Isi Artikel Utama
Abstrak
Profil pelajar Rahmatan Lil ‘Alaminmerupakan profil pelajar yang memiliki komitmen kebangsaan yang kuat, bersikap toleran terhadap sesama, memiliki prinsip menolak tindakan kekerasan fisik maupun verbal dan menghargai tradisi. Di Dalam PPRA terdapat nilai keteladanan yang diharapkan mampu menekan permasalahan merosotnya moral pelajar. Di dalam Surat Al-Mumtahanah ayat 4 memuat keteladanan Nabi Ibrahim dalam membangun komitmen beragama, walaupun harus menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter keteladanan PPRAdalam program merdeka belajar perspektif Surat Al-Mumtahanah ayat 4.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research), yaitu dengan cara melakukan penelitian terhadap penafsiran para mufassir terhadap Surat Al-Mumtahanah ayat 4 dan sumber-sumber tertulis mengenai karakter keteladanan yang dikemukakan oleh para ahli atau oleh para ulama. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan berfokus pada analisis konten Al-Qur’an Surat Al-Mumtahanah Ayat dan isi teks buku-buku.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alaminadalah profil pelajar yang memiliki pola pikir, bersikap dan berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai yang universal dan menjunjung tinggi toleransi. Adapun Karakter keteladanan PPRA dalam Program Merdeka Belajar yaitu sikap sopan, santun, belajar dengan sungguh-sungguh, mendengarkan nasehat, dan memaafkan kesalahan orang lain. Kemudian karakter keteladanan PPRA dalam program merdeka belajar perspektif Surat Al-Mumtahanah ayat 4 yaitusantun terhadap orang lain, berbuat baik kepada orang tua, tawakal, berdo’a dan belajar sungguh-sungguh, menghadapi musibah, mendengarkan nasehat, menahan hawa nafsu, tidak membalas ejekan, memaafkan kesalahan orang lain, dan berprasangka baik kepada Allah.
Kata Kunci: Karakter Keletadanan, Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin, Program Merdeka Belajar.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Masagi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
- Dradjat, Z. (2003). Ilmu Pendiidkan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
- ELSEVIER. (2017). Guide for Authors. Retrieved 1 27, 2017, from ELSEVIER: https://www.elsevier.com/journals/learning-and-instruction/0959-4752/guide-for-authors
- Emerald Publishing. (2017). Author Guidelines. Retrieved 1 27, 2017, from Emerald Publishing: http://www.emeraldgrouppublishing.com/products/journals/author_guidelines.htm?id=JHOM
- Hadi, S. (2002). Metodologi Reseacrh. Yogyakarta: Andi Offset.
- Isom, M. (2022). Panduan Pengembangan Proek Penguatan Profil Pelaar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin . Jakarta: Kementrian Agama RI.
- Kemendikbud. (2020). Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar. Merdeka Belajar.
- Langgulung, H. (2003). Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna.
- Muhammad. (2021). Ruang Lingkup Pendiidkan Islam. Kajian Pendiidkan Agama Islam.
- Pribadi, B. A., & Delfy, R. (2015). Implementasi Strategi Peta Konsep (Concept Mapping) dalam Program Tutorial Teknik Penulisan Artikel Ilmiah. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 16(2), 76-88. Retrieved from http://jurnal.ut.ac.id/JPTJJ/article/view/408/421
- Qonita, A. (2011). Kamus Bahasa Indonisia Untuk Pendidikan Dasar. Jakarta: PT. Indah Jaya.
- Rohmah, N., Huda, M., & Kusmintardjo, A. Y. (2016). Strategi Peningkatan Kemampuan Dosen dalam Penulisan Karya Ilmiah (Studi Multi Kasus pada UNISDA dan STAIDRA di Kabupaten Lamongan). Jurnal Pendidikan, 1(7), 1312-1322. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6560/2795
- Sugiono. (2015 ). Memahami Penelitan Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
- Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- Tafsir, A. (2013). Ilmu Pendidikan Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Referensi
Dradjat, Z. (2003). Ilmu Pendiidkan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
ELSEVIER. (2017). Guide for Authors. Retrieved 1 27, 2017, from ELSEVIER: https://www.elsevier.com/journals/learning-and-instruction/0959-4752/guide-for-authors
Emerald Publishing. (2017). Author Guidelines. Retrieved 1 27, 2017, from Emerald Publishing: http://www.emeraldgrouppublishing.com/products/journals/author_guidelines.htm?id=JHOM
Hadi, S. (2002). Metodologi Reseacrh. Yogyakarta: Andi Offset.
Isom, M. (2022). Panduan Pengembangan Proek Penguatan Profil Pelaar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin . Jakarta: Kementrian Agama RI.
Kemendikbud. (2020). Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar. Merdeka Belajar.
Langgulung, H. (2003). Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Muhammad. (2021). Ruang Lingkup Pendiidkan Islam. Kajian Pendiidkan Agama Islam.
Pribadi, B. A., & Delfy, R. (2015). Implementasi Strategi Peta Konsep (Concept Mapping) dalam Program Tutorial Teknik Penulisan Artikel Ilmiah. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 16(2), 76-88. Retrieved from http://jurnal.ut.ac.id/JPTJJ/article/view/408/421
Qonita, A. (2011). Kamus Bahasa Indonisia Untuk Pendidikan Dasar. Jakarta: PT. Indah Jaya.
Rohmah, N., Huda, M., & Kusmintardjo, A. Y. (2016). Strategi Peningkatan Kemampuan Dosen dalam Penulisan Karya Ilmiah (Studi Multi Kasus pada UNISDA dan STAIDRA di Kabupaten Lamongan). Jurnal Pendidikan, 1(7), 1312-1322. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6560/2795
Sugiono. (2015 ). Memahami Penelitan Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Tafsir, A. (2013). Ilmu Pendidikan Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.