Isi Artikel Utama

Abstrak

Jual beli viewers merupakan model perdagangan baru yang aspek hukumnya perlu dikaji secara mendalam. Kemudian, dalam penelitian ini akan dilakukan analisis secara mendalam mengenai praktik jual beli viewers di media sosial Instagram tersebut dalam perspektif Hukum Ekonomi Syariah, terutama jenis akad yang digunakan, pada subjek hukum, objek hukum, dan akad perjanjiannya (ijab dan kabul). Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research). Sifat penelitian ini adalah deskriptif analisis. Dalam penelitian ini dideskripsikan dan menganalisa untuk menarik kesimpulan dan status hukum tentang jual beli viewers di media sosial instagram. Setelah dilakukan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa jual beli viewers di media sosial instagram dapat dikategorikan sebagai jual beli salam, karena dalam mekanismenya barang diserahkan dikemudian hari, sementara pembayaran dilakukan diawal. Kemudian implikasi hukum atas jual beli viewers ini adalah sah dan merupakan jual beli yang hukumnya boleh (Mubah),


Kata Kunci : Hukum Ekonomi Syariah, Jual Beli, Viewers

Kata Kunci

Hukum Ekonomi Syariah; Jual Beli; Viewers; Buy and Sell; Shari’ah Economic Law;

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Gaussian, G., Taufiqurrohman, R., & Setiawan, D. (2025). Perspektif Hukum Ekonomi Syariah Tentang Jual Beli Viewers Di Instagram. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 4(1), 28–31. https://doi.org/10.37968/jhesy.v4i1.891

Referensi

  1. Al-Sabuni, D. M. A. (2014). Fikih Muamalah: Jual Beli dan Kontrak dalam Islam. Pustaka Al-Kautsar.
  2. Bung Hijaj Sulthonuddin & Ai Mutmainah Sabani. (2023). Tinjauan Hukum Ekonomi Syari’ah Tentang Jual Beli Melalui Jasa Go-Food. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY), 2(1), 179–193.
  3. Dave Evans. (2010). Social Media Marketing: Strategies for Engaging in Facebook, Twitter & Other Social Media. Pearson.
  4. Dr. M. Syafi’i Antonio. (2020). Ekonomi Islam: Prinsip dan Implementasi. Gema Insani Press.
  5. Ghazali, M. (2016). Buat Dengan FB & Instagram. PTS Publishing House Sdn. Bhd.
  6. Jason Miles. (2018). Instagram Power: Build Your Brand and Reach More Customers with the Power of Pictures. Per Capita Publishing.
  7. Jenn Herman, Eric Butow, C. W. (2018). Instagram for Business for Dummies. For Dummies.
  8. Melissa Barker, Donald I. Barker, and N. B. (2020). Social Media Marketing: A Strategic Approach. Cengage Learning.
  9. Moeloeng, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif (Ed.). PT Remaja Rosda Karya.
  10. QUR’AN KEMENAG. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. https://pustakalajnah.kemenag.go.id/
  11. Sulthonuddin, B. H., & Syaripudin, E. I. (2023). Aspek Sosiologis Dalam hukum Jual Beli. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY), 1(2), 295–309. https://doi.org/10.37968/jhesy.v1i2.368
  12. Syaripudin, E. I., & Badruzzaman, P. (2022). Jual Beli Followers Di Media Sosial Instagram Tentang Transaksi Elektronik Dalam Pandangan Hukum Islam. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY), 1(1), 38–45. https://doi.org/10.37968/jhesy.v1i1.170
  13. Syaripudin, E. I., & Putri, M. T. (2022). Kajian Kategori Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah. Jurnal Hesy, 4.
  14. Syaripudin, E. I., Widaningsih, S., & Izzan, A. (2022). Praktik Jual Beli Dengan Sistem Pre Order Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah (Studi Kasus Di Toko Online HelloByl_Aesthetic). Jurnal Hesy, 6.
  15. Syaripudin, E. L., & Susanto, A. S. (2022). Praktik Akad Sewa Tanah untuk Produksi Bata Merah. J-Hesy: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 1(1), 1–13.