Isi Artikel Utama

Abstrak

Pengusaha Keripik Singkong merupakan usaha pembuatan keripik singkong yang terletak di sebuah pemukiman warga RW 03, Desa Tanjung Jaya Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut. Pengusaha ini dalam menjalankan kegiatan usahanya telah menerapkan  berbagai strategi pemasaran yang meliputi strategi produk, strategi harga,  strategi distribusi, dan strategi promosi.


Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana Strategi Pemasaran Jual Beli Keripik Singkong Desa Tanjung Jaya Kabupaten Garut Dilihat dari Perspektif Hukum Ekonomi Syariah ? 2. Faktor apa saja yang mempengaruhi strategi pemasaran Jual Beli Keripik Singkong Desa Tanjung Jaya Kabupaten Garut ? dan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk Mengetahui Bagaimana Strategi Pemasaran Jual Beli Keripik Singkong Desa Tanjung Jaya Kabupaten Garut Dilihat dari Perspektif Hukum Ekonomi Syariah dan Untuk Mengetahui Faktor apa saja yang mempengaruhi strategi pemasaran Jual Beli Keripik Singkong Desa Tanjung Jaya Kabupaten Garut.


Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian lapangan (field research) dan pendekatan kualitatif,


Hasil dari penelitian, bahwa dalam prakteknya sudah sesuai dengan prinsip hukum ekonomi Syariah yaitu terpenuhinya asas Muawwanah, asas pemerataan dimana harta tidak dikuasai oleh sekelomok orang, asas adamul gharar, asas Al Bir At-Taqwa, kecuali asas musyarakah tidak ada karena perusahaan keripik singkong berdiri sendiri.


Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Kajian Hukum Ekonomi Syariah;


 


 

Kata Kunci

Strategi Pemasaran, Kajian Hukum Ekonomi Syariah; Marketing Strategy, Sharia Economic Law Study

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wati, A., & Ajwasyifa, D. (2024). Strategi Pemasaran Keripik Singkong Di Desa Tanjung Jaya Kabupaten Garut (Kajian Hukum Ekonomi Syariah). Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY), 2(2), 10–17. https://doi.org/10.37968/jhesy.v2i2.454

Referensi

  1. A P Nugroho, “Strategi Pemasaran Bisnis Ritel Modern” (Universitas Islam Indonesia, 2018),
  2. (Hasan 2010)
  3. (Hanifah, Sukarelawati, and Agustini 2017)
  4. (Djakfar and SH 2012)
  5. Djakfar, H Muhammad, and M Ag SH. 2012. Etika Bisnis: Menangkap Spirit Ajaran Langit Dan Pesan Moral Ajaran Bumi. Penebar PLUS+.
  6. Hanifah, Eva Noviani, Sukarelawati Sukarelawati, and Agustini Agustini. 2017. “Metode Promosi Melalui Direct Selling Dalam Meningkatkan Minat Konsumen Menggunakan Jasa Hotel.” Jurnal Komunikatio 3 (1).
  7. Hasan, Ali. 2010. Marketing Syariah. Marketing Bank Syariah. Deepublish.
  8. Indonesia, Republik. 2019. “Kementerian Agama.” Al-Qur’an Dan Tafsirnya Jilid 2.
  9. Ingga, Ibrahim. 2011. “Manajemen Starategi.” PENERBIT ANDI.
  10. Juniarti, Shinta. 2012. “Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kripik Balado Dua Bunda Di Payakumbuh Ditinjau Menurut Ekonomi Islam.” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
  11. Kotler, Philip, and Gary Amstrong. 2010. “Pemasaran.” Jakarta: Erlangga.
  12. Kriyantono, Rachmat. 2013. Manajemen Periklanan: Teori Dan Praktik. Universitas Brawijaya Press.
  13. Mulyana, Iman. 2010. Manajemen Dan Kehidupan Manusia. Iman Mulyana.
  14. Mulyana, Mumuh. 2019. “Strategi Distribusi.” Manajemen Pemasaran : Materi Tutorial Online, 57–63.
  15. Mursidah, Umi. 2017. “Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Tradisional (Studi Pada Pasar Betung Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat).” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
  16. Nugroho, A P. 2018. “Strategi Pemasaran Bisnis Ritel Modern.” Universitas Islam Indonesia.
  17. Swastha, Irawan dan Basu. 2010. “Implementasi Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Toko Baju Senam Grosir.Com.” Eksekutif. Universitas Muhammadiyah Surabaya.
  18. Syaripudin, Enceng Iip, and Mutiara Tri Putri. 2022. “Kajian Kategori Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah.” Jurnal JHESY 01: 1–9.
  19. Ujang Sumarwan. 2013. Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Perilaku Konsumen. Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Perilaku Konsumen. PT Penerbit IPB Press.
  20. (I. Mulyana 2010)
  21. Irawan dan Basu Swastha, “Implementasi Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Toko Baju Senam Grosir.Com,” Eksekutif (Universitas Muhammadiyah Surabaya, 2010).
  22. (M. Mulyana 2019)
  23. (Kotler and Amstrong 2010)
  24. (Kriyantono 2013)
  25. (Indonesia 2019) Prof. Dr. Suryana, Ms. (2012). Metodologi Penelitian : Metodologi
  26. (Juniarti 2012)
  27. (Ujang Sumarwan 2013)
  28. (Mursidah 2017)