Isi Artikel Utama

Abstrak

Latar belakang penelitian ini berkenaan dengan kesadaran moral siswa yang masih rendah. Hal ini dibuktikan terdapat siswa yang masih melanggar peraturan, tidak disiplin, datang dan masuk ke kelas seenaknya tidak sesuai jam yang ditentukan, bahasa yang kasar, dan kurang semangat dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implikasi internalisasi nilai-nilai ajaran islam dalam pembelajaran PAI terhadap kesadaran moral siswa.  Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat implikasi internalisasi nilai-nilai ajaran Islam di sekolah dan dalam pembelajaran PAI terhadap kesadaran moral siswa yang ditunjukan dengan adanya kegiatan seperti berdoa sebelum memulai pembelajaran, melakukan shalat wajib  berjamaah, melaksanakan praktek dan penghayatan pada materi pembelajaran PAI.


Kata Kunci : Internalisasi, Nilai-nilai  Ajaran Islam, Pembelajaran PAI, Kesadaran Moral

Kata Kunci

Internalisasi, Nilai-nilai  Ajaran Islam, Pembelajaran PAI, Kesadaran Moral Internalization Islamic Values Moral Awareness PAI Education

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Raito, R., & Sukmawati, S. (2023). Implikasi Internalisasi Nilai Nilai Ajaran Islam Dalam Pembelajaran PAI Terhadap Kesadaran Moral Siswa . Masagi, 2(1), 238–246. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jm/article/view/498

Referensi

  1. Abidin, M. (2021). Pendidikan Moral dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. 2, 59.
  2. Adhe, K. R. (2016). Guru Pembentuk Anak Berkualitas. Jurnal CARE Edisi Khusus Temu Ilmiah, 03(3), 42–51.
  3. Bermi, W. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Untuk Membentuk Sikap. Al Lubab: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam, 2(1), 1–18.
  4. Dahwadin. S.Sy. M.H. (2019). Motivasi dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
  5. Hakam, K. A. (2016). Metode Internalisasi Nilai-Nilai Untuk Memodifikasi Perilaku Berkarakter.
  6. Hakim, L. (2012). INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN SIKAP DAN PERILAKU SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-MUTTAQIN KOTA TASIKMALAYA Oleh: Lukman Hakim 1).
  7. Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (38th ed.). PT Remaja Rosdakarya.
  8. Mubadillah, R. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Ajaran islam dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Untuk Membentuk Generasi Berkesadaran Moral. 43.
  9. Muhadjir, N. (1998). Metodologi penelitian kualitatif. Rake Sarasin.
  10. Nazir, M. (2009). Metode penelitian (Risman Sikumbang (ed.)). Ghalia Indonesia.
  11. Prakas, A., Panjalu, E., Hakimah, B. S., Negeri, I., Tulungagung, A. R., & Khotimah, S. K. (2022). Proses Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Membentuk Perilaku Sosial Keagamaan Santri The Process Of Internalizing Islamic Religious Values In Shapeing The Social Religious Behavior Of Students. 8(1). https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i1.223
  12. Setyawan, D. (2017). Konsep Pendidikan Moral Menurut Lawrence Kohlberg. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), 1. https://www.kpai.go.id/publikasi/survey-kpai-peran-ayah-masih-rendah-dalam-keluarga
  13. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
  14. Wahyudin Darmalaksana. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. 1–6. https://etheses.uinsgd.ac.id/32855/1/Metode Penelitian Kualitatif.pdf
  15. Khotimah Khusnul, Proses Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Membentuk Perilaku
  16. Sosial Keagamaan Santri Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8, No. 1, Maret 2022. 296.