Isi Artikel Utama

Abstrak

 


Bahan bangunan tentunya sangat dibutuhkan masyarakat setempat baik itu untuk orang yang akan membangun rumah atau merenovasi rumah. Biasanya para konsumen memilih toko bangunan yang menyediakan bahan bangunan yang lengkap dan harga barang yang terjangkau, juga dengan kualitas yang baik. Tetapi pemilik toko tidak hanya menyediakan barang yang berkualitas dan harga terjangkau saja, pemilik toko harus memiliki teknik marketing lainnya untuk menarik pelanggan agar bisa berbelanja di toko mereka. Perkembangan toko bangunan dalam bertransaksi sangatlah beragam salah satunya dengan melakukan pembayaran terlebih dahulu namun barang tidak diambil saat itu melainkan nanti saat bahan bangunan sudah cukup.


 


Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana mekanisme penetapan harga pada transaksi penangguhan bahan bangunan dengan uang di muka? bagaimana tinjauan hukum Islam mengenai transaksi penangguhan bahan bangunan dengan uang di muka.


 


Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa itu transaksi penanguhan bahan bangunan, mekanisme penetapan harga pada transaksi penangguhan bahan bangunan dengan uang di muka dan tinjauan hukum Islam menegnai transaksi penangguhan bahan bangunan dengan uang di muka.


 


Penelitian ini ternasuk kedalam jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari data tersebut dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan.


 


Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa jual beli bahan bangunan dengan sistem uang di muka pada toko bangunan di KecamatanTarogong Kaler ini berkaitan dengan pendapat ulama yang membolehkan jual beli tersebut, lalu jual beli dan transaksi perjualan yang dilakukan di toko bangunan diperbolehkan. Sedangkan akad yang digunakan dalam transaksi penangguhan bahan bangunan dengan uang di muka adalah akad salam.


 Kata Kunci : Hukum Islam, Transaksi, Penangguhan, Bahan Bangunan, Uang Di Muka


                   


 

Kata Kunci

Hukum Islam, Transaksi, Penangguhan, Bahan Bangunan, Uang Di Muka

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sunarsa , S., & Kholifah, N. (2023). TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG TRANSAKSI PENANGGUHAN BAHAN BANGUNAN DENGAN UANG DI MUKA . Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY), 2(1), 194–204. https://doi.org/10.37968/jhesy.v2i1.440