Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini berawal dari fenomena sosial budaya, tindak kekerasan dikalangan remaja, pergaulan yang mengarah pada seks bebas, serta penyalahgunaan narkoba dan zat adiktif lainnya. Menyikapi permasalahan moral remaja ini, pemerintah memberikan kurikulum merdeka, yang memungkinkan pembelajaran disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui implementasi merdeka belajar dalam mata pelajaran PAI untuk meningkatkan sikap religius siswa di SMPIT Al-Masduki Tarogong Kidul. Penelitian kualitatif deskriptif ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) SMP IT Al-Masduki menawarkan berbagai program untuk meningkatkan kecerdasan religius siswa; takhashush tahfidz al-Qur'an, pelatihan keterampilan pemimpin, pelatihan keterampilan komunikasi internasional, dan program pembentukan karakter dan pembelajaran nilai. 2) Kurikulum merdeka di SMP IT Al-Masduki mendukung pendekatan bakat dan minat dalam proses pembelajarannya, yang dilakukan lebih fleksibel dan berkonsentrasi pada materi penting dan pengembangan karakter siswa. 3) Penggunaan kurikulum merdeka dalam meningkatkan sikap religius siswa pada mata pelajaran PAI di SMP IT Al-Masduki menggabungkan kurikulum nasional dan internasional. Serta implementasi aspek religius siswa SMP IT Al-Masduki yang diterapkan yaitu aspek keyakinan, aspek peribadatan, aspek penghayatan, aspek pengetahuan, serta aspek pengamalan.


Kata Kunci: Implementasi Merdeka Belajar, Sikap Religius


 


 

Kata Kunci

Implementasi Merdeka Belajar, Sikap Religius Implementation of Merdeka Belajar Religious Attitudes

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Basri, J., Salamudin, C., & Azizah, U. (2023). Implementasi Merdeka Belajar Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Sikap Religius Siswa . Masagi, 2(1), 295–302. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jm/article/view/560

Referensi

  1. Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
  2. Bodgan, R.C. dan Taylor. 2002. Pengantar Metode Penelitian Kuantitatif Suatu Pendekatan Fenomenologis terhadap Ilmu-Ilmu Sosial. Surabaya: Usaha Nasional.
  3. Devellis, R. F. 1991. Scale Development: Theory and Applications. Newbury Park: SAGE Publications.
  4. Greenhalgh, T., & Taylor, R. 1997. How to read a paper: Papers that go beyond number (qualitative research). BMJ, 740-743.
  5. Muhaimin. 2022. Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  6. PP RI Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan
  7. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  8. Yin, R.K. 1984. “Case Study Research: Design And Methods”, Beverly Hills: SAGE Publication.