Isi Artikel Utama

Abstrak

Al-Qur’an merupakan sumber utama bagi umat Islam yang berfungsi sebagai petunjuk bagi kehidupan di dunia untuk meraih kehidupan di akhirat.Karena fungsinya tersebut, maka usaha untuk mengkaji dan memahami Al-Qu’ran menjadi persoalan yang sangat penting sehingga pesan-pesan yang terkandung di dalamnya dapat diterima sekaligus dapat dilaksanakan. Selain itu, sudah merupakan suatu keyakinan yang melekat di kalangan umat Islam bahwa Al- Qur’an adalah mukjizat Nabi Muhammad Saw yang kekal dan ajarannya bersifat universal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Media Power Point Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits. Metode kuantitatif  digunakan  dalam  penelitian  ini  karena  hasil penelitian disajikan dalam bentuk angka statistik. Jenis penelitian yang dipilih adalah deskriptif korelatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh atau hubungan antara dua variabel atau lebih. Digunakan untuk mempelajari populasi atau sampel tertentu. Pengumpulan  data menggunakan alat penelitian, analisis data statistik yang tujuannya untuk menguji hipotesis yang diberikan. Berdasarkan hasil uji hipotesis didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh Pengaruh Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Media Power Point Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist menunjukkan pengaruh yang signifikan, hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis korelasi sebesar 46,77% yaitu terletak pada rentang 0,40-0,50 dan termasuk pada kategori tinggi dengan taraf kepercayaan 5%. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak


Kata Kunci : Ilmu Tajwid, Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Kata Kunci

Ilmu Tajwid; Kemampuan Membaca Al-Qur’an; Ability to Read the Qur'an; Tajweed Science.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fauziah, H., & Lia, L. (2025). Pengaruh Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Media Power Point Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Kelas Viii Mts Hubbul Wathan Cilawu Garut. Masagi, 3(2), 15–22. https://doi.org/10.37968/masagi.v3i2.687

Referensi

  1. Erliyana, M. (2020). Materi Ilmu Tajwid dalam Kitab Terjemahan Matan Jazariyah Karya Syekh Muhammad bin Muhammad Ibn Al-Jazari dan Implementasinya dalam Mata.
  2. Fauziah, H., & Auliyani, S. (2023). Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Quran Juz 30 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Masagi, 2(1), 120–128. https://doi.org/10.37968/masagi.v2i1.460
  3. Fauziah, H., & Febriyanti, A. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Ummi Terhadap Tartil Al-Qur�an Siswa SDIT Al-Ikhlas Samarang Garut. Masagi, 2(1), 187–192. https://doi.org/10.37968/masagi.v2i1.521
  4. Haryanti, N. (2019). Ilmu Pendidikan Islam.
  5. Ishaq, A. H., & Nawawi, R. (2017). Ilmu Tajwid Dan Implikasinya Terhadap Ilmu Qira�ah.
  6. Muslimat, A. (2020). Home Schooling sebagai Pendidikan Alternatif Proses Belajar-Mengajar dalam Pendidikan. Jurnal Studi Gender Dan Anak, 7(01). https://doi.org/10.32678/jsga.v7i01.178
  7. Riyanti, I. (2016). Dosen Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati.
  8. Roikhatulukhti. (2016). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tahsin Tilawah Al Qur � an : Itmamul Harakat ( Menyempurnakan Harakat ) Untuk Santri Tahsin I Forum Studi Dan Dakwah ( Fosda ) Masjid Mardliyyah, Yogyakarta. V(7), 318–326.
  9. Saihu, S. (2020). Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Fazlurrahman. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1). https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.76
  10. Sholikhah, A. (2016). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2). https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953
  11. Sulaiman, H., & Alawiyah, T. (2024). Efektivitas Pembelajaran Ilmu Tajwid Peserta Didik Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur�an. Masagi, 2(2), 38–48. https://doi.org/10.37968/masagi.v2i2.559