Isi Artikel Utama

Abstrak

Al-Qur’an diturunkan oleh Allah SWT sebagai bukti kebenaran nabi Muhammad SAW, dengan fungsi utamanya adalah sebagai petunjuk untuk umat manusia. Al-Qur’an menceritakan banyak hal tentang pendidikan dan urgensinya bagi kehidupan manusia. kemampuan membaca Al-Qur’an adalah suatu kecakapan atau keterampilan yang dimiliki seseorang dalam melafalkan Al-Qur’an atau kalam ilahi dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid. Metode Tilawati merupakan metode belajar membaca Al-Qur’an yang menggunakan nada-nada tilawah dengan pendekatan yang seimbang antara pembiasaan melalui klasikal dan kebenaran membaca melalui individual dengan teknik baca simak. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan penelitian yakni; 1) mendeskripsikan konsep metode Tilawati, 2) mendeskripsikan konsep metode Tilawati dalam kemampuan membaca Al-Qur’an, 3) mendeskripsikan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Perspektif Metode Tilawati Studi Ilmu Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Sumber data penelitian terdiri dari sumber primer; Buku Tilawati dan Strategi Pembelajaran Metode Tilawati, dan sumber sekunder; Kitab-kitab, buku, jurnal dan sumber bacaan lain yang mendukung terhadap penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjuan bahwa metode Tilawati dalam memperoleh kemampuan membaca Al-Qur’an dengan nada-nada tilawah dapat mendorong kemampuan membaca Al-Qur’an dengan lebih baik dan sempurna, sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid. Dengan demikian, metode Tilawati dalam kemampuan membaca Al-Qur’an yaitu metode belajar cara membaca Al-Qur’an menggunakan lagu rost dengan pendekatan klasikal dan individual. Dalam metode Tilawati ada 2 pendekatan pembalajan Al-Qur’an yang akan membantu seseorang dalam kemampuan membaca Al-Qur’an yaitu dengan pendekatan klasikal dan individual. Demikian hasil penelitian sebagai salah satu temuan ilmiah.


Kata Kunci: Al-Qur’an, Metode Tilawati, Kemampuan, Membaca

Kata Kunci

Al-Qur’an Metode Tilawati Kemampuan Membaca

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Izzan, A., & Albarokah, S. (2024). KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PERSPEKTIF METODE TILAWATI STUDI ILMU PENDIDIKAN ISLAM. Masagi, 2(2), 19–27. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jm/article/view/547

Referensi

  1. Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsapat Pendidikan Islam, (Bandung : PT.Al-Ma’arif , t.Th), cet. Ke-1, h. 20
  2. Achmadi. Ideologi Pendidikan Islam, Semarang: Pustaka Pelajar, 2004
  3. Ahmad Tafsir.2013. Ilmu Pendidikan Dalam Persfektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  4. Annuri, Ahmad. 2013. Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur‟an dan Pembahasan Ilmu Tajwid. Jakarta: Pustaka Al-Kausar
  5. Dainuri. 2017. Jurnal Problenatika Pembelajaran Al-Qur‟an dengan Metode Tilawati. 2: 167-178).
  6. Debi Supriyadi, Sejarah Peradaban Islam (Bandung: CV Pustaka Setia, 2016),
  7. Hasan, Abdurrahman, dkk. 2013. Strategi Pembelajaran Al-Qur‟an Metode Tilawati. Surabaya. Pesantren Al-Qur‟an Nurul Falah.
  8. Kamus Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
  9. Lubis, L. (2020). Ilmu Pendidikan Islam. Medan: Perdana Publishing
  10. NOVIATUN ARISKA”PENERAPAN METODE TAHSIN TILAWATI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN”(IAIN PALANGKARAYA,2018),.
  11. Rasto, Mudah Belajar Membaca Permulaan Teknik Alba (Bandung: Rizqi Press, 2017),
  12. Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah Volume 14: Pesan Dan Kesan Keserasian Al-Qur‟an. Jakarta: Lentera Hati.
  13. https://perpustakaan.kulonprogokab.go.id/detil/80/membaca-apa-dan-bagaimana