Isi Artikel Utama
Abstrak
Pemahaman siswa adalah kemampuan memahami instruksi/masalah, menginterpretasikan dan menyatakan kembali dengan kata-kata sendiri. Selama ini pemahaman siswa dalam pembelajaran PAI masih rendah, sehingga masih ada siswa yang belum memiliki pemahaman dengan baik; tidak bisa menjelaskan materi yang telah disampaikan dan menyimpulkan materi menggunakan kata-kata sendiri. Oleh karena itu diperlukan inovasi model pembelajaran yang bervariatif, seperti menggunakan model pembelajaran tipe make a match yang dapat diterapkan pada setiap kelas dan semua mata pelajaran. Model pembelajaran kooperatif tipe make a match adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa dengan cara siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana menyenangkan sehingga bisa meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran PAI. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, tes tertulis, dan studi dokumentasi. Sedangkan pengolahan data menggunakan analisis data statistik. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 1 Tarogong Kidul Garut berjumlah 370 siswa, sedangkan sampel penelitian yaitu kelas VIII A berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII J berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan rata-rata pre-test pada kelas eksperimen 71,15 dan kelas kontrol 71,52. Setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match rata-rata post-test pada kelas eksperimen meningkat yaitu 89,06 dan rata-rata kelas kontrol menggunakan metode ceramah 82,24. Berdasarkan hasil uji t diketahui nilai Thitung > Ttabel. Thitung sebesar 5,26 > Ttabel sebesar 2,00. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran PAI di kelas VIII SMPN 1 Tarogong Kidul Garut.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match; Pemahaman Siswa; Pendidikan Agama Islam
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Masagi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Awwaliyah, Robiatul, and Hasan Baharuan. "Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional (Telaah Epistemologi Terhadap Problematika Pendidikan Islam)." Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA VOL 19, NO. 1, 2018: 37.
- Azis, Rosmiaty. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Penerbit Sibuku, 2019.
- Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2013.
- Madya, Retno Utari Widyaiswara. "Taksonomi Bloom: Apa dan Bagaimana Menggunakannya?" Jurnal: Pusdiklat KNKP, 2011.
- Mursianto, Lukas S. "Perbedaan Pendekatan Kuantitatif Dengan Pendekatan Kualitatif Dalam Metode Penelitian, Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Jurusan Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonom, Universitas Perta." Ekonomi, 2002: 129.
- Radiusman. "Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika." Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, Fibonacci, 2020: 1-8.
- RI, Kementrian Agama. "Berita Negara Republik Indonesia." 2014.
- Rusman. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
- —. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo, 2018.
- Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 . Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2020.
- Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group, 2013.
- Wena, Made. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
- Wirawan, Candra. "Pendidikan Agama Islam." Academia, 2020.
Referensi
Awwaliyah, Robiatul, and Hasan Baharuan. "Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional (Telaah Epistemologi Terhadap Problematika Pendidikan Islam)." Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA VOL 19, NO. 1, 2018: 37.
Azis, Rosmiaty. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Penerbit Sibuku, 2019.
Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2013.
Madya, Retno Utari Widyaiswara. "Taksonomi Bloom: Apa dan Bagaimana Menggunakannya?" Jurnal: Pusdiklat KNKP, 2011.
Mursianto, Lukas S. "Perbedaan Pendekatan Kuantitatif Dengan Pendekatan Kualitatif Dalam Metode Penelitian, Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Jurusan Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonom, Universitas Perta." Ekonomi, 2002: 129.
Radiusman. "Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika." Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, Fibonacci, 2020: 1-8.
RI, Kementrian Agama. "Berita Negara Republik Indonesia." 2014.
Rusman. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
—. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo, 2018.
Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 . Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2020.
Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group, 2013.
Wena, Made. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Wirawan, Candra. "Pendidikan Agama Islam." Academia, 2020.