Isi Artikel Utama

Abstrak

Pemahaman didefinisikan sebagai tingkat pemahaman seorang siswa mengambil pelajaran yang diberikan oleh seorang guru atau dapat memahami sesuatu setelah sesuatu itu dapat diketahui dan diingat. Selama ini pemahaman siswa pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam masih rendah, dari hasil tes siswa sebanyak 46% siswa belum memenuhi KKM (Ketuntasan Kriteria Minimal), hal ini dapat di sebabkan oleh kurangnya variasi metode. Oleh karena itu diperlukan inovasi metode pembelajaran yang bervariatif, seperti menggunakan Metode bermain peran merupakan suatu metode pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara langsung untuk memerankan suatu cerita di kehidupan nyata.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh metode bermain peran terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Adapun metode penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, tes dan studi dokumentasi. Sedangkan pengolahan data menggunakan analisis data statistik. Hasil penelitian menunjukan  rata-rata pretest kelas eksperimen 71,9 setelah diberikan perlakuan dengan metode bermain peran nilai rata-rata posstest meningkat menjadi 90,4, sedangkan nilai rata-rata  pretest kelas kontrol 72,4 setelah diberikan perlakuan yang tidak menggunakan  metode bermain peran nilai rata-rata posstest menjadi 80,1. berdasarkan hasil pengujian hipotesis, hasil posstest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Thitung sebesar  (4,348) dan Ttabel (2,001) dengan db=58, maka Thitung= 4,348 < Ttabel= 2,001. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode bermain peran  terhadap Pemahaman Siswa pada Materi Sejarah  Kebudayaan Islam di kelas VIII Mts An-Nashr Tarogong Kaler Garut


Kata kunci: Metode bermain peran, Pemahaman Siswa, Sejarah Kebudayaan Islam.

Kata Kunci

Metode bermain peran Pemahaman Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Islamic Cultural History Student Understanding Role-playing method

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Maria, A., & Noer, G. V. (2025). Studi Eksperimen Penggunaan Metode Bermain Peran Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Kelas VIII MTs An-Nashr Tarogong Kaler Garut. Masagi, 3(2), 28–33. https://doi.org/10.37968/masagi.v3i2.904

Referensi

  1. Ade Heryana, ‘Ade Heryana, S.St, M.KM | Hipotesis Dalam Penelitian Kuantitatif’, 2020, 1–16.
  2. Anly Maria, Dikri Ramdani, ‘Pengaruh Metode Sosidrama Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam’, Masagi, 02.1 (2019), 1–112 <https://doi.org/10.37968/masagi.v2i1.297>
  3. Asep Saepudin Hamdi, “Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan” (2012).
  4. Heryana, Ade, ‘Ade Heryana, S.St, M.KM | Hipotesis Dalam Penelitian Kuantitatif’, 2020, 1–16
  5. Jumari, ‘Memperbincang Esensi Ilmu Pendidikan Islam’, Widya Balina, 3.6 (2018), 1–9 <https://journal.staidenpasar.ac.id/index.php/wb/article/view/15>
  6. Nurkholis, ‘PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto’, 1.1 (2013), 24–44
  7. Pratiwi, Indri, ‘Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing)Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 526 Buntu Kamiri Kabupaten Luwu’, Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar , 2021
  8. Raito, and Sopia Agustin, ‘Pengaruh Implementasi Metode Diskusi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X Otomatisasi & Tata Kelola (OTKP) Di SMK Ciledug Al-Musaddadiyah Garut’, Jurnal MASAGI, 01.01 (2022), 1–8
  9. Kartika Yuni Purwanti Ela Suryani, “Profil tingkat pemahaman konsep cahaya pada siswa sekolah dasar,” Seminar Nasional Hardiknas (2018): 168-172.
  10. Sugiyono, ‘Statistik Sugiyono.’, 2015, pp. 61–68
  11. Suryani, Kartika Yuni Purwanti Ela. "Profil Pemahaman Konsep Cahaya Pada Siswa Sekolah Dasar." Seminar nAsional Hardiknas , 2018: 168-172.
  12. Zuhairini,dkk, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara , 2012), hlm. 149.