Main Article Content

Abstract


  1. Abstrak
    Penjualan dalam bentuk Endorsement memang sudah semakin banyak dilakukan,
    namun hal ini membuat para klien dan penerima jasa endorse sebagian besar tidak
    berhati-hati dalam melakukan endorsment melalui hiburan virtual. Perumusan
    masalah yang dibahas adalah mengenai Bagaimana Praktek Akad Endorsement
    dalam Hukum Islam dan Bagaimana Sistem Kerja Endorsement menurut Hukum
    Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeksripsikan sebagaimana
    rumusan masalah yang telah di deskripsikan yaitu Praktek Akad Endorsement dalam
    Hukum Islam dan Sistem Kerja Endorsement menurut Hukum Islam. Metode yang
    digunakan dalam penelitian ini adalah Jenis metode penelitian kualitatif. Penelitian
    kualitatif merupakan penelitian yang digunakan untuk menyelidiki, menemukan,
    menggambarkan, dan menjelaskan kualitas atau keistimewaan dari pengaruh social
    yang tidak dapat dijelaskan, diukur atau digambarkan melalui pendekatan
    kuantitatif. Penelitian ini bersifat deksriptif analisis yaitu penelitian yang dilakukan
    dengan menyajikan fakta lalu menganalisisnya secara sistematis sehingga lebih
    mudah dipahami dan disimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa, akad
    endorsment termasuk ke dalam akad ijarah dalam kaitan nya endorsement memiliki
    suatu ikatan kesepakatan akad, dalam ruang lingkup hukum Islam, dan terjadi suatu
    perjanjian antara dua orang yang telah memenuhi syarat untuk melakukan suatu
    perjanjian maka akan terjadi suatu akad yang sah yang meliputi praktek endorsement
    dalam perdagangan dan perpromosian suatu barang dan dalam kaitanya di
    perbolehkan oleh syariat Islam.
    Kata Kunci : Endorsment, Hukum Islam, Akad.

Article Details

How to Cite
Syaripudin, E. I., & Laili Ahad, T. . (2022). Analisis Hukum Islam tentang Akad Endorsement. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY), 1(1), 82–92. Retrieved from https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jhesy/article/view/119