Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini di latar belakangi dengan melakukan observasi awal pada tanggal 11 Oktober 2023 di lembaga PAUD AL-Islam Riyadhul Irfan yang beralamatkan di Kp. Cikaso RT 02 RW 08 Desa Rancasalak Kadungora Kabupaten Garut. Di PAUD tersebut kemampuan literasi finansial pada anak usia 5-6 tahun masih tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan data pada saat observasi awal yang dilakukan oleh peneliti yang dimana data Pengetahuan anak usia 5-6 tahun tentang konsep uang dan keterampilan untuk mengenali ragam jenis uang Berkembang 53,84% = 7 Orang, Layak 46,15= 6 Orang Cakap 0 Mahir 0. Literasi itu sangat penting dimiliki oleh setiap individu baik itu orang tua, remaja , bahkan oleh anak usia dini sekalipun. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ATM SIARI sebagai media dalam belajar literasi finansial Anak Usia Dini, serta untuk mengetahui kelayakan dari ATM SIARI sebagai media pembelajaran dalam literasi finansial Anak Usia Dini. Penelitian ini merupakan penelitian R&d yang mengadopsi pengembangan dari Borg and Gall, subjek dalam penelitian ini adalah PAUD Al-Islam Riyadhul Irfan usia 5-6 tahun dan PAUD Sabilulungan usia 5-6 tahun dengan instrument pengumpulan data berupa angket yang divalidasi oleh beberapa ahli, yaitu: ahli materi, dan ahli media untuk menguji kualitas dari ATM SIARI juga dilakukan beberapa tahap uji coba, yaitu: uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar untuk mengetahui kualitas dari ATM SIARI, jenis data yang dihasilkan kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kualitas dari Media ATM SIARI yang dikembangkan. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa ATM SIARI sebagai media pembelajaran berdasarkan penelitian ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 4 dengan kategori sangat tepat penilaian ahli media mendapatkan nilai rata-rata 3 dengan kategori tepat penilaian dalam uji coba perorangan mendapatkan nilai pre-test 5,2 dan nilai postest 15 maka media ATM SIARI berpengaruh untuk belajar literasi finansial anak usia dini. Uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai T hitung yang lebih besar dari t tabel yaitu 53,97>1,710 Maka, terdapat pengaruh yang signifikan. Dan uji coba kelompok besar mendapatkan nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel yaitu 149,481>1,710 maka terdapat pengaruh yang signifikan dan media ATM SIARI ini layak untuk di gunakan dalam belajar literasi finansial anak usia dini.
Kata Kunci : Media ATM SIARI, Anak Usia Dini, Literasi Finansial
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking )
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
- Handayani, R., Priyayi, D. F., & Hastuti, S. P. (2020). The development of acrylic board game “Cytozzle” as a learning media on subject matter of cells. Jurnal Bioedukatika, 8(3), 167. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v8i3.17231
- i Sri Wachjuningsih, P., & Saifuddin Zuhri Purwokerto, U. K. (2022). Peluang dan Tantangan Manajemen Pendidikan Islam di Era Millenial. 1, 73–79. https://doi.org/10.24090/snpsi.2022.213
- Jubaedah, E., & Nurfadilah, S. (2022). Penerapan Metode Total Physical Respons (TPR) Melalui Kegiatan Gerak Lagu Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Usia Dini Kelompok A Di Raudhatul Athfal (RA) Ma’arif Al-Ikhlas. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 1(1), 1–8. https://doi.org/10.37968/anaking.v1i1.219
- Maria, A., & Salamah, A. (2022). Pengaruh Literasi Agama terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran PAI Materi Akhlak di Kelas XI MIPA 2 SMAN 14 Garut. Jurnal Masagi, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.37968/masagi.v1i1.279
- MEDIA-PEMBELAJARAN-ANAK-USIA-DINI.pdf. (n.d.).
- Okpatrioka. (2023). Research And Development ( R & D ) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.
- Otoritas Jasa Keuangan. (2020). Menumbuhkan Kecakapan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini. Otoritas Jasa Keuangan, 1, 1–42. https://ojk.go.id
- Otoritas Jasa Keuangan. (2021). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021 - 2025. Ojk.Go.Id, 1–130. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Strategi-Nasional-Literasi-Keuangan-Indonesia-2021-2025.aspx
- Vastukara, J. (2022). Efektivitas terhadap pengguna atm mengenai saat melakukan transaksi terkait lokasi atm. 2(1).
Referensi
Handayani, R., Priyayi, D. F., & Hastuti, S. P. (2020). The development of acrylic board game “Cytozzle” as a learning media on subject matter of cells. Jurnal Bioedukatika, 8(3), 167. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v8i3.17231
i Sri Wachjuningsih, P., & Saifuddin Zuhri Purwokerto, U. K. (2022). Peluang dan Tantangan Manajemen Pendidikan Islam di Era Millenial. 1, 73–79. https://doi.org/10.24090/snpsi.2022.213
Jubaedah, E., & Nurfadilah, S. (2022). Penerapan Metode Total Physical Respons (TPR) Melalui Kegiatan Gerak Lagu Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Usia Dini Kelompok A Di Raudhatul Athfal (RA) Ma’arif Al-Ikhlas. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 1(1), 1–8. https://doi.org/10.37968/anaking.v1i1.219
Maria, A., & Salamah, A. (2022). Pengaruh Literasi Agama terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran PAI Materi Akhlak di Kelas XI MIPA 2 SMAN 14 Garut. Jurnal Masagi, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.37968/masagi.v1i1.279
MEDIA-PEMBELAJARAN-ANAK-USIA-DINI.pdf. (n.d.).
Okpatrioka. (2023). Research And Development ( R & D ) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.
Otoritas Jasa Keuangan. (2020). Menumbuhkan Kecakapan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini. Otoritas Jasa Keuangan, 1, 1–42. https://ojk.go.id
Otoritas Jasa Keuangan. (2021). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021 - 2025. Ojk.Go.Id, 1–130. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Strategi-Nasional-Literasi-Keuangan-Indonesia-2021-2025.aspx
Vastukara, J. (2022). Efektivitas terhadap pengguna atm mengenai saat melakukan transaksi terkait lokasi atm. 2(1).