Isi Artikel Utama

Abstrak

Motivasi belajar siswa adalah segala sesuatu yang menjadi pendorong tingkah laku siswa, baik yang timbul dalam diri siswa (intrinsik) atau dari luar individu siswa (ekstrinsik). Motivasi belajar sangat penting dalam proses pembelajaran untuk mencapai keberhasilan siswa dalam belajar. Namun, kenyataanya motivasi belajar siswa di MA Al Musaddadiyah Garut menujukkan masih rendah, hal ini dibuktitkan dengan temuan peneliti terhadap kelangsungan belajar, seperi; terdapat siswa yang bolos sekolah, terlambat masuk kelas, malas mengerjakan tugas, kurangnya semangat dalam belajar, jenuh dalam proses pembelajaran serta, ada di dalam kelas tapi tidak memperhatikan Guru. Praktek Keahlian Profesi (PKP) merupakan salah satu program pelatihan yang diberikan kepada mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang bertujuan untuk melatih mahasiswa menjadi seorang Guru yang profesional. Dengan demikian peneliti akan mungungkapkan bagaimana proses mahasiswa calon Guru PAI membentuk dirinya, dicetak kognitifnya, pola pikirnya sehingga terarah menjadi profesinya sebagai Guru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implikasi kegiatan praktek keahlian dan profesi Guru terhadap motivasi belajar siswa di MA Al Musaddadiyah Garut Tahun Pelajaran 2022-2023. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif analitis, yaitu metode yang bertujuan mendeskripsikan, menggambarkan, dan menguraikan secara komprehensif dan utuh terkait penelitian. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Abraham Maslow mengembangkan model hierarki kebutuhan dalam memahami motivasi belajar siswa yaitu: Physiological Needs, Safety Needs, Belongingnees and Love Needs, Esteem Needs, dan self-Actualization Needs. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implikasi Kegiatan Praktek Keahlian Profesi Guru Tehadap Motivasi Belajar siswa mampu memenuhi 4 dari 5 indikator motivasi belajar diantaraya Safety Needs, Belongingnees and Love Needs, Esteem Needs, dan self-Actualization Needs.


Kata kunci: Motivasi belajar siswa: Praktek Keahlian Profesi (PKP)


 


 

Kata Kunci

Motivasi belajar siswa: Praktek Keahlian Profesi (PKP) Professional Skills Practice (PKP) Student motivation

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sulaiman, H., & Nisa, N. R. H. (2023). Implikasi Kegiatan Praktek Keahlian Dan Profesi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MA Al Musaddadiyah Garut Tahun Pelajaran 2022-2023 . Masagi, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.37968/masagi.v2i1.379

Referensi

  1. Asmara, F. (2019). APLIKASI TEORI HIERARKI KEBUTUHAN MASLOW DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. Widya Warta, 01, 82–91. http://portal.widyamandala.ac.id/jurnal/index.php/warta/article/view/129
  2. Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6. https://digilib.uinsgd.ac.id/32855/1/Metode Penelitian Kualitatif.pdf
  3. Nazir, M. (2009). Metode penelitian (Risman Sikumbang (ed.)). Ghalia Indonesia.
  4. Panduan Praktek Keahlian Profesi (PKP) 2022 (STAI AL-Mu). (2020). https://docplayer.info/203677578-Panduan-praktek-keahlian-profesi-stai-al-musaddadiyah-garut-program-studi-pendidikan-islam-anak-usia-dini.html
  5. Pascoe, D. (2019). Republic of Indonesia. In Last Chance for Life: Clemency in Southeast Asian Death Penalty Cases (pp. 159–192). https://doi.org/10.1093/oso/9780198809715.003.0007
  6. Prihartanta, W. (2015). Teori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya, Vol. 1 No. 83. Jurnal Adabiya, 1(83), 1–11. https://www.academia.edu/download/40847896/teori_motivasi.pdf
  7. Rusdiansyah, M. (2019). Motivasi belajar yang terkandung dalam al-qur’an surah al-mujadalah ayat 11. Jurnal Pendidikan. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45374
  8. Sadikin, A., & Siburian, J. (2019). Analisis pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) FKIP Universitas Jambi bidang studi pendidikan biologi di SMA PGRI Jambi. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 90–99. https://doi.org/10.29405/j.bes/3290-993562
  9. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
  10. Sumanah, S. (2008). Pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa di MIN meruya selatan kembangan jakarta barat. Repository.Uinjkt.Ac.Id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/15076/1/SITI SUMANAH-FITK.pdf
  11. Terjemah Kemenag 2019. (n.d.).
  12. Wasitohadi, W. (2014). HAKEKAT PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF JOHN DEWEY Tinjauan Teoritis. Satya Widya, 30(1), 49. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p49-61