Isi Artikel Utama

Abstrak

Memahami dan mengetahui al-Qur’an serta isinya adalah kewajiban bagi seluruh umat Islam. Oleh karena itu belajar membaca dan mengetahui kaidah-kaidah membacanya adalah suatu kewajiban pula, sehingga tidak merubah arti dan makna dari tujuan dan maksud ayat al-Qur’an yang sebenarnya. Metode iqro’ merupakan suatu metode membaca Al-Qur’an yang menekankan langsung pada latihan membaca. Sehingga metode Iqro’ dapat membantu siswa untuk melancarkan bacaan Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan; (1) penerapan metode Iqro’ di Madrasah Ibtidaiyah Rohmaniyah Sukawening Garut, (2) kelancaran membaca Al-Qur’an, (3) pengaruh penerapan metode Iqro’ terhadap kelancaran membaca Al-Qur’an. Dengan demikian, dapat mengetahui sejauh mana hubungan antara penerapan metode iqro’ (X), dengan kelancaran membaca Al-Qur’an (Y). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif inferensial, dengan mengumpulkan data atau informasi tentang fenomena yang diteliti. Teknik pengumpulan data dengan cara kuesioner yang disebarkan kepada 25 responden, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan pengolahan data dilakukan melalui analisis data statistik. Hasil penelitian menjukkan bahwa  metode Iqro’ sebesar 40,6 dengan demikian rata-rata tersebut berada pada daerah interval 3,01-4,00, termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan kelancaran membaca Al-Qur’an memiliki rata-rata sebesar 39,84 dengan demikian nilai rata-rata tersebut berada pada daerah interval 3,01-4,00, termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan uji statistik terdapat pengaruh antara Penerapan Metode Iqro’ terhadap Kelancaran Membaca Al-Qur’an sebesar 43,76%, sedangkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kelancaran membaca Al-Qur’an sebanyak 56,24% namun tidak diteliti dalam penelitian ini. Demikian hasil akhir (temuan) dari penelitian ini.


 


Kata Kunci      : Penerapan, Metode Iqro’, Kelancaran membaca AL-Qur’an

Rincian Artikel

Cara Mengutip
izzan, ahmad, & Noviana, S. (2022). PENGARUH PENERAPAN METODE IQRO’ TERHADAP KELANCARAN MEMBACA AL-QUR’AN STUDI DI MADRASAH IBTIDAIYAH ROHMANIYAH SUKAWENING GARUT. Masagi, 1(1), 109–115. Diambil dari https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jm/article/view/188