Isi Artikel Utama
Abstrak
Jual beli viewers merupakan model perdagangan baru yang aspek hukumnya perlu dikaji secara mendalam. Kemudian, dalam penelitian ini akan dilakukan analisis secara mendalam mengenai praktik jual beli viewers di media sosial Instagram tersebut dalam perspektif Hukum Ekonomi Syariah, terutama jenis akad yang digunakan, pada subjek hukum, objek hukum, dan akad perjanjiannya (ijab dan kabul). Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research). Sifat penelitian ini adalah deskriptif analisis. Dalam penelitian ini dideskripsikan dan menganalisa untuk menarik kesimpulan dan status hukum tentang jual beli viewers di media sosial instagram. Setelah dilakukan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa jual beli viewers di media sosial instagram dapat dikategorikan sebagai jual beli salam, karena dalam mekanismenya barang diserahkan dikemudian hari, sementara pembayaran dilakukan diawal. Kemudian implikasi hukum atas jual beli viewers ini adalah sah dan merupakan jual beli yang hukumnya boleh (Mubah),
Kata Kunci : Hukum Ekonomi Syariah, Jual Beli, Viewers
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Hukum Ekonomi Syariah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY) oleh LP2M STAI Al Musaddadiyah Garut berlisensi di bawah Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 / CC BY-ND 4.0
Penulis mengetahui bahwa Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY) berhak menerbitkan untuk pertama kalinya dengan Lisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 / CC BY-ND 4.0
Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif naskah yang telah diterbitkan di jurnal ini ke dalam versi lain (misalnya dikirim ke tempat penyimpanan institusi penulis, penerbitan dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah tersebut telah diterbitkan atau pertama kali di Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY)
Referensi
- Al-Sabuni, D. M. A. (2014). Fikih Muamalah: Jual Beli dan Kontrak dalam Islam. Pustaka Al-Kautsar.
- Bung Hijaj Sulthonuddin & Ai Mutmainah Sabani. (2023). Tinjauan Hukum Ekonomi Syari’ah Tentang Jual Beli Melalui Jasa Go-Food. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY), 2(1), 179–193.
- Dave Evans. (2010). Social Media Marketing: Strategies for Engaging in Facebook, Twitter & Other Social Media. Pearson.
- Dr. M. Syafi’i Antonio. (2020). Ekonomi Islam: Prinsip dan Implementasi. Gema Insani Press.
- Ghazali, M. (2016). Buat Dengan FB & Instagram. PTS Publishing House Sdn. Bhd.
- Jason Miles. (2018). Instagram Power: Build Your Brand and Reach More Customers with the Power of Pictures. Per Capita Publishing.
- Jenn Herman, Eric Butow, C. W. (2018). Instagram for Business for Dummies. For Dummies.
- Melissa Barker, Donald I. Barker, and N. B. (2020). Social Media Marketing: A Strategic Approach. Cengage Learning.
- Moeloeng, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif (Ed.). PT Remaja Rosda Karya.
- QUR’AN KEMENAG. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. https://pustakalajnah.kemenag.go.id/
- Sulthonuddin, B. H., & Syaripudin, E. I. (2023). Aspek Sosiologis Dalam hukum Jual Beli. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY), 1(2), 295–309. https://doi.org/10.37968/jhesy.v1i2.368
- Syaripudin, E. I., & Badruzzaman, P. (2022). Jual Beli Followers Di Media Sosial Instagram Tentang Transaksi Elektronik Dalam Pandangan Hukum Islam. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY), 1(1), 38–45. https://doi.org/10.37968/jhesy.v1i1.170
- Syaripudin, E. I., & Putri, M. T. (2022). Kajian Kategori Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah. Jurnal Hesy, 4.
- Syaripudin, E. I., Widaningsih, S., & Izzan, A. (2022). Praktik Jual Beli Dengan Sistem Pre Order Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah (Studi Kasus Di Toko Online HelloByl_Aesthetic). Jurnal Hesy, 6.
- Syaripudin, E. L., & Susanto, A. S. (2022). Praktik Akad Sewa Tanah untuk Produksi Bata Merah. J-Hesy: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 1(1), 1–13.
Referensi
Al-Sabuni, D. M. A. (2014). Fikih Muamalah: Jual Beli dan Kontrak dalam Islam. Pustaka Al-Kautsar.
Bung Hijaj Sulthonuddin & Ai Mutmainah Sabani. (2023). Tinjauan Hukum Ekonomi Syari’ah Tentang Jual Beli Melalui Jasa Go-Food. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY), 2(1), 179–193.
Dave Evans. (2010). Social Media Marketing: Strategies for Engaging in Facebook, Twitter & Other Social Media. Pearson.
Dr. M. Syafi’i Antonio. (2020). Ekonomi Islam: Prinsip dan Implementasi. Gema Insani Press.
Ghazali, M. (2016). Buat Dengan FB & Instagram. PTS Publishing House Sdn. Bhd.
Jason Miles. (2018). Instagram Power: Build Your Brand and Reach More Customers with the Power of Pictures. Per Capita Publishing.
Jenn Herman, Eric Butow, C. W. (2018). Instagram for Business for Dummies. For Dummies.
Melissa Barker, Donald I. Barker, and N. B. (2020). Social Media Marketing: A Strategic Approach. Cengage Learning.
Moeloeng, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif (Ed.). PT Remaja Rosda Karya.
QUR’AN KEMENAG. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. https://pustakalajnah.kemenag.go.id/
Sulthonuddin, B. H., & Syaripudin, E. I. (2023). Aspek Sosiologis Dalam hukum Jual Beli. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY), 1(2), 295–309. https://doi.org/10.37968/jhesy.v1i2.368
Syaripudin, E. I., & Badruzzaman, P. (2022). Jual Beli Followers Di Media Sosial Instagram Tentang Transaksi Elektronik Dalam Pandangan Hukum Islam. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY), 1(1), 38–45. https://doi.org/10.37968/jhesy.v1i1.170
Syaripudin, E. I., & Putri, M. T. (2022). Kajian Kategori Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah. Jurnal Hesy, 4.
Syaripudin, E. I., Widaningsih, S., & Izzan, A. (2022). Praktik Jual Beli Dengan Sistem Pre Order Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah (Studi Kasus Di Toko Online HelloByl_Aesthetic). Jurnal Hesy, 6.
Syaripudin, E. L., & Susanto, A. S. (2022). Praktik Akad Sewa Tanah untuk Produksi Bata Merah. J-Hesy: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 1(1), 1–13.