Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah-masalah pendidikan yang berkaitan dengan guru. Guru mempunyai peran yang sangat besar dalam pelaksanaan pembelajaran. Kepribadian guru telah memberikan banyak kontribusi pada keberhasilan pendidikan. Al-Qur’an memiliki kedudukan tertinggi dalam pengambilan sumber-sumber pendidikan. Dalam Al-Qur’an banyak ayat yang didalamnya menjelaskan tentang kompetensi kepribadian guru salah satunya yang terdapat dalam Al-Qur’an surat Al-an’am ayat 162 tentang kepribadian guru yang ikhlas dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan nilai-nilai pendidikan Q.S Al-an’am ayat 162 tentang kompetensi kepribadian guru dalam kajian Ilmu Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka library research yaitu dengan cara melakukan penelitian terhadap penafsiran para mufassir terhadap Q.S Al-an’am ayat 162 dan sumber-sumber tertulis tentang nilai pendidikan yang dikemukakan oleh para ahli atau para ulama. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deksriptif dengan berfokus pada analisis konten Q.S Al-an’am ayat 162 dan isi teks buku- buku. Teknik analisis data yang digunakan adalah tafsir tematik. Berdasarkan hasil penelitian, Nilai pendidikan Q. S Al- An’am ayat 162 berdasarkan pendapat para Mufassir memuat nilai Keikhlasan. Nilai- Nilai Pendidikan menurut Q.S Al- An’am ayat 162 tentang kompetensi kepribadian guru dalam kajian Ilmu Pendidikan Islam terdapat beberapa nilai yang mendukung dalam pelaksanaan pendidikan yaitu, Nilai I’tiqodiyah (Aqidah) Nilai Syari’ah dan Nilai Khuluqiyah (Akhlak). Nilai keikhlasan tersebut merupakan nilai pokok yang sudah menjadi keharusan seorang guru ikhlas dalam berakidah, ikhlas dalam beibadah dan ikhlas dalam berprilaku. Nilai tersebut menjadi dasar pengembangan jiwa agar bisa memberi output bagi pendidikan yang sesuai dengan harapan masyarakat yang luas.


Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan, Kompetensi Kepribadian Guru, Ilmu Pendidikan Islam

Kata Kunci

Nilai-Nilai Pendidikan, Kompetensi Kepribadian Guru, Ilmu Pendidikan Islam Educational Values Islamic Educational Sciences Teacher's Personality Competence

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Izzan, A., & Fitriana, D. N. (2023). Nilai- Nilai Pendidikan Dalam Surat Al-An’am Ayat 162 Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Kajian Ilmu Pendidikan Islam. Masagi, 2(1), 179–186. https://doi.org/10.37968/masagi.v2i1.508

Referensi

  1. Arifin. (1994). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka cipta.
  3. Danim, S. (2012). Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  4. Djamarah, S. B. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Hasanul Misbah, A. (2018). Kompetensi guru dalam Al-Qur'an. photosyntetica, 2.1, 1-13.
  6. Hidayat, R. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Medan: LPPI.
  7. Kunandar. (2007). Guru Professional Implementasi Kurikulum tingkat KTSP dan persiapan menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Jakarta Grafindo Persada.
  8. Mudzakir Jusuf, M. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencara Prenada Media.
  9. Muhammad. (2021). Ruang Lingkup Ilmu Pendidikan Islam. Kajian Pendidikan Agama Islam, 55-65.
  10. Musaddad, Y. S. (2012). Ilmu Pendidikan. Bandung.
  11. Mustaqim. (2008). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  12. Penulis, T. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.
  13. Rifa'i, A. (2018, juni). kompetensi kepribadian guru dalam persfektif Pendidikan Islam. Jurnal Tabriyah Islamiyah, 3(1).
  14. Shihab, M. Q. (n.d.). Membumikan Al- Qur'an.
  15. Sidin, R. (2002). Konsep Guru Profesional, Prosiding Seminar Kebangsaan Profesion Perguruan. Cabaran Masa Kini, 1-11.
  16. Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
  17. Sutrisno, H. (2002). Metodologi Research. Yogyakarta.
  18. Suwarno. (1982). Pengantar Umum Pendidikan. Surabaya: Aksara Baru.