Isi Artikel Utama

Abstrak

Wisata religi atau yang sering disebut sebagai wisata syariah, ziarah dan wisata halal merupakan sebuah perjalanan untuk memperoleh pengalaman dan pelajaran (Ibrah). Pengaruh dari adanya wisata religi adalah terjadinya kegiatan ekonomi yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan ekonomi di masyarakat. Hal ini dikarenakan adanya keterikatan wisatawan sebagai konsumen dengan masyarakat sekitar sebagai distributor atau produsen dalam pemenuhan kebutuhan saat berwisata. Kesejahteraan ekonomi merupakan metodologi ilmu ekonomi dalam mengevaluasi ekonomi secara universal yang berkaitan dengan kesejahteraan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah wisata religi di Makam Godog berpengaruh terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar objek wisata? Bagaimana kesejahteraan ekonomi masyarakat ditinjau dari persfektif ekonomi islam ? dari rumusan masalah tersebut, maka target yang akan dicapai dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh wisata religi di Makam Godog berpengaruh terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat. 2. Untuk mengetahui kesejahteraan ekonomi masyarakat ditinjau dari persfektitif ekonomi Islam.


Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian makalah ini merumuskan kesimpulan bahwa wisata religi Makam godog berpengaruh terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar meski tidak signifikan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat di wisata religi Makam Godog sudah sesuai dengan persfektif ekonomi Islam dengan tidak adanya hal-hal yang bertentangan dengan aturan dalam ajaran ekonomi Islam.


Dari hasil penelitian, maka dari hasil analisis diketahui p-value dari x adalah 0,397 artinya tidak lebih besar dari 0,05 maka tidak signifikan. Berdasarkan hasil uji t pengaruh variabel x terhadap y sebesar 0,348 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Maka variabel x tidak berpengaruh secara signifikan terhdap variabel y, maka dengan demikian Ho diterima, bahwa secara parsial kunjungan wisata berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar objek wisata. Hal tersebut menunjukan bahwa kunjungan wisata berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar objek wisata.


Kata kunci: Wisata, Religi, Kesejahteraan, Ekonomi

Kata Kunci

Wisata, Religi, Kesejahteraan, Ekonomi Tourism, Religion, Welfare, Economy

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Syaripudin, E. I., & Bahri, S. (2022). Pengaruh Wisata Religi Di Makam Godog Kabupaten Garut Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY), 1(1), 20–26. https://doi.org/10.37968/jhesy.v1i1.159

Referensi

  1. Abdul Chaliq, Manajemen Haji Dan Wisata Religi (Jakarta: Mitra Cendekia,), 2021
  2. Agus Tri Basuki, Nano Prawoto, Pengantar Teori Eonomi (Yogyakarta : Mitra Pusaka Nurani), 2014
  3. Badan Pusat Statistik Indonesia, Perkembangan Beberapa Indikator Utama Sosial-Ekonomi Indonesia (Jakarta: Buklet, 2012), 120.
  4. Bambang Suharto, Pemberdayaan Desa Wisata Religi (Gorontalo: Ideas Publising), 2017
  5. Buangin, Metode Penelitian Kuantitatif, (Jakarta: Kencana,), 2005
  6. Dedi Taufiq, dkk, Pedoman Pariwisata Halal Jawa Barat (Bandung: Disparbud ), 2017
  7. I Gusti Bagus Rai Utama, Pengantar Industri Pariwisata (Yogyakarta: Deepublish), 2014
  8. I Ketut Suwena, I Gusti NUgraha Widyatmaja, Pengetahuan Dasar Ilmu Parawisata (Bali: Pustaka Larasan,), 2017
  9. I Nyoman Sudiarta, I Wayan Suardana, ”Dampak Pariwiata Terhadap Kemiskinan di Kawasan Pariwisata Bali” Jurnal Kajian Bali, 6 (Oktober), 2016
  10. Ismayanti, Pengantar Pariwisata (Jakarta: Kompas Gramedia), 2017
  11. Khodiyat, Ramaini, Pariwisata Dan Perhotelan (Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia), 1992
  12. Kirdi Dipoyudo, Keadilan Sosial (Jakarta; CV Rajawali), 1985
  13. Riyanto Sopyan, Bisnis Syariah Mengapa Tidak (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama), 2011
  14. Sugiono, metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D, (Bandung: Alfabeta,), 2017