Isi Artikel Utama

Abstrak

Perkembangan Generasi muslim muda yang mulai menginjak fase remaja merupakan periode transisi antara masa anak-anak dan dewasa yang ditandai dengan perubahan fisik, kognitif, sosial, dan emosional yang signifikan. Seringkali mereka cemas, tidak stabil emosionalnya, mencoba berontak, dan memiliki pemahaman minim tentang identitasnya sebagai muslim. Untuk pembentukan karakter yang baik, mental yang sehat, dan membantu peserta didik memahami mengaplikasikan nilai-nilai etika agama, bimbingan konseling Islami adalah jawaban yang tepat untuk megarahkannya. Tujuan dengan mengiimplementasikan bimbingan konseling secara Islami di suatu lembaga, konselor (Guru BK) akan membantu mengarahkan, dan membantu konseling (peserta didik) mencapai aspek spritual, moral, dan peningkatan prestasi belajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan agama islam (PAI). Mata pelajaran PAI tentunya sangat berguna bagi Indonesia yang beragama mayoritas islam karena memuat ajaran-ajaran islam yang tidak berubah, yaitu bersumber dari Al-qur’an dan Hadist. Pedoman tersebut mengajarkan bagaimana peserta didik bisa mencapai muslim yang kaffah atau menjadi insan yang kamil. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang memiliki rangkaian kegiatan ilmiah dalam rangka pemecahan suatu permasalahan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif yang prosedur penelitiannya menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku dapat diamati. Pendekatan ini dilatar belakangi dengan SMP Ciledug Al-Musaddadiyah garut, yang sudah lama menerapkan bimbingan konseling dengan pendekatan islami. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa bimbingan konseling islami yang diimplementasikan di SMP Ciledug al-Musaddadiyah garut, dapat diterapkan dengan baik dalam upaya peningkatan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI sesuai dengan jenis-jenis prestasi yang dikemukakan oleh bloom, yaitu sisi kognitif, afektif, dan psikomotorik. hal ini dibuktikan dengan meningkatkanya jiwa spiritualitas, motivasi belajar peserta didik, serta pengamalannya. 


Kata kunci: Bimbingan konseling Islami, prestasi belajar, PAI

Kata Kunci

Bimbingan konseling Islami Prestasi belajar PAI Islamic guidance and counseling Islamic Religious Education subjects. learning achievement

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Raito, R., & Rahayu, A. (2025). Implementasi Bimbingan Konseling Islami Dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menegah Pertama Ciledug Al Musaddadiyah Garut. Masagi, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.37968/masagi.v3i2.690

Referensi

  1. Anly Maria, Dikri Ramdani, Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Hasil belajar Kognitif pada mata pelajaran Sejaran Kebudayaan Islam, Vol. 2, No. 1 (Jurnal Masagi, 2023), 3
  2. Anly Maria, Dikri Ramdani, Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Hasil belajar Kognitif pada mata pelajaran Sejaran Kebudayaan Islam, Vol. 2, No. 1 (Jurnal Masagi, 2023),
  3. Anshori Endang Saefudin, Ilmu Filsafat dan Agama, pendahuluan Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi, (Surabaya : PT Binailmu Offset, 1987),47-49.
  4. Ainiyah, N. (2013). Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 5
  5. Ainiyah, N. (2013). Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 25-38.
  6. Amti, P. d. (1999). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: RinekaCipta, 17
  7. Arifin. (1979). Pokok-Pokok Bimbingan Dan Penyuluhan Agama. Jakarta: Bulan Bintang, 20
  8. Dardajat, Z. (2008). Peranan Agama Dalam Kesehatan Mental. Jakarta: Haji Masagung, 9
  9. Dewa Ketut Sukardi, N. K. (2008). Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. jakarta: Rineka Cipt.
  10. Herwina Azhabi, S. A. (2019). Implementasi Layanan Bimbingan Konseling Islami dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Al-Ulum Medan. Ihya Al-Arabiyah, 2.
  11. Kurniati, e. (2018). BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH; PRINSIP DAN ASAS. RISTEKDIK, 7.
  12. Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
  13. Prayitno, E. A. (2014). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
  14. Pribadi, B. A., & Delfy, R. (2015). Implementasi Strategi Peta Konsep (Concept Mapping) dalam Program Tutorial Teknik Penulisan Artikel Ilmiah. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 16(2), 76-88.
  15. Rohmah, N., Huda, M., & Kusmintardjo, A. Y. (2016). Strategi Peningkatan Kemampuan Dosen dalam Penulisan Karya Ilmiah (Studi Multi Kasus pada UNISDA dan STAIDRA di Kabupaten Lamongan). Jurnal Pendidikan, 1(7), 1312-1322.
  16. Tafsir, A. (2010). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam,. Bandung : Remaja Rosdakarya.
  17. Yusuf, W. F. (2018). Implementasi Kurikulum tahun 2013 (K-13) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD). Al-Murabbi, 4.