Isi Artikel Utama

Abstrak

Judul ini diangkat peneliti berdasarkan hasil observasi awal kemampuan motorik halus anak di kelompok A RA PERSIS 55 Pangatikan Garut yang masih belum berkembang dengan baik. Diantara permasalahan tersebut yaitu anak masih kesulitan untuk mengontrol otot-otot halusnya seperti belum bisa memegang pensil, membuat garis atau bulatan serta tangan anak masih sangat kaku saat digenakan.Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan peningkatan kemampuan motorik halus anak di kelompok A RA PERSIS 55 Pangatikan Kabupaten Garut melalui permainan trackball. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualititatif. Objek penelitian ini yaitu meningkatnya kemampuan motorik halus anak usia dini di kelompok A1 RA PERSIS 55 Pangatikan Kabupaten Garut, dengan jumlah anak sebanyak 10 orang anak. Hasil analisis data menunjukan bahwa permainan trackball pada perkembangan motorik halus di kelompok A1 RA PERSIS 55 Pangatikan Kabupaten Garut. menunjukan dampak yang signifikan terkait dengan perkembangan motorik halus siswa siswi , dilihat dari hasil persentase menunjukan nilai akhir yaitu BB 0%, MB 0%, BSH 20% dan BSB 80% hasil tersebut di dapatkan setelah melewati pratindakan, siklus I dan siklus II.


Kata Kunci: Motorik Halus, Permainan Trackball, Anak;

Kata Kunci

Anak Motorik Halus Permainan Trackball Children Fine Motoric Trackball Game

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Widari, I., & Fauziah, N. H. (2024). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Trackball Di Kelompok A RA PERSIS 55 Pangatikan Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 3(1), 91–97. https://doi.org/10.37968/anaking.v3i1.763

Referensi

  1. Anisa Dian Pertiwi, Hukmi, Febrialismanto, ‘Pengembangan Media Trackball Untuk Kemampuan Mengenal Grafik Anak Usia 5-6 Tahun’, Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3.2 (2020), 180–88 <https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1215>
  2. Dr.Sugiono, Prof., Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, 2nd edn (Bandung: Alfabeta, 2019)
  3. Kamelia, Nur, ‘Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak ) Stppa Tercapai Di Ra Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta’, Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2.2 (2019), 112 <https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9064>
  4. M. Fadillah, M.Pd.I., BERMAIN & PERMAINAN ANAK USIA DINI, 3rd Edn (Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP, 2019)
  5. Setiani, Riris Eka, ‘Memahami Pola Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini’, INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 18.3 (2013), 455–70 <https://doi.org/10.24090/insania.v18i3.1472>