Isi Artikel Utama

Abstrak

Dewasa ini khususnya di Indonesia sistem Pendidikan yang diterapkan di sekolah-sekolah merupakan adopsi system Pendidikan barat, Sehingga dalam pengembangan karakter peserta didik masih jauh dalam membentuk karakter manusia dalam nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Sunnah, Khususnya dalam penerapan konsep pendidikan humanistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Konsep Pendidikan Humanistik dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 13 Kajian Ilmu Pendidikan Islam. Bertitik tolak dari kerangka pemikiran atau teori yang menyatakan bahwa Pendidikan Humanistik adalah pendidikan yang mengajarkan bahwa setiap manusia itu mempunyai perbedaan satu sama lain yang bertujuan memanusiakan manusia.


Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research), yaitu dengan jalan melakukan penelitian terhadap penafsiran para mufasir terhadap Q.S Al-Hujurat Ayat 13 dan sumber-sumber tertulis tentang konsep pendidikan humanistik yang dikemukakan oleh para cendikiawan atau oleh para ulama. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode kualitatif dengan berfokus pada analisis konten Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 13 dan isi teks buku buku..


Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Pendidikan humanistik Q.S Al-Hujurat Ayat 13 dalam bingkai Ilmu Pendidikan Islam, merupakan suatu sistem pendidikan manusia yang unik, mandiri, dan kreatif. Memandang manusia sebagai manusia yaitu makhluk ciptaan Tuhan dengan fitrah-fitrah tertentu, dan membangun karakter manusia dalam diri manusia yang menghargai harkat dan martabat manusia sebagai makhluk yang paling sempurna.


Kata kunci: Pendidikan,Al-Qur’an, Tafsir dan Humanistik

Kata Kunci

Pendidikan Al-Qur’an Tafsir dan Humanistik Education Al-Qur'an Tafsir and Humanistic

Rincian Artikel

Cara Mengutip
izzan, ahmad, & Hasanudin, S. N. (2022). Konsep Pendidikan Humanistik Dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 13 Kajian Ilmu Pendidikan Islam . Masagi, 1(2), 56–61. https://doi.org/10.37968/masagi.v1i2.109

Referensi

  1. Abdurahman Mas’ud. Menggagas format pendidikan non dikotomik, (Yogyakarta: Gema Media: 2004)
  2. Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 1992
  3. Al-Marāgiy, Muhammad Mu¡¯afā. Ba¥£ fī Tarjamat al-Qur’ān al-Karīm wa Ahkāmuhā, Kairo: Matba‘at al-Ragha’ib
  4. M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991)
  5. Afifuddin dan Beni Ahmad Saebani, Metode penelitian Kualitatif, CV Pustaka Setia, Bandung, cet Il, 2012
  6. Agus Wakito Utomo, Skripsi : Konsep pendekatan humanistik Ki Hajar Dewantara dalam Paradigma Islam,( Surabaya : UIN Sunan Ampel, 2017)
  7. Darmiyati Zuchdis. Huamisasi Pendidikan, (Jakarta: BumiAksara. 2009)
  8. Drs. Beni Ahmad Saebani, M,Si. dan Hendra Akhdhiyat,M,Pd, Ilmu Pendidikan Islam, CV Pustaka Setia, Bandung, 2009
  9. Hasan Hanafi. Islam dan Humanisme (Yogyakarta: IAIN Walisongo Semarang; 2007)
  10. Kementrian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Tafsirnya, Jilid 9, 2012
  11. Mas’ud, Abdurrahman, Menggagas Pendidikan Nondikotomik, Yogyakarta: Gama Media, 2002
  12. Nizar, M.A. Samsul, Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis, Jakarta: Ciputat Pers, 2002
  13. Quraish Shihab, Tafsir al-Mishbah, Jakarta: Lentera Hati, 2002
  14. Quthfi Muarif, Implikasi Konsep Humanisme dalam Pendidikan Islam: Telaah Filosofis atas pemikiran Ali Syari’ati, Skripsi, Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, 2011
  15. Saifudin Anwar, Metode Penelitian, Pustaka Pelajar Offset, Yogyakarta, Cet III, 2001
  16. Sudarwan Danim, Menjadi Peneliti KualitatifRancangan Metüologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang 11mu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002), Cet I
  17. Shihab, M. Quraish, Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan, dan Keserasian alQur’an, …, volume 13
  18. Zainal Abidin. Filsafat Manusia, Memahami Manusia Melalui Filsafat. (Bandung: PT. Rosdakarya 2006)
  19. Lexy. J. Meleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000)
  20. Zuhairini, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Malang: UIN Press, 2004)