Isi Artikel Utama

Abstrak

Pemahaman merupakan kemampuan menyerap makna dan arti dari materi yang dipelajari. Selama ini pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih masih rendah, terbukti dari hasil tes siswa sebanyak 47% siswa belum memenuhi KKM (Ketuntasan Kriteria Minimal), hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan guru pada saat pembelajaran berlansung. Model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament merupakan model pembelajaran yang melibatkan seluruh aktivitas siswa dan mengandung unsur belajar dengan bermain sehingga dapat menarik minat belajar siswa dan meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih. Adapun metode penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, tes dan studi dokumentasi. Sedangkan pengolahan data menggunakan analisis data statistik. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan 72,8 dan sesudah 90,2 lebih tinggi dbandingkan dengan rata-rata nilai kelas kontrol sebelum diberikan perlakuan 72,4 dan sesudah 81,1. Dimana kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament sedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa t hitung sebesar 2,451 > t tabel sebesar 1,701 dengan taraf signifikasi 0,05 sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih.


Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament, Pemahaman Siswa, Mata Pelajaran Fiqih


 


 

Kata Kunci

Mata Pelajaran Fiqih Model Pembelajaran Kooperatif Pemahaman Siswa Cooperative Learning Model Fiqh Subject Student Understanding Team Game Tournament

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sulaiman, H., & Devi, A. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih . Masagi, 2(1), 69–76. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jm/article/view/469

Referensi

  1. Adam Hidayatullah, Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament) Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Studi PAI Di SMPN 1 Waru Sidoarjo (Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya, 2022)
  2. Anas Sudjiono, Pengantar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011)
  3. DeVries, David L., Teams Games Tournament: The Team Learning Approach, ed. by Danny G. Langdon (New Jersey: Educational Technology Publications Englewood cliffs, 1980)
  4. Ratumanan, T.G., Inovasi Pembelajaran (Yogyakarta: Ombak, 2015)
  5. Robert E. Slavin, Cooferative Learning Teori, Riset Dan Praktik, ed. by Zubaedi, Cetakan ke (BANDUNG: Nusa Media, 2015)
  6. S Nasution, Teknologi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)
  7. Siti Fujiyanti, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament ( TGT ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih 2015 M / 1436 H 2015 M / 1436 H’, 2015
  8. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2017)
  9. Suryani, Ela, Kartika Yuni Purwanti, and Universitas Ngudi Waluyo, ‘Profil Tingkat Pemahaman Konsep Cahaya Pada Siswa Sekolah Dasar’, 168–72
  10. Susanto, Ahmad, Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar (JAKARTA: kencana, 2018)
  11. W.S. Winkel, Psikologi Pengajaran (Yogyakarta: Media Abadi, 2009)