Isi Artikel Utama

Abstrak

Dalam membaca Al-Qur’an tidak sekedar membaca, namun harus sesuai dengan kaidah tajwid, makhorijul huruf, shifatul huruf dan tartil dalam membacanya. Peserta didik mengalami kekurangan dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah membaca Al-Qur’an yang baik dan benar, sehingga masih banyak peserta didik yang hanya sekedar membaca tanpa memperhatikan kaidah membacanya. Metode ummi merupakan salah satu metode yang dapat membantu peserta didik untuk dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Tujuan penerapan metode ummi ini diantaranya : 1) terdeskripsikannya tartil Al-Qur’an pada siwa SDIT  Al-Ikhlas 2) Terdeskrpsikannya penerapan metode ummi pada siwa SDIT  Al-Ikhlas 3) Terdeskripsikannya pengaruh penerapan metode ummi terhadap tartil Al-Qur’an siswa SDIT Al-Ikhlas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian artikel ini adalah deskriftif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, atau informasi tentang fenomena yang diteliti. Dari hasil peneltian mengenai  pengaruh metode ummi terhadaptartil Al-Qur’an Siswa SDIT Al-Ikhlas Samarang Garut dari hasil analisis angket variabel X memperoleh nilairata-rata 4,56 dengan kategori tinggi atau sangat baik. Dan dari analisis variabel Y dperoleh nilai rata-rata 4,1. Dengan demikian penggunaan metode ummi  berpengaruh besar 57,67% terhadap tartil Al-Qur’an Siswa SDIT Al-Ikhlas Samarang Garut sesuai dengan fungsi dan tujuan dari membaca Al-Qur’an itu sendiri dan 42,33% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini


Kata kunci: metode ummi,dan Tartil Al-Qur’an

Kata Kunci

metode ummi Tartil Al-Qur’an Tartil Al-Qur'an Ummi Method

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fauziah, H., & Febriyanti, A. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Ummi Terhadap Tartil Al-Qur’an Siswa SDIT Al-Ikhlas Samarang Garut . Masagi, 2(1), 187–192. https://doi.org/10.37968/masagi.v2i1.521

Referensi

  1. Abdul Chaer, perkenalkan Awal dengan Al-Qur’an, (Jakarta: Rineka Cipta : 2014)h.1
  2. Ahmad Muni dan Sudarsono, Ilmu Tajwid dan Seni Baca Al-Qur’an, (Jakarta : PT Rineka Cipta,1994), hlm 9
  3. Al-Qattan Manna, Studi Ilmu-ilmu Al-Qur’an, (Surabaya : CV Rasma Putra, 2009), hlm. 367
  4. Al-Qur’an Surat An-Nahl ayat 64. Diterjemahkan Oleh: Kementrian Agama Republik Indonesia
  5. Hafalan Surat Pendek Pada Siswa Kelas II SD Taquma Surabaya" (On-line) Tersedia di:
  6. digilib.uinsby.ac.id/339/ ( 19 Januari 2019 ).
  7. Shihab, M. Q. (2010). Al-Qur’an dan Maknanya. In S. R. Cahyono. Junanda P. Syarfuan (Ed.), Al-Qur’an dan Maknanya (p. 47). Lentera Hati.
  8. Syekh Islam Muhyiddin Abu Zakariyya Yahya bn Syaraf An-Nawawi, Riyaadhus-Shaalihiin bab Keutamnaan Membaca Al-Qur’an
  9. Yuni Fatmasari, “Efektifitas Pembelajaran Metode Ummi Terhadap Peningkatan Kemampuan
  10. Ummi Fondation, Modul Sertifikasi Guru Al-Qur’an Metode Ummi (Surabaya: Ummi Fondation, 2015), 17.