Isi Artikel Utama

Abstrak

Sikap gotong royong adalah suatu sikap yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun, pada kenyataannya terdapat masalah seperti kurangnya kebersamaan, rendahnya dalam membantu  teman serta rendahnya proses dalam bertukar fikiran siswa dalam proses pembelajaran. Dampak yang terjadi jika siswa tidak memiliki sikap gotong royong, siswa akan mementingkan diri sendiri dan kurang respon serta kurang empati terhadap situasi dan kondisi sosialnya. Ada banyak yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sikap gotong royong pada siswa. Salah satunya solusi untuk meningkatkan sikap gotong royong adalah dengan model pembelajaran investigasi kelompok. Model pembelajaran ini menekankan proses pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok yang dapat melatih siswa belajar secara berkelompok untuk mencapai suatu tujuan secara bersama-sama.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran investigasi kelompok terhadap peningkatan sikap gotong siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan demikian, untuk mengetahui pengaruh  penerapan model pembelajaran investigasi kelompok (Variabel X), dengan sikap gotong royong siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Variabel Y). Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data ialah dengan cara kuesioner, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan pengolahan data menggunakan analisis data statistik. Hasil penelitian , Fhitung > Ftabel yaitu 13,664 > 4,10 maka keputusan yang diambil adalah H0 ditolak maka H1 diterima, artinya variabel independen (X) yaitu model pembelajaran  investigasi kelompok berpengaruh terhadap variabel dependen (Y) sikap gotong royong siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran investigasi kelompok terhadap peningkatan sikap gotong royong siswa sebesar 26,4% dan 73.6% sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.


Kata Kunci      : Model Pembelajaran Investigasi Kelompok, Sikap Gotong Royong Siswa, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Kata Kunci

Model Pembelajaran Investigasi Kelompok, Sikap Gotong Royong Siswa, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Group Investigation Learning Model Islamic Religious Education. Students' Cooperative Attitude

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Salamudin, C., & Sopiatin, A. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Terhadap Peningkatan Sikap Gotong Royong Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tarogong Kaler . Masagi, 2(1), 21–29. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jm/article/view/401

Referensi

  1. Istarani. (2014). Model Pembelajaran Inovatif. In Media Persada (Vol. 58).
  2. Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, A., & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong. Lectura Jurnal Pendidikan, 11, 225–238.
  3. Putri, Y. B. (2016). Model Pembelajaran Investigasi Kelompok dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 44–49. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21425
  4. Ryan, Cooper, & Tauer. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Investigasi Kelompok pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik kelas X SMK Negeri 2 Depok. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.
  5. Sani, & Kurniasih. (2015). Model Pembelajaran Investigasi Kelompok. 127–128.
  6. Saniah, L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Investigasi. 6, 82–90.
  7. Sugiyono. (2015). Statistik Sugiyono (pp. 61–68).
  8. Sugiyono. (2017). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  9. SULBAR, L. (2022). 3 Elemen Gotong Royong. 9 September.