Isi Artikel Utama

Abstrak

mendeskripsikan: (1) profil tanggung jawab siswa dalam pembelajaran agama islam di kelas XI SMA Ciledug, sebelum diberikan perlakuan (2) penggunaan model kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran agama islam di kelas XI SMA Ciledug (3) pengaruh model kooperatif tipe jigsaw terhadap sikap tanggung jawab siswa dalam pembelajaran agama islam di kelas XI SMA Ciledug setelah diberikan perlakuan. Adapun metode yang digunakan untuk menemukan jawaban dari pertanyaan penelitian tersebut adalah metode pre eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, kuesioner yang disebarkan kepada 17 responden dan studi dokumentasi. Sedangkan pengolahan data dilakukan melalui analisis data statistik. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data secara statistik, terdapat hasil yang menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel. t hitung sebesar -6,696 atau 6,696 > t tabel sebesar 1,745. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap sikap tanggung jawab siswa dalam pembelajaran agama islam kelas XI SMA Al-Musaddadiyah Garut.


 


Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Sikap Tanggung Jawab Siswa, Pembelajaran Agama Islam

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Maria, A., & Nurfadilah, E. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM (STUDI DI SMA CILEDUG AL-MUSADDADIYAH GARUT KELAS XI). Masagi, 1(1), 286–293. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jm/article/view/298