Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  • 1. Artikel
    Harap siapkan artikel Anda dalam bahasa Indonesia. Konsisten dalam ejaan dan penggunaan di seluruh artikel dan hindari mencampurkan keduanya. Sebelum mengirimkan artikel, sangat disarankan untuk mengecek kembali artikel tersebut. Ini akan mempersingkat waktu pemrosesan pengiriman artikel Anda. Jurnal JHesy menerima kiriman artikel online melalui Open Journal Systems (OJS).
  • 2. Format Artikel
    Penulis harus menyerahkan artikel yang telah dipoles dengan hati-hati. Sebelum pengiriman harap pastikan bahwa artikelnya telah menggunakan Template Jurnal JHesy (Download Template Disini). Hal ini akan membuat proses publikasi menjadi lebih singkat. Penerimaan atau pemberitahuan penolakan akan dikirim kepada penulis setelah ada keputusan dari dewan editor. Pengajuan harus disertai dengan halaman depan yang menunjukkan nama dan alamat penulis untuk korespondensi (termasuk email), dan ucapan terima kasih (jika terdapat kontribusi pihak luar). Judul harus diletakkan pada halaman pertama artikel agar mempermudah proses peer-review. Oleh karena itu, semua informasi yang mengungkapkan identitas penulis akan dipertimbangkan sebelum artikel dikirim ke dewan reviewer. Artikel harus dikirim dalam Microsoft Word melalui email sebagai lampiran ke alamaat email di atas.
  • 3. Tipe Artikel
    Empat jenis artikel yang dapat dikirimkan:

    • Penelitian asli

    • Survei / review artikel, memberikan ulasan komprehensif tentang topik ilmiah.

    • Tulisan pendek: Artikel pendek dan lengkap tentang penelitian yang sedang berlangsung.

    • Catatan Teknis (Kajian ilmiah, Survey, dll)

  • 4. Hak Cipta
    Penyerahan artikel menyiratkan: bahwa karya yang diuraikan belum dipublikasikan sebelumnya (kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari kuliah yang diterbitkan, atau tesis), bahwa itu tidak dalam pertimbangan untuk publikasi di tempat lain. Hak cipta untuk artikel dan angka yang diterbitkan dalam jurnal ini dilindungi undang-undang. Ketika artikel diterima untuk publikasi, penulis setuju untuk secara otomatis mentransfer hak cipta ke penerbit.
  • 5. Proses Review
    Semua artikel akan ditinjau oleh tim editor dan dewan editorial atau reviewer external yang memenuhi syarat. Keputusan terkait penerimaan dan penolakan artikel akan disampaikan kepada penulis secepat mungkin.
  • 6. Bukti dan Cetak Ulang
    Bukti elektronik akan dikirim (sebagai lampiran email) ke penulis berupa file PDF. Bukti halaman online sebagai versi final dari artikel. Dengan pengecualian kesalahan tipografi atau kesalahan administrasi kecil, tidak ada perubahan akan dilakukan dalam artikel pada tahap pembuktian, karena Jurnal Algoritma menerbitkan artikel secara online untuk menarik berbagai audiens, penulis akan memiliki akses elektronik gratis ke teks lengkap (dalam HTML dan PDF) artikel. Penulis dapat dengan bebas mengunduh file PDF yang darinya mereka dapat mencetak salinan artikel mereka yang tidak terbatas.

Silakan gunakan pedoman berikut untuk menyiapkan naskah Anda sebelum mengirimkannya.

Judul (Times New Roman 14pt)

Penulis1, Penulis2, ..., Penulisn
1Departement, Faculty, Institution
1Email
2Email
nEmail

Judul harus jelas dan ringkas. Hanya awal judul yang menggunakan huruf kapital dan dicetak tebal. Nama penulis dan afiliasi seperti yang tertulis di atas. Nama penulis ditulis dengan jelas tanpa gelar.

