Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti terhadap rendahnya sikap religius siswa di sekolah di karenakan banyaknya budaya asing yang berpengaruh buruk terhadap perkembangan karakter religius siswa, sehingga diperlukan penguatan karakter pada siswa dalam proses pembelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI). Tujuan dari penelitian ini adalah terdeskripsikannya penanaman nilai-nilai karakter religius siswa, pembelajaran sejarah kebudayaan Islam, dan faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai karakter religius siswa dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas XI di MAN 1 Garut, jenis penelitian yang peneliti gunakan merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif analitis, teknik yang di gunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan juga studi dokumentasi kepada kepala sekolah, guru SKI, dan peserta didik kelas XI di MAN 1 Garut. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  penanaman nilai-nilai karakter religius siswa dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam yaitu dengan metode pembiasaan-pembiasaan, mengawali pembelajaran dengan membaca do’a dan membaca Al-quran, metode keteladanan yaitu dengan meneladani karakter para tokoh sejarah, faktor pendukungnya yaitu adanya pengawasan kegiatan pembelajaran, keteladanan dari guru, kepala sekolah, orang tua, kurikulum serta kemauan peserta didik untuk belajar sejarah kebudayaan Islam, faktor penghambat datang dari dua faktor, diri sendiri (intern), seperti siswa malas belajar, mengantuk dan menyalahgunakan handphone. Dan juga faktor luar (ekstern), pertama keluarga yaitu (kurangnya perhatian dari orang tua kepada anaknya), kedua lingkungan madrasah, (pengaruh dari pergaulan teman sebaya).


 Kata kunci: Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Kata Kunci

Penanaman nilai-nilai karakter religius Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Inculcation of Religious Character Values Islamic Cultural History Learning

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sulaiman, H., & Ameliani, R. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam . Masagi, 2(1), 264–273. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jm/article/view/489

Referensi

  1. Abdul Majid dan Dian Andayani. (2013). Pendidikan Karakter Pesrpektif Islam. PT.Remaja Rosdakarya.
  2. Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.
  3. Daryanto. (1997). Kamus Besar Indonesia Lengkap. Apollo.
  4. Dr.Hj. Hamdanah, M. A. (2017). Bunga Rampai Ilmu Pendidikan Islam. Pustaka buana.
  5. Furqon Hidayatulloh. (2010). PENDIDIKAN KARAKTER MEMBANGUN PERADABAN BANGSA. Yuma Pustaka.
  6. Hadi, P. P., & dan Ariyanto, M. D. (2018). Metode Penanaman Karakter Religius Pada Siswa Kelas VII MTsN Temon Tahun Pelajaran 2017/2018. Suhuf, 30(1), 75–76.
  7. Keagamaan, J., Man, D. I., & Sleman, T. (2013). 1297-Article Text-3248-1-10-20170808. X(1).
  8. Marzuki, M., & Haq, P. I. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius Dan Karakter Kebangsaan di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Jatinangor Sumedang. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 84–94. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21677
  9. Muhammad Roqib. (2009). Ilmu Pendidikan Islam.
  10. Nazir, M. (2009). Metode penelitian (R. Sikumbang (ed.); I). Ghalia Indonesia.
  11. Siswanto, S., Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2627
  12. Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316
  13. Suparyanto dan Rosad. (n.d.). Ilmu Pendidikan Islam.
  14. Tohidi, A. I. (2017). Konsep Pendidikan Karakter Menurut Al-Ghazali Dalam Kitab Ayyuha Al-Walad. OASIS : Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 2(1), 14–27.
  15. Zakariya, D. M. (2020). Teori Pendidikan Karakter Menurut Al-Ghozali. Tadarus, 9(1), 92–108. https://doi.org/10.30651/td.v9i1.5463