Isi Artikel Utama

Abstrak

Hasil Belajar Kognitif merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pembelajaran yakni untuk mengetahui sejauhmana kemampuan belajar peserta didik selama proses pembelajaran. Namun masih banyak peserta didik yang rendah dalam hasil belajar salah satunya dari aspek kognitif. Banyaknya kegagalan peserta didik dalam hasil belajar kognitif disebabkan ketidaksesuaian gaya mengajar guru dengan gaya belajar peserta didik sehingga berdampak kepada hasil belajar. Maka dari itu gaya belajar visual merupakan solusi yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar kognitif. MTs Al-Rohmah merupakan madrasah yang menerapkan pilihan gaya belajar visual, hal ini dilakukan agar peserta didik mampu menyerap dan mengolah informasi dengan mudah serta mendapatkan hasil belajar yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah terdeskripsikannya pengaruh gaya belajar visual terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Kelas Visual MTs Al-Rohmah Karangpawitan Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan observasi dan kuesioner yang disebarkan kepada 30 responden. Pengolahan data dilakukan dengan analisis data statistik. Hasil penelitian mengenai gaya belajar visual terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Aklak di MTs Al-Rohmah, menunjukan bahwa hasil belajar kognitif sebesar 4.09 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Sedangkan gaya belajar visual memiliki rata-rata sebesar 4,15 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil uji hipotesis menyatakan bahwa gaya belajar visual berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik sebesar 69,55% sedangkan epsilon yang mempengaruhi hasil belajar kognitif sebesar 30,45%


Kata Kunci      : Gaya Belajar Visual, Hasil Belajar Kognitif , Mata Pelajaran Aqidah Akhlak


 


 

Kata Kunci

Gaya Belajar Visual, Hasil Belajar Kognitif , Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Aqidah Akhlak Subject Cognitive Learning Outcomes Visual Learning Style

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Salamudin, C., & Multazam, R. R. (2023). Pengaruh Gaya Belajar Visual Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak (Studi Di Kelas Visual MTs Al-Rohmah Karangpawitan . Masagi, 2(1), 83–90. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jm/article/view/391

Referensi

  1. Anderson, Lorin W, and Davin R Krathwohl, A Taxonomy For Learning, Teaching, and Assessing (New York: Addison Wesley Longman, 2001)
  2. Arifi, Ahmad, Imam Machali, and Sabarudin, Mengembangkan Potensi Melejitkan Kreativitas Guru (Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017)
  3. Deni Kurniawan, Pembelajaran Terpadu Tematik (Bandung: Alfabeta, 2019)
  4. Hasanah, Imro’atus, Sri Kantun, and Sutrisno Djaja, ‘Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Jurusan Akuntansi Pada Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Di Smk Negeri 1 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018’, Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 12.2 (2018), 277–82 <https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8572>
  5. Hidayat, Syarif, Ria Wulandari, and Salsabila Matondang, ‘Analisis Materi Pembelajaran Aqidah Dalam Penguatan Aqidah Anak’, Al Urwatul Wustqa :Kajian Pendidikan Islam, 2.2 (2022)
  6. Kusumaningrum, Endah, Menulis Kreatif Dogeng Sesuai Gaya Belajar Anak (Purwokerto: Jejak Pustaka, 2021)
  7. Mertha Jaya, I Made Laut, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif (Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia, 2020)
  8. Porter, Bobbi De, and Mike Hernacki, Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan (Bandung: Kaifa Learning, 2015)
  9. Setiawan, M.Andi, Belajar Dan Pembelajaran (Jakarta: Uwais Inspirasi Indonesia, 2020)
  10. Sudradjat, M, and Tjutju S Achyar, STATISTIKA : Konsep Dasar Pengumpulan & Pengolahan Data (Bandung: Widya Padjajaran, 2012)
  11. Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006)
  12. Uno, Hamzah B, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2016)
  13. Wirda, Yendri, and Ikhya, ‘Faktor-Faktor Determinasi Hasil Belajar Siswa’, Pusat Penelitian Kebijakan, 01 (2020)