rata-rata pre-test pada kelas eksperimen 52,70 dan kelas kontrol 52,35. Setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah rata-rata post-test pada kelas eksperimen meningkat yaitu 62,00 dan rata-rata kelas kontrol yang  tidak menggunakan model pembelajaran berbasis masalah 54,87. Berdasarkan hasil uji T diketahui nilai Thitung > Ttabel. Thitung sebesar -6,59 atau 6,59 > Ttabel sebesar 2,00. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs Muhammadiyah Tarogong Garut.


Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemandirian Belajar siswa, Mata Pelajaran Akidah Akhlak.


 

Kata Kunci

Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemandirian Belajar siswa, Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Akidah Akhlak Subject Problem-Based Learning Model Student Self-Directed Learning

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Salamudin, C., & Utami, S. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning) Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Studi Eksperimen Di Kelas VIII MTs Muhammadiyah Tarogong Garut). Masagi, 2(1), 30–35. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jm/article/view/402

Referensi

  1. Anggun Safitri. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Online Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Akidah Akhlak. Skripsi, 8.5.2017, 2003–2005.
  2. Cahya Eka. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Skripsi, 022, 1–3.
  3. Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya.
  4. Dkk, B. (2002). Character Building II Relasi dengan Sesama. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
  5. Dr. shilphy A. Octavia. (2020). Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
  6. Nurdiansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizamia Learning Center. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
  7. Suciati, W. (2018). Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar. Bandung: CV. Rasi Terbit.
  8. Suciono, W. (2021). Berpikir Kritis (tinjauan melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri). Indramayu: CV.Adanu Abimata.
  9. Sugiyono. (2017). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  10. Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Model Problem Based Learning (Pbl) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta: Deepublish.