Isi Artikel Utama

Abstrak

                                                                                                    Abstrak


 


Kecerdasan Interpersonal merupakan kemampuan dan keterampilan seseorang untuk menciptakan, membangun, mempertahankan relasi sosialnya. Selama ini kecerdasan interpersonal siswa dalam mata pelajaran PAI belum berkembang dengan baik, sehingga masih ada siswa yang kurang dalam rasa saling menghargai pendapat antar siswa dalam proses pembelajaran; siswa masih pasif; tidak berani mengungkakan pendapat di hadapan orang lain; malu; lebih menonjolnya siswa pandai pada saat proses pembelajaran; kurangnya kerjasama antar peserta kelompok; dan kurangnya stimulus kepada siswa untuk berani berpendapat. Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam keseluruhan pembelajaran. Sehingga model pembelajaran kooperatif tipe group investigation bisa membuat kecerdasan interpersonal siswa berkembang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan: (1) profil kecerdasan interpersonal siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam, (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dalam mata pelajaran PAI di kelas XI SMAS Asshiddiqiyah, (3) pengaruh model pembelajaran kooperartif tipe group investigation terhadap kecerdasan interpersonal siswa dalam mata pelajaran PAI di kelas XI SMAS Asshiddiqiyah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif korelatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, kuesioner yang disebarkan kepada 23 responden, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan pengolahan data dilakukan melalui analisis data statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe group investigation sebesar 4,30 dengan demikian rata-rata tersebut berada pada daerah interval 4,01-5,00, termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan peningkatan kecerdasan interpersonal siswa dalam mata pelajaran PAI memiliki rata-rata sebesar 4,14 dan 4,30 dengan demikian nilai rata-rat tersebut pada daerah interval 4,01-5,00, termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan uji statistik terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation sebesar 65,61% terhadap kecerdasan interpersonal siswa sesuai dengan fungsi dan tujuan dari Pendidikan Agama Islam itu sendiri dan 34,39% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.


 


Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Kecerdasan Interpersonal, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Maria, A., & NURWANTI, G. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa dalam Mata Pelajaran PAI. Masagi, 1(1), 91–99. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jm/article/view/270