Isi Artikel Utama

Abstrak

Flash Sale Shopee adalah sebuah promosi dari Shopee yang menawarkan penawaran eksklusif untuk waktu dan jumlah produk yang terbatas. Harga yang ditetapkan dalam promo Flash Sale ini bukan harga normal melainkan cenderung murah. Namun di dalam strategi Flash Sale tersebut patut dipertanyakan ketika produk yang ditawarkan memiliki persediaan yang sangat terbatas namun konsumen atau peminatnya berbondong-bondong dari seluruh Indonesia, sehingga terjadi kesenjangan terhadap persediaan produk dengan jumlah konsumen yang banyak.


 


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengertian Flash Sale, mekanisme jual beli Flash Sale di aplikasi Shopee, serta untuk mengetahui perspektif hukum ekonomi Islam tentang jual beli Flash Sale di aplikasi Shopee. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari data tersebut dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan.


 


Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa mekanisme jual beli Flash Sale di aplikasi Shopee pada dasarnya sama dengan jual beli online seperti biasa. Dalam perspektif hukum ekonomi Islam, jual beli Flash Sale masuk kedalam akad Ba’i As-Salam. Selain itu, jual beli tersebut telah memenuhi rukun dan syarat jual beli serta sudah sesuai dengan prinsip jual beli, sehingga jual beli Flash Sale di aplikasi Shopee boleh dan halal.


Kata Kunci         : Hukum Ekonomi Islam, Jual Beli, Flash Sale, Shopee

Kata Kunci

Hukum Ekonomi Islam Jual Beli Flash Sale Shopee Islamic Economic Law Buying and Selling Flash Sales Shopee

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wati, A., & Putri, M. I. (2023). Perspektif Hukum Ekonomi Islam Tentang Jual Beli Flash Sale Di Shopee. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY), 2(1), 14–28. https://doi.org/10.37968/jhesy.v2i1.408

Referensi

  1. Accurate Marketing Manajemen. (2021, April 13). Flash Sale . https://accurate.id/marketing-manajemen/flash-sale-adalah/
  2. Adani, M. R. (2020, August 19). E-Commerce. https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-e-commerce/
  3. Ahmad. (2021). Pengertian E-Commerce. https://www.gramedia.com/literasi/e-commerce/
  4. Bahar, A. (2022). Pengaruh Flash Sale Pada Aplikasi Shopee Terhadap Pembelian Barang Dengan Akad Salam. Skripsi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar.
  5. Christiana, R. (2019, December 10). Strategi Shopee dalam Menarik Perhatian Pelanggan. https://yoursay.suara.com/news/2019/12/10/131146/strategi-shopee-dalam-menarik-perhatian-pelanggan
  6. Fadila, N. (2019). Analisis Hukum Islam terhadap Jual Beli Online Flash Sale di Tokopedia. Jurnal Hukum Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
  7. H. Suhartono. (2010). Transaksi E-Commerce Syariah (Suatu Kajian terhadap Perniagaan Online dalam Perspektif Hukum Perikatan Islam). Mimbar Hukum Dan Peradilan, No.72.
  8. Hamidah, P. V. (2022). Sistem Flash Sale pada E-Commerce Shopee dalam Perspektif Hukum Islam. Skripsi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
  9. Hasil Wawancara Kuisioner Kepada Konsumen Flash Sale di Aplikasi Shopee. (2023).
  10. Iman, N. (2020). Mengenal E-Commerce. www.NovieIman.com.
  11. Luqman, M. F. L. (2021). Urgensi Konsep Perlindungan Konsumen Terhadap Program Flash Sale Pada Marketplace Shopee. Journal of Islamic Business Law.
  12. Melina, N. F. (2021, December 30). Tren Belanja Online Melonjak di Indonesia Jelang 2022, UMKM Ini Alami Kenaikan Omzet!. https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/12/30/tren-belanja-online-melonjak-di-indonesia-jelang-2022-umkm-ini-alami-kenaikan-omzet
  13. Melindah, D. (2022). Perspektif Hukum Ekonomi Syariah Dalam Jual Beli Dengan Metode Cash On Delivery (COD) Di E-Commerce Shopee. Skripsi Mahasiswa STAI Al-Musaddadiyah Garut.
  14. Munawaroh, L. (2021). Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Transaksi Flash Sae Melalui Clearance Day Dalam Big Sale Shopee.com. Skripsi Mahasiswa Universitas Nadlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
  15. Palang Karya. (2020). Hukum Dalam Ekonomi Islam. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/101/3/BAB II %28LS%29.pdf
  16. Prawiro. (2021, March 17). Pengertian E-Commerce. https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/internet/pengertian-e-commerce.html
  17. Purwanto, M. A. (2020). Flash Sale Pada Situs Electronic Commerce Lazada dan Bukalapak dalam Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif Indonesia. Tesis Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
  18. Rachmat, S. (2001). Fiqih Muamalah. Bandung: Pustaka Setia.
  19. Rahmanto, A. A. (2022, February 2). Ilmu Ekonomi. https://berekonomi.com/ekonomi-islam/
  20. Rizal, A. (2022). Pengaruh Flash Sale dan Tagline Gratis Ongkir Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Febiiain Padangsidimpuan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Institut Agama Islam Negeri Padangsimpuan.
  21. Shobirin. (2016). Jual Beli Dalam Pandangan Islam. Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam.
  22. Shopee. (2015, February 5). Peraturan Komunitas Shopee. https://shopee.co.id/?communityRules/
  23. Shopee Karier. (2015, February 5). Tentang Shopee - Karir | Shopee Indonesia. https://careers.shopee.co.id/about
  24. Sugianto, O. (2020, April). Penelitian Kualitatif, Manfaat dan Alasan Penggunaaan. https://binus.ac.id/bandung/2020/04/penelitian-kualitatif-manfaat-dan-alasan-penggunaan/
  25. Syaripudin, E. I., Furkony, D. K., Sulthonuddin, B. H., Hamid, A., & Mudharabah, S. (2022). Sukuk dalam perspektif hukum ekonomi syariah. Jurnal J-Hesy.
  26. Syaripudin, E. I., & Izzan Ahmad, S. W. (2022). Praktik Jual Beli Dengan Sistem Pre Order Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah (Studi Kasus Di Toko Online HelloByl_Aesthetic). Jurnal J-Hesy.
  27. Syaripudin, E. I. M., & Nurul, A. (2022). Mekanisme Transaksi Gadai Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah. Jurnal J-Hesy.
  28. Syaripudin, E. I., & Putri, M. T. (2022). Kajian Kategori Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah. Jurnal J-Hesy.
  29. Tim Laskar Pelangi. (2015). Metodologi Fiqih Muamalah Diskursus Metodologis Konsep Interaksi Sosial Ekonomi. Lirboyo Press.
  30. Virgiawan, R. D. (2020). Flash Sale pada E-Commerce dalam Konteks Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia. Skipsi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidatullah Jakarta.
  31. Wikipedia. (2022, February 18). Shopee. https://id.wikipedia.org/wiki/Shopee
  32. Yanti, F. (2019). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual beli dengan Model Periklanan Di Shopee. Skripsi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.