Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini akan menjelaskan tentang persoalan yang tengah dihadapi oleh bangsa ini yaitu minimnya rasa untuk saling menghargai dan sikap terbuka dalam menerima setiap perbedaan baik dalam konteks hubungan sosial, hak asasi manusia maupun kehidupan beragama. Pentingnya menginternalisasi nilai-nilai multikultural agar tercipta generasi yang inklusif dan menghargai keragaman sehingga sekolah dapat memberikan pembelajaran yang berorientasi pada kesadaran peserta didik akan pentingnya memiliki sikap toleransi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara umum tentang pengembangan internalisasi nilai-nilai multikultural, strategi serta faktor pendukung dan penghambatnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( Studi di SD Daya Susila Garut) . Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian deskriptif analitis. Pengumpulan data yang peneliti lakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan teori Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, nilai-nilai multikultural yang diinternalisasi meliputi 1) sikap saling menghargai, 2) sikap toleransi, dan 3) sikap solidaritas yang ditunjukkan oleh para siswa dalam kehidupan sehari-hari. Strategi yang dilakukan adalah dengan menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif, menghargai pluralisme agama, mempromosikan nilai-nilai sosial dan etika yang baik, serta memberikan contoh positif kepada siswa melalui tindakan nyata. Faktor pendukung dan penghambat mencakup dukungan institusi pendidikan, keberagaman di lingkungan sekolah, faktor internal guru dan siswa, serta materi pembelajaran PAI.
Kata Kunci : internalisasi nilai, multikultural, mata pelajaran PAI
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Masagi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
- Anam, Ahmad Muzakkil. No Title. no. 2, 2019, pp. 12–27.
- Fanani, Ahwan. “Mengurai Kerancuan Istilah Strategi Dan Metode Pembelajaran.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, no. 2, 2014, pp. 171–92, https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.576.
- Fita Mustafida. “Integrasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, vol. 4, no. 2, 2020, pp. 173–85, https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.191.
- Julaiha, Siti. Abstract : “ Internalisasi Multikulturalisme Dalam Pendidikan Islam. no. 1, 2014, pp. 109–22.
- Munif, Afandi. “POTRET MASYARAKAT MULTIKULTURAL DI INDONESIA.” Journal Multicultural of Islamic Education, vol. 2, no. 1, Oct. 2018, https://doi.org/10.35891/IMS.
- Murfi, Ali. Values of Multicultural Education. no. 1, pp. 79–100.
- Pelajaran, MatDalam, Multikulturala. PENDIDIKAN AGAMA ISLAM THE INTERNALIZATION OF MULTICULTURAL VALUES IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION SUBJECTS IN. 2024.
- Purnomo, Redo. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Kepada Santri Mts . Pondok Pesantren Pancasila Bengkulu Redo Purnomo.” Jurnal Manthiq, vol. 4, no. 1, 2019, pp. 18–24, https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/manthiq/article/view/2996.
- Sabil, Nurresa Fi. Pengembangan Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Merdeka (Studi Kasus Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV Di SDN Pupus 3 Lembeyan Magetan). 2023, pp. 1–83.
- Silvia, Hati. “Upaya Meningkatkan Kesadaran Multikultural.” IJTIMAIYAH (Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya), vol. 4, no. 2, 2020, pp. 1–12, http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/issue/archive.
- Studi Pendidikan Bahasa Arab STAI As-Sunnah Deli Serdang Jl Medan-Tg Morawa, Program, et al. “PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DAN SOLUSINYA Sopian Sinaga.” Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah Deli Serdang Jurnal WARAQAT ♦, vol. II, no. 1, 2017, p. 175.
- Syafeie, Ahmad Khomaini. “Internalisasi Nilai-Nilai Iman Dan Taqwa Dalam Pembentukan Kepribadian Melalui Kegiatan Intrakurikuler.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 5, no. 1, 2020, pp. 60–75, https://doi.org/10.24235/tarbawi.v5i1.6280.
- Ubaidillah, Ubaidillah, and Khilmiyatul Khumidat. “Multikulturalisme Dalam Pendidikan Agama Islam Dan Implementasinya Di SMA Negeri 3 Lumajang.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 11, no. 2, 2018, p. 128, https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v11i2.334.
- Zulqarnain, Zulqarnain. “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Di Pondok Pesantren D DI-AD Mangkoso Baru Sulawesi Selatan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 1, no. 2, 2017, pp. 193–205, https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).631.
Referensi
Anam, Ahmad Muzakkil. No Title. no. 2, 2019, pp. 12–27.
Fanani, Ahwan. “Mengurai Kerancuan Istilah Strategi Dan Metode Pembelajaran.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, no. 2, 2014, pp. 171–92, https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.576.
Fita Mustafida. “Integrasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, vol. 4, no. 2, 2020, pp. 173–85, https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.191.
Julaiha, Siti. Abstract : “ Internalisasi Multikulturalisme Dalam Pendidikan Islam. no. 1, 2014, pp. 109–22.
Munif, Afandi. “POTRET MASYARAKAT MULTIKULTURAL DI INDONESIA.” Journal Multicultural of Islamic Education, vol. 2, no. 1, Oct. 2018, https://doi.org/10.35891/IMS.
Murfi, Ali. Values of Multicultural Education. no. 1, pp. 79–100.
Pelajaran, MatDalam, Multikulturala. PENDIDIKAN AGAMA ISLAM THE INTERNALIZATION OF MULTICULTURAL VALUES IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION SUBJECTS IN. 2024.
Purnomo, Redo. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Kepada Santri Mts . Pondok Pesantren Pancasila Bengkulu Redo Purnomo.” Jurnal Manthiq, vol. 4, no. 1, 2019, pp. 18–24, https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/manthiq/article/view/2996.
Sabil, Nurresa Fi. Pengembangan Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Merdeka (Studi Kasus Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV Di SDN Pupus 3 Lembeyan Magetan). 2023, pp. 1–83.
Silvia, Hati. “Upaya Meningkatkan Kesadaran Multikultural.” IJTIMAIYAH (Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya), vol. 4, no. 2, 2020, pp. 1–12, http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/issue/archive.
Studi Pendidikan Bahasa Arab STAI As-Sunnah Deli Serdang Jl Medan-Tg Morawa, Program, et al. “PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DAN SOLUSINYA Sopian Sinaga.” Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah Deli Serdang Jurnal WARAQAT ♦, vol. II, no. 1, 2017, p. 175.
Syafeie, Ahmad Khomaini. “Internalisasi Nilai-Nilai Iman Dan Taqwa Dalam Pembentukan Kepribadian Melalui Kegiatan Intrakurikuler.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 5, no. 1, 2020, pp. 60–75, https://doi.org/10.24235/tarbawi.v5i1.6280.
Ubaidillah, Ubaidillah, and Khilmiyatul Khumidat. “Multikulturalisme Dalam Pendidikan Agama Islam Dan Implementasinya Di SMA Negeri 3 Lumajang.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 11, no. 2, 2018, p. 128, https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v11i2.334.
Zulqarnain, Zulqarnain. “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Di Pondok Pesantren D DI-AD Mangkoso Baru Sulawesi Selatan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 1, no. 2, 2017, pp. 193–205, https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).631.