Isi Artikel Utama
Abstrak
Belajar merupakan proses kegiatan untuk mengubah tingkah laku peserta didik, banyak faktor yang mempengaruhinya. Diantaranya faktor motivasi yang berfungsi sebagai usaha dalam pencapaian prestasi. Motivasi belajar siswa sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Proses belajar mengajar serta pemupukan motivasi dalam Islam tidak terlepas dari sumber pokok ajaran, yaitu Al-Qur’an. Dalam Al-Qur'an banyak dijumpai berbagai ungkapan yang menunjukkan dorongan kepada setiap orang muslim untuk belajar. Seperti dalam Al-Qur’an surat At-Taubah Ayat 122. Di dalam ayat ini terkandung makna yang berkaitan dengan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang motivasi belajar yang terdapat dalam Al-Qur'an Surat At-taubah Ayat 122 Studi Ilmu Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research), yaitu dengan cara melakukan penelitian terhadap hasil penafsiran para mufasir terhadap Al-Qur’an Surat At-Taubah Ayat 122 dan sumber-sumber tertulis atau literatur lainnya tentang motivasi belajar yang dikemukakan oleh para ahli atau oleh para ulama. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan berfokus pada analisis konten Al-Qur’an Surat At-Taubah Ayat 122 dan isi teks buku-buku yang berkaitan dengan judul yang diteliti. Hasil dari penelitian ini, menunjukan bahwa motivasi belajar yang terdapat dalam Al-Qur’an Surat At-Taubah Ayat 122 menjelaskan bahwa jihad bukan hanya dalam medan peperangan saja tetapi juga memperdalam Ilmu merupakan bagian dari jihad itu sendiri. Adapun motivasi belajar dalam Al-Qur’an Surat. At-Taubah Ayat 122 Kajian Ilmu Pendidikan Islam bahwa Allah SWT memotivasi manusia untuk memperdalam Ilmu agama atau belajar, bahkan Allah SWT memberikan pahala yang sama antara orang yang berperang di jalan Allah dan orang yang menuntut Ilmu. Allah SWT menuntut hamba-Nya hendaklah untuk berjihad dengan mengangkat senjata dan memperdalam ilmu pengetahuan serta mendalaminya. Dengan demikian jelas bahwa maksud dari Al-Qur’an Surat At-Taubah Ayat 122 dapat menjadi motivasi bagi umat Islam agar lebih giat dan serius dalam belajar terutama dalam mempelajari ilmu Agama.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Ilmu Pendidikan Islam, Prestasi Belajar
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Masagi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
- Al-Qordhowi, Y. (1996). Fiqh prioritas sebuah kajian baru berdasarkan Al-Qur'an dan As-
- Sunnah. Jakarta: Robbani press.
- Arifin, M. (1991). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
- Dradjat, Z. (2003). Ilmu Pendiidkan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
- Hadi, S. (2002). Metodologi Reseacrh. Yogyakarta: Andi Offset
- Konseptual Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara
- Langgulung, H. (2003). Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna.
- Maraghi, A. M. (1987). Tafsir Al Maraghi. Semarang: CV. Toha Putra.
- Muhammad. (2021). Ruang Lingkup Pendiidkan Islam. Kajian Pendiidkan Agama Islam,55-65
- Mujiono, D. d. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipt
- Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan
- NasionaL, D. P. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
- Nata, A. (2013). Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
- Pembelajaran. Jakarta: Delia Press Rineka Cipta
- Shihab, M. Q. (1999). Secercah Cahaya Ilahi (Hidup Bersama Al-Qur'an). Bandung: Mizan.
- Shihab, Q. (2002). Tafsir Almisbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur'an. Jakarta: Lentera
- Hati
- Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya . Jakarta: PT.
- Sugiono. (2015). Memahami Penelitan Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
- Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta
- Syah, M. (1996). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Tafsir, A. (2010). Ilmu Pendidikan Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Tafsir, A. (2013). Ilmu Pendidikan Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan
Referensi
Al-Qordhowi, Y. (1996). Fiqh prioritas sebuah kajian baru berdasarkan Al-Qur'an dan As-
Sunnah. Jakarta: Robbani press.
Arifin, M. (1991). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Dradjat, Z. (2003). Ilmu Pendiidkan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Hadi, S. (2002). Metodologi Reseacrh. Yogyakarta: Andi Offset
Konseptual Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara
Langgulung, H. (2003). Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Maraghi, A. M. (1987). Tafsir Al Maraghi. Semarang: CV. Toha Putra.
Muhammad. (2021). Ruang Lingkup Pendiidkan Islam. Kajian Pendiidkan Agama Islam,55-65
Mujiono, D. d. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipt
Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan
NasionaL, D. P. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Nata, A. (2013). Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Pembelajaran. Jakarta: Delia Press Rineka Cipta
Shihab, M. Q. (1999). Secercah Cahaya Ilahi (Hidup Bersama Al-Qur'an). Bandung: Mizan.
Shihab, Q. (2002). Tafsir Almisbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur'an. Jakarta: Lentera
Hati
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya . Jakarta: PT.
Sugiono. (2015). Memahami Penelitan Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Syah, M. (1996). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Tafsir, A. (2010). Ilmu Pendidikan Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tafsir, A. (2013). Ilmu Pendidikan Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan