Main Article Content

Abstract

Proses hafalan Al-Qur’an akan dapat cepat bertambah dan meningkat dengan adanya peserta didik yang mempelajari tahsin Al-Qur’an, karena tahsin akan mendorong dan membuat peserta didik membaca Al-Qur’an dan menghafal Al-Qur’an dengan baik dan benar. Peserta didik yang kesulitan dalam membaca Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an, serta sulit memahami kosa kata Al-Qur’an ini yang dapat menyebabkan peserta didik tidak bisa menerapkan tahsin Al-Qur’an. Metode Kauny Quantum Memory merupakan metode yang dapat beradaptasi dengan kesulitan peserta didik dalam mengatasi pengaplikasian tahsin Al-Qur’an dalam menghafal Al-Qur’an. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) penerapan metode Kauny Quantum Memory terhadap peserta didik kelas VII SMP IT Aminul Ummah; 2) peningkatan tahsin Al-Qur’an; 3) pengaruh penerapan metode Kauny Quantum Memory terhadap peningkatan tahsin Al-Qur’an peserta didik kelas VII SMP Islam Terpadu Aminul Ummah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian artikel ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan mengumpulkan data atau informasi tentang fenomena yang diteliti. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, studi kepustakaan, kuersioner serta pengolahan datanya dilakukan melalui analisis statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode Kauny Quantum Memory termasuk dalam kategori baik. Begitu pula, dengan peningkatan tahsin Al-Qur’an juga termasuk kategori baik. Berdasarkan uji statistik terdapat pengaruh antara metode Kauny Quantum Memory dan Peningkatan tahsin Al-Qur’an.


 


Kata Kunci : Metode Kauny Quantum Memory, Peningkatan Tahsin Al-Qur’an

Article Details

How to Cite
Fauziah, H., & Azizah, N. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Kauny Quantum Memory Terhadap Peningkatan Tahsin Al-Qur’an Peserta didik SMP IT Aminul Ummah Wanaraja Garut. Jurnal MASAGI, 1(1), 8–17. Retrieved from https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jm-pai/article/view/111