Isi Artikel Utama

Abstrak

Jual beli makanan saat ini memiliki berbagai keragaman dalam mekanismenya. Salah-satunya yaitu mekanisme jual beli makanan tanpa pencantuman harga yang saat ini populer dibeberapa rumah makan yang menerapkan konsep prasmanan. Karena tidak adanya transparansi harga di awal, maka hal ini membuat beberapa polemik diantara konsumen.


Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mekanisme dari jual beli makanan tanpa harga. Serta bagaimana analisis hukum ekonomi syari’ah tentang jual beli makanan tanpa harga.


Dari beberapa rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui mekanisme dari penetapan harga dan analisis hukum ekonomi syari’ah tentang jual beli makanan tanpa harga.


Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi litelatur yang dilakukan dengan menyajikan data menggunakan teknik alasisis data.


Berdasarkan hasil penelitian jual beli tersebut termasuk kedalam ba’i al-muathah itu boleh saja dilakukan jika kedua belah pihak setuju dalam proses akadnya. Mengenai adanya indikasi ketiakpastian (gharar) dalam mekanisme tersebut, dapat dihindari dengan meminta keterangan telebih dahulu mengenai ketentuan dan informasi harga di rumah makan tersebut. Hal ini khususnya berlaku bagi pembeli yang pertama kali berkunjung.


Kata Kunci : hukum ekonomi syari’ah, jual beli, makanan, harga;


                            

Kata Kunci

hukum ekonomi syari’ah, jual beli, makanan, harga

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Abdillah, S., & Syifaulhuda, A. (2023). ANALISIS HUKUM EKONOMI SYARI’AH TENTANG JUAL BELI MAKANAN TANPA HARGA. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY), 2(1), 252–261. https://doi.org/10.37968/jhesy.v2i1.436