Isi Artikel Utama

Abstrak

Pemahaman siswa merupakan kemampuan memahami masalah, menginterpretasikan dan menyatakan kembali dengan kata-kata sendiri. Dalam pemahaman keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa adalah keterampilan menerjemahkan, menghubungkan, dan menafsikan. Namun, kenyataanya pemahaman siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis kelas XI MIPA di MA Al-Musaddadiyah Garut masih rendah, hal ini dibuktitkan dengan temuan peneliti terhadap rendahnya pemahaman siswa, seperi: tidak bisa menjelaskan materi yang telah disampaikan dan menyimpulkan materi menggunakan kata-kata sendiri. Hasil dari observasi niali ulangan harian mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas XI MIPA menunjukan 51% siswa belum mencapai nilai KKM. Artinya masih banyak siswa yang belum memiliki pemahaman yang baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satu solusi yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran. Media pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa adalah penggunaan multimedia inshot. Multimedia inshot merupakan kombinasi text, audio, image, animation dan videos yang diedit dengan Application inshot dan dapat disampaikan secara interaktif. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pengguanaan multimedia inshot terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis kelas XI MIPA. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara dan tes tertulis. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia inshot dapat meningkatkan pemahaman siswa dengan memenuhi 5 indikator pemahaman siswa diantaranya: siswa mampu menafsirkan, memberikan contoh, mengelompokan, menarik inferensi, dan membandingkan.


Kata kunci: Multimedia Inshot; Pemahaman Siswa; Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis

Kata Kunci

Multimedia Inshot; Pemahaman Siswa; Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Al-Qur'an Hadith Subject InShot Multimedia Student Understanding

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Maria, A., & Nurahman, M. A. (2023). Penggunaan Multimedia Inshot Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis. Masagi, 2(1), 193–202. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jm/article/view/534

Referensi

  1. Afifah, I., & Sopiany, H. M. (2017). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN PENERAPAN MEDIA VISUAL DI KELAS IVSD MUHAMMADIYAH 12 PAMULANG. 87(1,2), 149–200.
  2. Darmawan. (2011). Penelitian Tindakan Kelas.
  3. Dr. Hj. A. Rosmiaty Azis, M. P. I. (2019). Ilmu Pendidikan Islam (Baharuddin (ed.)). SIBUKU April 2016. www.sibuku.com
  4. Dr. Rahmat Hidayat, M. (2016). Ilmu Pendidikan Islam “Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia (M. P. Dr. H. Candra Wijaya (ed.)). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
  5. Ela Suryani, K. Y. P. (2018). Profil Tingkat Pemahaman Konsep Cahaya Pada Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hardiknas 2018, 168–172.
  6. Fajri, N., Kusmasni, Y., & Winarti, M. (2016). Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Metode Brainstorming. Factum, 5(3), 248–253.
  7. Hanum, L. (2021). Pembelajaran Al- Qur ’ an Hadis Berbasis Kontekstual. Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(1), 66–79.
  8. K, R. S. Y., & Nurhamidah, D. (2021). Aplikasi Inshot sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Pelajaran Bahasa Indonesia Inshot Application as A Remote Learning Media in Indonesian Learning. 21(April), 34–40.
  9. Purwanto, A., & Hanief, S. (2016). Multimedia Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa Berbasis Animasi. Jurnal Semmasteknomedia Online, 4, 6–7. https://eprints.uny.ac.id/31466/1/Buku AA tahun 2015.pdf#page=204
  10. Putra, iIlham E. (2013). TEKNOLOGI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI PEMANFAATAN MULTIMEDIA ANIMASI INTERAKTIF. Jurnal TEKNOIF, 1(2), 20–25.
  11. Rifanty, E. (2019). Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Peserta Didik Kelas V Sd Muhammadiyah Condongcatur. Jurnal Jpsd, 1(1), 6. http://dx.doi.org/10.26555/jpsd
  12. Yonanda, D. A. (2017). PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MATA PELAJARAN PKn TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI METODE M2M (MIND MAPPING) KELAS IV MI MAMBAUL ULUM TEGALGONDO KARANGPLOSO MALANG. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1).