Isi Artikel Utama

Abstrak

Media pembelajaran merupakan salah satu aspek yang harus dikuasai oleh pendidik. Merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses belajar mengajar. Dengan mengunakan media pembelajaran yang bervariasi akan dapat menumbuhkembangkan minat dan bakat siswa dalam belajar, karena dengan menggunakan media pembelajaran yang bermacam-macam dapat memudahkan siswa dalam menangkap sebuah materi dan peserta didik tidak akan merasa mudah cepat bosan dan jenuh sehingga akan terjadinya interaksi langsung antara pendidik dan peserta didik. Dalam Al-Qur’an banyak ayat yang di dalamnya terdapat tentang media pembelajaran salah-satunya dalam Q.S Al-Baqarah Ayat 31. Dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 31 memuat beberapa nilai yang didalamnya berkaitan dengan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media pembelajaran yang terkandung dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 31. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan  (Library Research) melalui pendekatan bersifat metode analis selain itu juga digunakan pendekatan studi komparatif terkait akibat atau faktor yang terjadi sesuatu berdasarkan dokumen dan pustaka. Penelitian induktif adalah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan (generating) teori melalui pengungkapan fakta dengan cara melakukan penelitian terhadap penafsiran para mufasir terhadap Q.S Al-Baqarah ayat 31 dan sumber-sumber tertulis tentang media pembelajaran yang dikemukakan oleh para ahli atau oleh para ulama. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan berfokus pada analisis konten Al-Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat dan isi teks buku-buku. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 31 ini berkaitan dengan media pembelajaran adalah al-asma yaitu benda-benda.


Kata Kunci : Media Pembelajaran, Al-Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 31

Kata Kunci

Media Pembelajaran Al-Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 31 Educational Media Qur'an Surah Al-Baqarah Verse 31

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Izzan, A., & Nuraeni, N. (2023). Media Pembelajaran Perspektif Al-Qur’an Surah Al-Baqarah Ayat 31. Masagi, 2(1), 54–60. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jm/article/view/378

Referensi

  1. Agama, Fakultas, Islam Universitas, dan Muhammadiyah Makassar. 2013. “perkembangan ilmu dan teknologi.”
  2. Hardani. 2018. “metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif” 2 (1): 72.
  3. Harianto, Febri. 2017. “pendidikan yang mendasar” 14 (2).
  4. Haris, Abdul, Pito Pusdiklat, Tenaga Teknis Pendidikan, dan Dan Keagamaan. 2018. “MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF ALQURAN.”
  5. Izzan, Ahmad. 2014. Metodologi Ilmu Tafsir. Bandung: Tafakur.
  6. Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
  7. Penelitian, Metode. 2016. “Metode Penelitian,” 26–35.
  8. Putri, Novianti Mulyana. 2018. “Pengajaran disekolah,” 1–23.
  9. Setiawan, Hery. 2020. “pemanfaatan media pembelajaran.” 1 3 (2).