Isi Artikel Utama

Abstrak

Kemampuan tahsin siswa merupakan hal yang penting dalam pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an (BTQ). Selama ini kemampuan tahsin siswa belum dicapai oleh siswa, dikarenakan tidak semua siswa mampu dalam tahsin salah satunya bisa dilihat dari hasil pembelajaran. Metode Talaqqi pada pembelajaran BTQ merupakan metode yang dapat melatih siswa dalam membaca al-Qur’an sesuai dengan aturan tajwid dan makharijul huruf sekaligus dapat meningkatkan kemampuan tahsin siswa.Tujuan penelitian ini adalah terdeskripsikannya (1) penerapan Metode Talaqqi pada pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an di SD IT Lisanul Arab (2) kemampuan tahsin siswa (3) pengaruh penerapan Metode Talaqqi pada pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an (BTQ) terhadap kemampuan tahsin siswa.Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan metode deksriptif korelatif. Teknik pengumpulkan data dengan studi dokumentasi, Kuesioner, pree test dan lain-lain. Sedangkan pengolahan data dilakukan melalui analisis datastatistik dengan menggunakan teknik analisis"korelasi product momen".Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh penerapan metode talaqqi terhadap kemampuan tahsin siswa kelas IV pada mata pelajaran BTQ di SD IT Lisanul Arab dibuktikan dengan hasil koelasi atau nilai r hitung sebesar 0,4893 pada rentang 0,40-0,599, termasuk pada kategori sedang dan memiliki nilai presentase sebesar 97,89. Berdasarkan hasil uji statistik terdapat pengaruh antara penerapan metode talaqqi terhadap kemampuan tahsin siswa kelas IV pada mata pelajaran BTQ.


Kata Kunci: Metode Talaqqi, Kemampuan Tahsin, BTQ.

Kata Kunci

Metode Talaqqi, Kemampuan Tahsin, BTQ. Tahsin Skills Talaqqi Method Qur'anic Literacy (BTQ)

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fauziah, H., & Komariah, R. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Talaqqi Terhadap Kemampuan Tahsin Siswa Pada Mata Pelajaran Baca Tulis Qur’an. Masagi, 2(1), 274–278. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jm/article/view/509

Referensi

  1. Abdur, Rauf. 2014. Kemampuan Tahsin.. Jakarata: Markas Alqur’an.
  2. Ahmad, Annuri. 2016. Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur’an dan Ilmu Tajwid. Jakarta: Al-Kautsar.
  3. Hamam. Hasan bin Ahmad bin Hasan. 2008. Menghafal al-Qur’an Itu Mudah. Jakarta: Pustaka at Tazkia.
  4. Ramayulis. 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
  5. Sa’dullah. 2013. Cara Mudah dan Praktis Tahsin Alqur’an. Jakarta: Rumah Tahsin Tahfidz Al-Bayyan.
  6. Sugiyono. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitafi. Bandung: Alfabeta.
  7. Suwarno. 2016. Tuntunan Tahsin Al-Qur’an. Yogyakarta: Deepublish.