Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan literasi anak di indonesia berdasarkan hasil tes PISA 2023, bahwa masih ada 70 persen siswa Indonesia yang memiliki tingkat literasi di bawah standar minimum yang ditetapkan. Permasalahan serupa peneliti jumpai di RA Al Barokah yang tingkat kemampuan literasi numerasinya masih berada pada kategori rendah yaitu 25,46%. Peneliti mengupayakan peningkatan kemampuan literasi numerasi anak usia 5-6 tahun menggunakan media loose part. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran peningkatan kemampuan literasi numerasi anak usia 5-6 tahun menggunakan media loose part di RA Al Barokah, dan untuk mendapatkan gambaran signifikansi media loose part sebagai salah satu media untuk membantu anak dalam memahami konsep aljabar, bilangan, geometri, pengukuran dan analisis data. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif analisis dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media loose part dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi anak usia 5-6 tahun di RA Al Barokah menunjukkan dampak yang signifikan, dilihat dari persentase keberhasilan yang mencapai 100% setelah diberikannya tindakan Siklus I, Siklus II, dan Siklus III, dimana pada setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan.
Kata kunci : Anak Usia Dini, Literasi Numerasi, Media Loose Part
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking )

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Afnida, M., & Suparno, S. (2020). Literasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi dan Praktik Guru di Prasekolah Aceh. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 971. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.480
- Budi Wardhani, Ellysa Surya Adi, Nindyah Rengganis, L. M. F., & Wiwik Chitra Pratiwi, R. W. (2021). Pengembangan Numerasi untuk Anak Usia 3-6 Tahun. 1–54.
- Daryanto dan Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21 (Cet.I). Penerbit Gava Media.
- Gerald, F. (2022). 70 Persen Anak Indonesia Memiliki Tingkat Literasi Di Bawah Standar Minimum Berdasarkan Tes PISA. Liputan6.Com.
- Halim, M. O. L. and A. K. (2022). Penggunaan Media Loose Part Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di PAUD Tunas Harapan. Family Education, 2.3, 271–279.
- Imam Al Qurthubi. (2009). Al Jami’ Li Ahkam Al Qur’an. In D. M. Hifnawi, Tafsir Al Qurthubi. Pustaka Azzam.
- Maghfhirah, S., & Maemonah. (2019). Pemikiran Behaviorisme dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 89–110.
- Manguni, D. W. (2022). Teknik Membaca Scanning Dalam Pengembangan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Anak Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 59–70.
- Mardiyah, L., & Hambali, H. (2022). Penggunaan media loose parts untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini. JOTE: Journal on Teacher Education, 4(1), 338.
- Marinda, L. (2020). Kognitif dan Problematika. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152.
- Mu’alimin, & Hari, R. A. C. (2014). Penelitian tindakan kelas Teori dan Praktek. Ganding, 44(8), 1–87. http://eprints.umsida.ac.id/4119/1/BUKU PTK PENUH.pdf
- Novrani, A., Caturwulandari, De., Purwestri, D., Annisa, E., & Faridah, I. (2021). Pengembangan Literasi untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Buku Saku, 64. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20220709_130107.pdf
- Sabrina, M. (2021). PENGARUH MEDIA LOOSE PARTS TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK DI KELOMPOK B2 TK BINA ANAK DI KELOMPOK B2 TK BINA ANAK BANGSA PALU. Skripsi, 1–131.
- Siswanto, S., Zaelansyah, Z., Susanti, E., & Fransiska, J. (2019). Metode Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Generasi Unggul Dan Sukses. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 35–44. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i2.1295
- Trianingsih, D. (2022). MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA LOOSE PARTS DI TAMAN KANAK-KANAK HARNIATUN ARRAZZAAQ BANDAR LAMPUNG. Skripsi, 8.5.2017, 1–59.
- Wilyanita, N., Rahayu, S., & Hariati, M. (2024). Pengaruh Media Loose Parts terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1705–1712. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/12634/9699
- Zaini, A. (2019). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656
Referensi
Afnida, M., & Suparno, S. (2020). Literasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi dan Praktik Guru di Prasekolah Aceh. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 971. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.480
Budi Wardhani, Ellysa Surya Adi, Nindyah Rengganis, L. M. F., & Wiwik Chitra Pratiwi, R. W. (2021). Pengembangan Numerasi untuk Anak Usia 3-6 Tahun. 1–54.
Daryanto dan Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21 (Cet.I). Penerbit Gava Media.
Gerald, F. (2022). 70 Persen Anak Indonesia Memiliki Tingkat Literasi Di Bawah Standar Minimum Berdasarkan Tes PISA. Liputan6.Com.
Halim, M. O. L. and A. K. (2022). Penggunaan Media Loose Part Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di PAUD Tunas Harapan. Family Education, 2.3, 271–279.
Imam Al Qurthubi. (2009). Al Jami’ Li Ahkam Al Qur’an. In D. M. Hifnawi, Tafsir Al Qurthubi. Pustaka Azzam.
Maghfhirah, S., & Maemonah. (2019). Pemikiran Behaviorisme dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 89–110.
Manguni, D. W. (2022). Teknik Membaca Scanning Dalam Pengembangan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Anak Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 59–70.
Mardiyah, L., & Hambali, H. (2022). Penggunaan media loose parts untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini. JOTE: Journal on Teacher Education, 4(1), 338.
Marinda, L. (2020). Kognitif dan Problematika. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152.
Mu’alimin, & Hari, R. A. C. (2014). Penelitian tindakan kelas Teori dan Praktek. Ganding, 44(8), 1–87. http://eprints.umsida.ac.id/4119/1/BUKU PTK PENUH.pdf
Novrani, A., Caturwulandari, De., Purwestri, D., Annisa, E., & Faridah, I. (2021). Pengembangan Literasi untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Buku Saku, 64. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20220709_130107.pdf
Sabrina, M. (2021). PENGARUH MEDIA LOOSE PARTS TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK DI KELOMPOK B2 TK BINA ANAK DI KELOMPOK B2 TK BINA ANAK BANGSA PALU. Skripsi, 1–131.
Siswanto, S., Zaelansyah, Z., Susanti, E., & Fransiska, J. (2019). Metode Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Generasi Unggul Dan Sukses. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 35–44. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i2.1295
Trianingsih, D. (2022). MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA LOOSE PARTS DI TAMAN KANAK-KANAK HARNIATUN ARRAZZAAQ BANDAR LAMPUNG. Skripsi, 8.5.2017, 1–59.
Wilyanita, N., Rahayu, S., & Hariati, M. (2024). Pengaruh Media Loose Parts terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1705–1712. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/12634/9699
Zaini, A. (2019). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656