Abstrak (Times New Roman 11pt)
Abstrak dituliskan dengan paragraf tunggal. Abstrak mencakup pendahuluan, metode dan hasil yang dicapai, tanpa ada acuan pada daftar pustaka. Abstrak harus menggambarkan penelitian yang dilakukan secara ekplisit dengan kalimat yang lugas dan jelas. Abstrak dan artikel ditulis dalam bahasa Indonesia baku. Panjang abstrak yang disarankan adalah antara 100 hingga 300 kata. Penulisan abstrak menggunakan huruf Times New Roman ukuran 11 dengan paragraf 1 spasi.

Kata Kunci (Times New Roman 11pt)
Tuliskan maksimal 7 buah kata kunci atau frasa menurut urutan alfabet dipisahkan dengan tanda titik koma. Menggunakan huruf Times New Roman ukuran 11 dengan paragraf 1 spasi.

Struktur Naskah
Artikel harus memuat tulisan yang berisi, 1) Pendahuluan, 2) Metode Penelitian (dapat mencakup analisis, arsitektur, metode yang digunakan untuk memecahkan masalah, implementasi), 3) Hasil dan Diskusi, 4) Kesimpulan, 5) Ucapan Terima Kasih (jika ada) dan Daftar Pustaka . Subtitle menggunakan Times New Roman 12 huruf tebal.
Isi pendahuluan merupakan jawaban atas pertanyaan: a. Latar belakang, b. Kajian literatur singkat, c. Alasan penelitian ini, d. Pertanyaan tentang tujuan.

Metodologi Penelitian
Jelaskan metode preparasi dan teknik karakterisasi yang digunakan. Uraikan secara ringkas dan akurat seperti ukuran, volume, replikasi, dan teknik pengerjaan. Untuk metode baru itu harus dijelaskan secara rinci bagi peneliti lain untuk memperbanyak percobaan. Sedangkan metode yang ditetapkan dapat dijelaskan dengan meninjau literatur.

Panjang Naskah
Naskah ditulis dengan ukuran kertas A4 dengan jumlah halaman minimal 6 halaman, maksimal 12 halaman, termasuk tabel dan gambar, serta mengacu pada tata cara penulisan sebagaimana disusun dalam artikel ini.

Tabel
Tabel harus diberi nomor sesuai urutan penyajiannya (Tabel 1, Tabel 2, Tabel n..). Judul tabel ditulis dengan posisi rata kiri di atas tabel. Font yang digunakan pada judul tabel dan isi tabel adalah 11pt. Apabila isi tabel banyak bisa menggunakan ukuran huruf 8pt. Tabel harus dikutip dan disebutkan dalam teks.

Gambar
Gambar diberi nomor sesuai urutan penyajiannya (Gambar 1:, Gambar 2: , Gambar n:). Caption untuk gambar ditempatkan di tengah halaman, di bawah gambar (diratakan tengah). Ukuran font adalah 11pt. Gambar harus dikutip dan disebutkan dalam teks.

Spesifikasi Halaman
Gunakan tipe Times New Roman di seluruh naskah, dengan ukuran huruf seperti yang dicontohkan dalam panduan penulisan ini. Jarak spasi tunggal, dan isi tulisan atau naskah menggunakan kesejajaran kiri-kanan (justified). Ukuran halaman adalah A4 (210 mm x 297 mm). Cara mudah untuk menulis skrip adalah menulis langsung di template Jurnal.

Reference

  1. Minimal 12 referensi;
  2. 80% bersumber dari artikel jurnal yang bereputasi (sumber jelas dan ada DOI) terkini, maksimal 5 tahun terakhir;
  3. 20% bersumber dari sumber selain artikel jurnal (Buku, News Portal, dll);
  4. Menggunakan reference manager Mendeley.
  5. Menggunakan style sitasi IEEE.

Template Artikel

Template Naskah Jurnal JHesy