Main Article Content

Abstract

                                                                                                           Abstrak


Instagram merupakan salah satu jenis media sosial yang saat ini sedang dianut oleh berbagai kalangan. Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial paling populer di Indonesia. Baik untuk foto pribadi, pengalaman, atau acara penting, atau untuk tujuan bisnis seperti "toko online", dll. Oleh karena itu, penting untuk membuat kesan yang berbeda di Instagram, yang dapat dicapai dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan memperbanyak jumlah followers. Keuntungan memiliki banyak pengikut Instagram di toko online, seperti meningkatkan kepemilikan akun bisnis. Selanjutnya, dampak paling besar akan dirasakan oleh pengguna Instagram yang memanfaatkan akunnya untuk menjual produk. Dengan semakin banyaknya pelaku bisnis yang menggunakan pengguna media sosial, yang juga dikenal sebagai influencer.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara kerja praktik jual beli followers Instagram, serta pandangan hukum Islam terhadap praktik jual beli followers Instagram. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para sarjana masa depan dan dapat digunakan sebagai referensi atau referensi bagi mereka.


Proses jual beli followers merupakan bagian dari iklan produk yang ditawarkan oleh akun Instagram yang menjual followers. Konsep produk jasa dapat diringkas sebagai keinginan untuk memanfaatkan suatu produk (jasa) yang memberikan kualitas, penampilan, dan atribut terbaik kepada pengguna.


Kata Kunci : jual beli, Followers, Media Sosial, Instagram,

Article Details

How to Cite
Syaripudin, E. I., & Badruzzaman, P. . (2022). JUAL BELI FOLLOWERS DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TENTANG TRANSAKSI ELEKTRONIK DALAM PANDANGAN HUKUM ISLAM. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY), 1(1), 38–45. Retrieved from https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jhesy/article/view/170