Isi Artikel Utama
Abstrak
Latar belakang penelitian ini berkenaan dengan kesadaran moral siswa yang masih rendah. Hal ini dibuktikan terdapat siswa yang masih melanggar peraturan, tidak disiplin, datang dan masuk ke kelas seenaknya tidak sesuai jam yang ditentukan, bahasa yang kasar, dan kurang semangat dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implikasi internalisasi nilai-nilai ajaran islam dalam pembelajaran PAI terhadap kesadaran moral siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat implikasi internalisasi nilai-nilai ajaran Islam di sekolah dan dalam pembelajaran PAI terhadap kesadaran moral siswa yang ditunjukan dengan adanya kegiatan seperti berdoa sebelum memulai pembelajaran, melakukan shalat wajib berjamaah, melaksanakan praktek dan penghayatan pada materi pembelajaran PAI.
Kata Kunci : Internalisasi, Nilai-nilai Ajaran Islam, Pembelajaran PAI, Kesadaran Moral
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Masagi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Abidin, M. (2021). Pendidikan Moral dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. 2, 59.
- Adhe, K. R. (2016). Guru Pembentuk Anak Berkualitas. Jurnal CARE Edisi Khusus Temu Ilmiah, 03(3), 42–51.
- Bermi, W. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Untuk Membentuk Sikap. Al Lubab: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam, 2(1), 1–18.
- Dahwadin. S.Sy. M.H. (2019). Motivasi dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
- Hakam, K. A. (2016). Metode Internalisasi Nilai-Nilai Untuk Memodifikasi Perilaku Berkarakter.
- Hakim, L. (2012). INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN SIKAP DAN PERILAKU SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-MUTTAQIN KOTA TASIKMALAYA Oleh: Lukman Hakim 1).
- Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (38th ed.). PT Remaja Rosdakarya.
- Mubadillah, R. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Ajaran islam dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Untuk Membentuk Generasi Berkesadaran Moral. 43.
- Muhadjir, N. (1998). Metodologi penelitian kualitatif. Rake Sarasin.
- Nazir, M. (2009). Metode penelitian (Risman Sikumbang (ed.)). Ghalia Indonesia.
- Prakas, A., Panjalu, E., Hakimah, B. S., Negeri, I., Tulungagung, A. R., & Khotimah, S. K. (2022). Proses Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Membentuk Perilaku Sosial Keagamaan Santri The Process Of Internalizing Islamic Religious Values In Shapeing The Social Religious Behavior Of Students. 8(1). https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i1.223
- Setyawan, D. (2017). Konsep Pendidikan Moral Menurut Lawrence Kohlberg. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), 1. https://www.kpai.go.id/publikasi/survey-kpai-peran-ayah-masih-rendah-dalam-keluarga
- Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
- Wahyudin Darmalaksana. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. 1–6. https://etheses.uinsgd.ac.id/32855/1/Metode Penelitian Kualitatif.pdf
- Khotimah Khusnul, Proses Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Membentuk Perilaku
- Sosial Keagamaan Santri Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8, No. 1, Maret 2022. 296.
Referensi
Abidin, M. (2021). Pendidikan Moral dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. 2, 59.
Adhe, K. R. (2016). Guru Pembentuk Anak Berkualitas. Jurnal CARE Edisi Khusus Temu Ilmiah, 03(3), 42–51.
Bermi, W. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Untuk Membentuk Sikap. Al Lubab: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam, 2(1), 1–18.
Dahwadin. S.Sy. M.H. (2019). Motivasi dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Hakam, K. A. (2016). Metode Internalisasi Nilai-Nilai Untuk Memodifikasi Perilaku Berkarakter.
Hakim, L. (2012). INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN SIKAP DAN PERILAKU SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-MUTTAQIN KOTA TASIKMALAYA Oleh: Lukman Hakim 1).
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (38th ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Mubadillah, R. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Ajaran islam dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Untuk Membentuk Generasi Berkesadaran Moral. 43.
Muhadjir, N. (1998). Metodologi penelitian kualitatif. Rake Sarasin.
Nazir, M. (2009). Metode penelitian (Risman Sikumbang (ed.)). Ghalia Indonesia.
Prakas, A., Panjalu, E., Hakimah, B. S., Negeri, I., Tulungagung, A. R., & Khotimah, S. K. (2022). Proses Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Membentuk Perilaku Sosial Keagamaan Santri The Process Of Internalizing Islamic Religious Values In Shapeing The Social Religious Behavior Of Students. 8(1). https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i1.223
Setyawan, D. (2017). Konsep Pendidikan Moral Menurut Lawrence Kohlberg. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), 1. https://www.kpai.go.id/publikasi/survey-kpai-peran-ayah-masih-rendah-dalam-keluarga
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wahyudin Darmalaksana. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. 1–6. https://etheses.uinsgd.ac.id/32855/1/Metode Penelitian Kualitatif.pdf
Khotimah Khusnul, Proses Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Membentuk Perilaku
Sosial Keagamaan Santri Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8, No. 1, Maret 2022. 296.