Isi Artikel Utama

Abstrak

Membaca dan menulis merupakan dua keterampilan dasar yang harus dikuasai siswa dalam proses pembelajaran terutama dalam mata pelajaran BTQ. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh keterampilan menulis huruf Arab terhadap kemampuan siswa  dalam membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran BTQ kelas VII di MTs Al-Ashdariyah Pakenjeng Garut. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian yaitu 1) terdeskripsikannya keterampilan siswa dalam menulis huruf Arab pada mata pelajaran BTQ di kelas VII MTs Al-Ashdariyah 2) terdeskripsikannya  kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran BTQ di kelas VII MTs Al-Ashdariyah 3) terdeskripsikannya pengaruh keterampilan menulis huruf Arab terhadap  kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran BTQ di kelas VII MTs Al-Ashdariyah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode korelasional. Tehnik pengumpulan data dengan cara observasi, tes dan studi dokumentasi. Sedangkan pengolahan data dilakukan melalui analisis data statistik.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan menulis huruf Arab pada mata pelajaran BTQ memiliki rata-rata sebesar 3,62 dengan demikian rata-rata tersebut berada pada daerah interval 3,01-4,00 termasuk dalam kategori “baik”. Sedangkan kemampuan membaca Al-Qur’an memiliki rata-rata sebesar 3,11 dengan demikian rata-rata tersebut berada pada daerah interval 3,01-4,00 termasuk pada kategori “baik”. Berdasarkan hasil uji statistik terdapat pengaruh keterampilan menulis huruf Arab sebesar 53,29% terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran BTQ kelas VII di MTs Al-Ashdariyah dan 46,71% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.


Kata kunci: Keterampilan Menulis, Proses Pembelajaran, Huruf Arab

Kata Kunci

Keterampilan Menulis Proses Pembelajaran Huruf Arab Arabic Letters Learning Process Writing Skills

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fauziah, H., & Widiawati, S. (2023). Pengaruh Keterampilan Menulis Huruf Arab Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran BTQ . Masagi, 2(1), 211–218. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jm/article/view/496

Referensi

  1. Abdul Chaer, Al-Qur’an dan Ilmu Tajwid, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013).
  2. Ahmad Syarifudin, Mendidik Anak Untuk Membaca, Menulis Dan Mencintai Al-Qur’an (Jakarta: Gema Insani Press, 2014).
  3. Ajahari, Ulumul Qur’an (Ilmu-Ilmu Alqur’an), 2018.
  4. Amin Syukur, Pengantar Studi Islam (Semarang: Bima Sejati, 2003).
  5. Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara
  6. Dr. Rahmat Hidayat, Ilmu Pendidikan Islam (Medan: LPPI, 2016).
  7. H. Abu Ahmadi, Psikologi Umum (Jakarta: PT Rineka Cipta, 1998).
  8. H.Dalman, Keterampilan Menulis (Jakarta: PT Grafindo persada, 2015).
  9. H.A Rahman, Pendidikan Islam Dalam Pembangunan (Yayasan Al-Ahkam Ujung Padang: Ujung Pandang, 1997).
  10. Henry Guntur Tarigan, Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (Bandung: Angkasa, 1984).
  11. Kementrian Agama Republik Indonesiaa, ‘Al-Qur’an Surat Al-’Alaq/96:1-5’. Hal 1079
  12. La Adu dan Zainuddin Halid Hanafi, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. 1 (Yogyakarta: Deepublish, 2018).
  13. M.Hasbi Ash Shiddieqy, Pedoman Dzikir Dan Do’a (Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2005).
  14. Munjiah, Kaidah-Kaidah Imla “ Teori Dan Prkatek,” n.d.
  15. Nik Haryanti, Ilmu Pendidikan Islam (Malang: Penerbit Gunung Samudera, 2014).
  16. Rusydi Ahmad Tu’aimah, Ta’lim al-‘Arabiyah Ligoir al-Natiqina Biha (Isesco: Rabat, 1989), hlm. 190-191.
  17. Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis (Bandung: Alfabeta, 2018)
  18. Tim menyusun Kamus, Kamus Bahasa Indonesia, ed. Pusat Bahasa (Jakarta, 2008).
  19. Uci Sanusi and Ahmad Suryadi, Ilmu Pendidikan Islam (Sleman Yogyakarta: Deepublish, 2018).
  20. Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 2000).