Isi Artikel Utama
Abstrak
Al-Qur’an diturunkan oleh Allah SWT sebagai bukti kebenaran nabi Muhammad SAW, dengan fungsi utamanya adalah sebagai petunjuk untuk umat manusia. Al-Qur’an menceritakan banyak hal tentang pendidikan dan urgensinya bagi kehidupan manusia. kemampuan muraja’ah Al-Qur’an ialah merupakan salah satu cara untuk selalu mengingat hafalan kita atau melestarikan dan menjaga kelancaran hafalan Al-Qur’an, agar hafalan Al-Qur’an yang telah dicapai dengan susah payah tidak hilang. Metode Talaqqi adalah metode pengajaran Al-Qur’an secara langsung dengan meniru bacaan guru kemudian meniru peragaan guru. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan penelitian, yakni; 1) mendeskripsikan konsep metode Talaqqi dalam tahfidz Al-Qur’an, 2) mendeskripsikan kemampuan Muraja’ahh Al-Qur’an, 3) mendeskripsikan kemampuan Muraja’ah tahfidz Al-Qur’an perspektif metode Talaqqi.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Sumber data penelitian terdiri dari sumber primer; Buku Talaqqi, dan sumber sekunder; Kitab-kitab, buku, jurnal dan sumber bacaan lain yang mendukung terhadap penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan Muraja’ahh tahfidz Al-Qur’an perspetif metode Talaqqi ialah merupakan salah satu cara atau metode yang menekankan pada cara bealajar yang diulang-ulang yang bertujuan agar selalu mengingat hafalan kita atau melestarikan dan menjaga kelancaran hafalan Al-Qur’an dengan baik. Dengan demikian, pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Talaqqi, hafalan Al-Qur’an yang telah mencapai suatu target tertentu, tidak mudah lupa atau hilang dari ingatan, sehingga upaya mengulang hafalan dengan teratur adalah cara terbaik untuk mengatasinya. Demikian hasil dari penelitian sebagai salah satu temuan ilmiah.
Kata Kunci: Al-Qur’an, Metode Talaqqi, Muraja’ah
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Masagi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
- Cucu Susianti. 2016. Efektivitas Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini.Tunas Siliwangi
- Cece Abdulwaly, Rumuzut Tikrar Kunci Nikmtnya Menjaga Hafalan Al-Qur’an, (Yogyakarta: Diandra, 2016,)
- Fauzi Rachman, Menyingkap Rahasia dan Makna Huruf Hijaiyyah (Jogjakarta: Citra Risalah, 2010)
- Harahap, Sri Belia, Strategi Penerapan Metode Ummi dalam Pmbelajaran Al-Qur’an, (Surabaya:Scopindo Media Pustaka, 2020),
- Majdi Ubaid, 9 Langkah Mudah Menghafal Al-Qur‟an.
- M. Ilyas dan Armizi Armizi, “Metode mengajar dalam Pendidikan menurut Nur Uhbiyati dan E. Mulyasa”, Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. V, No. 2, 2020,
- Muhaimin Zen, Tata Cara/Problematika Menghafal Al-Qur‟an
- Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015), hal.3
- Nur Ashfiyatin Fadliyah, “ Upaya Meningkatkan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an melalui Metode Talaqqi pada Anak Usia Dini Level TK B di Sekolah RA Mumtaza Islamic School” (Jakarta: STAI Al-Hikmah, 2020),
- Rosmiaty Azis, Ilmu Pendidikan Islam. (Yogyakarta: Sibuku 2019)
- Saied Al-Makhtum dan Yadi Iryadi. Karantina Hafal Al-Qur’an Sebulan.( Ponorogo: Alam Pena 2016),
- Sudiyono. Ilmu Pendidikan Islam Jilid 1. (Jakarta: Rineka Cipta 2009),
- Zaki Zamani Dan Muhammad Syukfron Maksum, Menghafal Al-Qur’an Itu Gampang Belajardari Maestro Al-Qur’an Nusantara, (Yogyakarta: Mutiara Media, 2009),
Referensi
Cucu Susianti. 2016. Efektivitas Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini.Tunas Siliwangi
Cece Abdulwaly, Rumuzut Tikrar Kunci Nikmtnya Menjaga Hafalan Al-Qur’an, (Yogyakarta: Diandra, 2016,)
Fauzi Rachman, Menyingkap Rahasia dan Makna Huruf Hijaiyyah (Jogjakarta: Citra Risalah, 2010)
Harahap, Sri Belia, Strategi Penerapan Metode Ummi dalam Pmbelajaran Al-Qur’an, (Surabaya:Scopindo Media Pustaka, 2020),
Majdi Ubaid, 9 Langkah Mudah Menghafal Al-Qur‟an.
M. Ilyas dan Armizi Armizi, “Metode mengajar dalam Pendidikan menurut Nur Uhbiyati dan E. Mulyasa”, Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. V, No. 2, 2020,
Muhaimin Zen, Tata Cara/Problematika Menghafal Al-Qur‟an
Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015), hal.3
Nur Ashfiyatin Fadliyah, “ Upaya Meningkatkan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an melalui Metode Talaqqi pada Anak Usia Dini Level TK B di Sekolah RA Mumtaza Islamic School” (Jakarta: STAI Al-Hikmah, 2020),
Rosmiaty Azis, Ilmu Pendidikan Islam. (Yogyakarta: Sibuku 2019)
Saied Al-Makhtum dan Yadi Iryadi. Karantina Hafal Al-Qur’an Sebulan.( Ponorogo: Alam Pena 2016),
Sudiyono. Ilmu Pendidikan Islam Jilid 1. (Jakarta: Rineka Cipta 2009),
Zaki Zamani Dan Muhammad Syukfron Maksum, Menghafal Al-Qur’an Itu Gampang Belajardari Maestro Al-Qur’an Nusantara, (Yogyakarta: Mutiara Media, 2009),