Isi Artikel Utama

Abstrak

Peneliti mengangkat judul berdasarkan hasil observasi awal di TK Al-Barokah Sucinaraja-Garut mengenai kemampuan menghafal surat-surat pendek anak usia 5-6 tahun yang menunjukkan belum berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Tikrar dalam meningkatkan kemampuan menghafal surat pendek pada anak  usia 5 sampai 6 tahun di TK Al-Barokah, Sucinaraja-Garut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kelas (PTK) dilaksanakan dalam tiga siklus penelitian tindakan kelas (classroom action research), dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat pendek anak usia 5-6 tahun di TK Al-Barokah Sucinaraja-Garut, dengan jumlah anak 10 orang anak. Hasil penelitian Pada siklus I minggu pertama peneliti mulai penerapan metode Tikrar pada surat Al-Lahab diulang setiap hari selama satu minggu berturut-turut pada kegiatan awal sebelum inti pembelajaran, minggu kedua penerapan metode pada surat An-Nasr, pada siklus II minggu ketiga penerapan metode pada surat Al-Kafirun, dan pada minggu keempat penarikan hafalan, pada penarikan hafalan dilakukan satu persatu-satu anak sehingga terlihat perkembangan kemampuan menghafal jika di bandingkan sebelum menggunakan metode Tikrar. Pada minggu keempat ini, rata-rata jumlah surat pendek yang diingat anak mengalami peningkatan yang signifikan. menunjukkan bahwa metode tikrar efektif digunakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat pendek pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Barokah, Sucinaraja- Garut. Penerapan metode ini tidak hanya meningkatkan jumlah surat-surat pendek yang dihafal dengan benar, tetapi juga memperbaiki motivasi belajar anak-anak dan mendapat tanggapan positif dari orang tua.


Keyword : Efektivitas, Kemampuan Menghafal, dan Metode Tikrar.

Kata Kunci

Efektivitas, Kemampuan Menghafal, dan Metode Tikrar Effectiveness, Memorization Ability, and Tikrar Method.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Widari, I., & Sugihartini, I. (2025). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surat-Surat Pendek Melalui Metode Tikrar Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al-Barokah, Sucinaraja-Garut. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 3(2), 43–47. https://doi.org/10.37968/anaking.v3i2.830

Referensi

  1. Ani Widayati. (2019). METODOLOGI PENELITIAN A.
  2. Anwar, K., & Hafiyana, M. (2018). Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal al-Quran. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 181–198. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.71
  3. Anwar, M. A. (1975). Prinsip-prinsip Metodologi Researc. Sumbangsih.
  4. Aryanti, Y., & Lutfatulatifah. (2015). Motivasi Orang Tua Memasukkan Anaknya Ke Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Prosiding Simposium Nasional Riset Pendidikan 11 Tahun 2015 �Guru Transformatif Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik�.
  5. Djajadi, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Arti Bumi Intaran.
  6. Dr.Sugiono, P. (2019). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.
  7. Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824
  8. Saifullah, I., Garut, U., Husyaeni, N., Fitri, N., Garut, U., Fatonah, N., & Garut, U. (2022). Pengaruh Pelaksanaan Metode Tikrar Terhadap Hafalan Al-Quran Peserta Didik di Al-Furqon Muhammadiyah Boarding School Cibiuk-Garut. 3(02), 149–165.
  9. Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.