Isi Artikel Utama

Abstrak

Zakat, infaq dan sedekah memiliki potensi yang besar jika digunakan sebagai pemberdayaan umat. Sehingga perlunya analisis hukum islam dalam pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah karena terindikasi adanya ketidaksesuaian, baik dalam pengelolaan maupun pendistribusian zakat, infaq dan sedekah (ZIS) di Rumah Amal Salman Garut dengan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan dalam syariat islam.


Rumusan dalam Penelitian ini: apa yang dimaksud dengan hukum Islam? Bagaimana pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah Rumah Amal Salman Garut? Bagaimana analisis hukum Islam dalam pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah di Rumah Amal Salman Garut,


Tujuan Penelitian Untuk mengetahui bagaimana analisis hukum Islam dalam pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah di Rumah Amal Salman Garut.


Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.


Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, Selain teraudit oleh akuntan publik, Rumah Amal Salman juga terakreditasi A dan memperoleh predikat opini syariah “Sesuai Syariah” dari Kementrian Agama Republik Indonesia. Selain itu Rumah Amal Salman dalam menjalankan kebijakannya selalu berkomunikasi dengan dewan pengawas syariah karena tersetifikasi oleh MUI. Rumah Amal Salman meraih opini audit keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 Tahun berturut-turut dari Tahun 2017 sampai 2021.


Kata kunci : Hukum Islam, pengelolaan, zakat, infaq, sedekah;

Kata Kunci

Hukum Islam Pengelolaan Zakat Infaq Sedekah

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Izzan, A., & Febrianty, V. (2024). ANALISIS HUKUM ISLAM DALAM PENGELOLAAN ZAKAT, INFAQ DAN SEDEKAH PADA RUMAH AMAL SALMAN GARUT. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY), 2(2), 33–41. https://doi.org/10.37968/jhesy.v2i2.478

Referensi

  1. Al-Qosbah, Al-Qur’an. 2019. Al- Qur’an Dan Terjemahannya. 1st ed. edited by U. A. S. H. dan Setiawati. Jl. Terusan Jakarta, Ruko Puri Dago no 336 kab. Bandung.
  2. Amir, Syarifudin. n.d. “Pengertian Hukum Islam Menurut Amir Syarifuddin.”
  3. Anon. n.d.-a. “Dasar Hukum Zakat, Infaq Dan Shadaqah Dalam Al-Hadist.”
  4. Anon. n.d.-b. “Pengertian Pengelolaan, Unsur,Tujuan Dan Fungsi Pengelolaan.”
  5. Auliya, Syiva. 2016. “Implementasi Akutansi Zakat, Infaq Shodaqoh Produktif.” Universitas Jember.
  6. Khairina, Nazlah. 2019. “Analisis Pengelolaan Zakat, Infak, Dan Sedekah (ZIS) Untuk Meningkatkan Ekonomi Duafa.” At-Tawassuth 4(1).
  7. Pratama, Aditya Tara. 2020. “Peranan Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Assyafi’iyah Terhadap Peningkatan Minat Masyarakat Dalam Melakukan Zakat, Infaq , Shodaqoh, Dan Wakaf (ZISWAF).” Insitut Agama Islam NegeriI (IAIN) Metro.
  8. Syaripudin, E. I., & Nuraeni, I. (2022). MEKANISME PENGELOLAAN DAN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT INFAK DAN SEDEKAH DI DAARUT TAUHID PEDULI GARUT. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY), 1(1), 136–144. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jhesy/article/view/247
  9. Syaripudin, Enceng Iip, and Ahmad Setiawan Susanto. 2022. “Praktik Akad Sewa Tanah Untuk Produksi Bata Merah.” J-Hesy: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah 1(1):1–13.