Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan melakukan observasi awal pada tanggal 06 maret 2024 di lembaga di TK Al-Mukhlis. Paud tersebut merupakan sekolah pengerak PAUD angkatan III kabupaten Garut. TK Al-Mukhlis telah mengimpelemntasikan kurikulum merdeka  diawal tahun 2023. Tujuan dari  penelitian ini adalah terdeskripsikan Implementasi kurikulum merdeka di TK Al-Mukhlis Tarogong Kaler Garut, terdeskripsikan hambatan dan tantanganyang dihadapi di TK Al-Mukhlis Tarogong Kaler Garut dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Adapun jenis metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang mengambarkan peristiwa yang dihadapi. Adapaun pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Untuk teknik analisa data yang digunakan adalah, reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian di TK Al-Mukhlis Tarogong Kaler Garut telah mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan mengunakan 5 langkah yaitu,menyusun karakteristik, menyusun visi,misi, dan tujuan, merencanakan TP,ATP,Assemen,menyusun pengorganisasian, merencanakan sistem pendampingan, evaluasi, dan pengembangan professional, hambatan dan tantangan yang dihadapi, guru kesusahan saat mencari referensi untuk menentukan modul ajar waktu pelatiahan yang singkat hanya 2 minggu secara online menjadi tantangan baru bagi guru.


Kata kunci: Anak Usia Dini; implementasi; kurukulum merdeka

Kata Kunci

Anak Usia Dini Implementasi Kurikulum Merdeka Early Childhood implementation

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Aliyah, S., & Amalia, L. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Di TK Al-Mukhlis Tarogong Kaler Garut. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 3(1), 46–54. https://doi.org/10.37968/anaking.v3i1.804

Referensi

  1. Achruh, Andi, ‘Komponen Dan Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.6 (2022), 1707–1715 2021
  2. Asri, M., ‘Dinamika Kurikulum Di Indonesia. Modelling’:, Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 192–202.2017
  3. Muadz, M., PENGEMBANGAN MODEL OPTIMALISASI PEMANFAATAN PMM DALAM IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR MELALUI LOKAKARYA BAGI SATUAN PENDIDIKAN JENJANG SD DI KOTA BATU., . . Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2022, 2(2)
  4. Mubarak, Dr. H.A. Zaki, Desain Kurikulum Merdeka Era Revolusi 4.0, (Jakarta: Penyelaras Aksara, 2022)
  5. Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U., ‘Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini’, Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 143–58 2022
  6. BGP sumatra Barat, ‘Implementasi-Kurikulum-Merdeka Sebagai Opsi Satuan Pendidikan Dalam dalam pemilihan pembelajaran tahun 2022-2024