Isi Artikel Utama

Abstrak

Efektivitas pembelajaran ilmu tajwid pada peserta didik merupakan proses kegiatan pembelajaran yang membahas mengenai hukum-hukum dan kidah-kaidah ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an yang benar. Adapun permasalahan terhadap peserta didik dalam membaca Al-Qur’an yang masih kurang sesuai dengan ilmu tajwid yang ada. Di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Cigedug Garut khususnya kelas VII, dalam beberapa tahun terakhir telah melaksanakan pembelajaran ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an yang benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan yang tertera pada rumusan masalah, sehingga dapat diperoleh ; Terdeskripsikannya efektivitas pembelajaran ilmu tajwid pada peserta didik di kelas VII MTs Miftahul Ulum Cigedug Garut, Terdeskripsikannya kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di kelas VII MTs Miftahul Ulum Cigedug Garut, Terdeskripsikannya efektivitas pembelajaran ilmu tawjid pada peserta didik terhadap kemampuan membaca Al- Qur’an di kelas VII MTs Mifthaul Ulum Cigedug Garut. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran ilmu tajwid pada peserta didik terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an di kelas VII MTs MiftahulUlum Cigedug Garut memberikan hasil belajar yang baik, efektif dan efisien, khsusunya kegiatan proses belajar mengajar di kelas VII MTs Miftahul Ulum Cigedug Garut. Hal ini dapat dibuktikan dengan kemajuan yang meningkat pada siswa terhadap membaca Al-Qur’an yang sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid.


Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran, Kemampuan Membaca.

Kata Kunci

Efektivitas, Pembelajaran, Kemampuan Membaca. The effective of ilmu tajwid The effective

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sulaiman, H., & Alawiyah, T. (2024). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ILMU TAJWID PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN . Masagi, 2(2), 36–45. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jm/article/view/559

Referensi

  1. Alam, T. (2014). Ilmu Tajwid. Jakarta: Amzah.
  2. Al-Rasyidin. (2003). Filsafat Pendidikan Islam. Ciputat: Ciputat Press.
  3. Astuti, R. (2013). Pengingkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Pada Anak . Pendidikan Usia Dini, 353.
  4. Astuti, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Pada Anak Attention Deficit.
  5. Pendidikan Usia Dini, 16.
  6. Astuti, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Pada Anak Attention Deficit.
  7. Pendidikan Usia Dini, 16.
  8. Birri, M. B. (2000). Standar Tajwid Bacaan Al-Qur'an. Kediri: Madrasah Murottilil Qur'an PP Lirboyo.
  9. Dewey, J. (1916). Democracy dan Education. New York: Originally Published. Djamarah. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  10. Haryanto. (2012). Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli. Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli: Belajar Psikologi.
  11. Heldrianto, B. (2021). Penyebab Rendahnya Tingkat Pendidikan Anak Putus Sekolah. Riau: STAIN.
  12. Heldrianto, B. (2021). Penyebab Rendahnya Tingkat Pendidikan Anak Putus Sekolah. Riau: STAIN.
  13. Maarif, V. (2018). Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android . Jurnal Evolusi, 1. Mulyasa. (2010). Manajemen Berbasis Sekolah. Konsep Strategi dan Implementasi, 7.
  14. Oemar, H. (2001). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
  15. Rendy Rinaldy Saputra, J. S. (2018). Analisis Hubungan Penerapan metode Ummi Dengan Kemampuan Baca Qur'an. Ilmu Pendidikan Dasar, 1, 32-33.
  16. Sedarmayanti. (2006). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Jakarta: Bumi Aksara. Sjafi'i, M. (2001). Pelajaran Tajwid. Bandung: Putra Jaya.
  17. T, M. T. (2012). Ringkasan Ilmu Tajwid. Publikasi: Publikasi. Wahyudi, M. (2008). Ilmu Tajwid Plus. Surabaya: Halim Jaya.
  18. Zaini, M. (2003). Belajar Mudah Membaca Al-Qur'an dan Tempat Keluarnya Huruf. Jakarta: Jakarta.