Isi Artikel Utama

Abstrak

Kreativitas siswa merupakan keterampilan yang dimiliki siswa untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru. Kreativitas juga bisa di definisikan sebagai suatu kemampuan seseorang untuk melihat berbagai kemungkinan pemecahan masalah dengan menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun berupa karya nyata, baik karya baru maupun gabungan dari hal-hal yang sudah ada. Namun, kenyataanya kreativitas belajar siswa di SMA Plus Al-Qomariyah Garut menujukkan masih rendah, hal ini dibuktitkan dengan temuan peneliti ketika pembelajaran berlangsung. Siswa yang sudah menunjukan kreativitas hanya sekitar 25% dan 75% siswa masih belum menunjukan kreativitas. Media sosial Instagram merupakan salah satu perkembangan media sosial yang menjadi salah satu pilihan trending dan banyak digunakan oleh siswa setiap harinya. Dengan demikian peneliti akan mencoba menggunakan evaluasi produk dengan menugaskan siswa untuk membuat konten dakwah dengan memposting video dakwah di platform media sosial Instagram. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Materi Dakwah K.D 1.1 di Kelas X IPS 1 SMA Plus Al-Qomariyah Sukaresmi Garut. Adapun metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu adalah suatu bentuk Penelitian reflektif dan kolektif yang dilakukan oleh Peneliti dalam situasi sosial untuk meningkatkan penalaran praktik sosial mereka. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Utami Munandar mengemukakan kreativitas adalah hasil dari interaksi antara individu dan lingkungannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial Instagram dapat meningkatkan kreativitas siswa dengan memenuhi 5 indikator kreativitas siswa diantaraya; rasa ingin tahu yang luas dan mendalam, sering mengajukan pertanyaan yang baik, memberikan banyak gagasan atau usul terhadap suatu masalah, mampu melihat suatu masalah dari berbagai segi/sudut pandang, dan mempunyai daya imajinasi.


Kata kunci: Pendidikan Agama Islam: Kreativitas siswa: Media Sosial Instagram: Dakwah


 


 

Kata Kunci

Pendidikan Agama Islam: Kreativitas siswa: Media Sosial Instagram: Dakwah

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Maria, A., & Yudita, R. (2023). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI . Masagi, 2(1), 91–101. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jm/article/view/463