Isi Artikel Utama
Abstrak
Mengenal Konsep Angka bagi anak usia dini merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan yang perlu ditingkatkan karena sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup seorang individu dimasa yang akan datang. Pada penelitian ini yang menjadi latar belakangnya adalah ada beberapa faktor yang menjadi penghambat dalam pengenalan konsep angka terdapat pada proses pembelajaran yang belum menggunakan metode yang bervariatif serta terbatasnya media pembelajaran, sehingga kurang berkembang. Permasalahan serupa peneliti jumpai di Kober Al-Barokah yang dimana pengenalan konsep angka anak kurang berkembang. Maka dari itu perlu dilakukan tindakan dalam peningkatan pada pengenalan konsep angka anak . Peneliti mengupayakan peningkatan pada peningkatan konsep angka yaitu dengan menggunakan media jam analog digital . Jam Analog Digital merupakan media yang dapat membantu anak untuk mengenal konsep angka karena pada jam tersebut terdapat beberapa angka, dengan media jam yang beragam serta model yang menarik dapat meningkatkan minat anak dalam mengikuti pembelajaran dan anak mudah memahami setiap kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan, bagaimana peningkatan dalam mengenal konsep angka di Kober Al-Barokah, bagaimana cara penerapan media jam analog digital dalam pembelajaran tema lingkungan sekitar di Kober Al-Barokah serta bagaimana peningkatan konsep angka anak melalui media jam analog digital. Terlepas dari itu peneliti dapat mengetahui sejauh mana efektifitas peningkatan konsep angka anak (variabel Y) melalui media jam analog digital (variabel X). Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas atau PTK dengan desain Kemmis dan Taggart serta menggunakan metode kualitatif dengan jumlah peserta didik 15 anak dengan 7 subjek laki-laki dan 8 subjek perempuan. Subjek penelitian ini yaitu kelompok A di Kober Al-Barokah dengan usia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Berdasarkan pemerolehan observasi yang sudah dilakukan, konsep angka anak usia dini di Kober Al-Barokah terdapat 26,6% dengan kategori anak berkembang sesuai harapan. Ketika melakukan tindakan pada siklus I belum ada peningkatan karena masih menggunakan media yang sama dan hasil persentase masih 26,6%, pada siklus II meningkat menjadi 46,6% dan siklus III meningkat menjadi 80% dengan kategori berkembang sangat baik dan 20% dengan kategori berkembang sesuai harapan. Hal ini menunjukan peningkatan yang signifikan pada pengenalan konsep angka menggunakan media jam analog digital di kelompok A Kober Al-Barokah dengan perolehan persentasi 100% anak berkembang.
Kata Kunci : Anak Usia Dini, Mengenal Konsep Angka, Jam Analog Digital
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking )

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Abidatul, C. (2019). Anak Usia Dini Dalam Pandangan Al-Quran, Al-Hadist Serta Pendapat Ulama. Mafhum (Jurnal Ilmu Al-Qu’ran Dan Tafsir Program Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir), 4(1), 1–8.
- Ahmad Tafsir. (2011). Ilmu Pendidikan Islam dalam Perspektif Islam,. PT Remaja Rosda Karya,.
- Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824
- Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1.
- QUR’AN KEMENAG. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. https://pustakalajnah.kemenag.go.id/
- Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
- Sumitra, A., & Sumini, N. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 115–120. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.115-120
- Sutoyo. (2021). Teknik Penulisan Tindakan Kelas. Kurnia Solo.
- Triyanti, T. R. A., Jamil, Z. A., & Amrindono, A. (2020). Upaya Meningkatkan Nilai-Nilai Moral Dan Agama Melalui Metode Bercerita Di Taman Kanak-Kanak Para Bintang Kecamatan Alam ….
- Yulistiana, R. (2017). Upaya Pengembangan Mengenal Angka 1 - 10 Pada Anak Di Taman Kanak Kanak Kesuma Tanjung Karang Barat Bandar Lampung. Informatika, 6(1), 33–89.
Referensi
Abidatul, C. (2019). Anak Usia Dini Dalam Pandangan Al-Quran, Al-Hadist Serta Pendapat Ulama. Mafhum (Jurnal Ilmu Al-Qu’ran Dan Tafsir Program Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir), 4(1), 1–8.
Ahmad Tafsir. (2011). Ilmu Pendidikan Islam dalam Perspektif Islam,. PT Remaja Rosda Karya,.
Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1.
QUR’AN KEMENAG. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. https://pustakalajnah.kemenag.go.id/
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumitra, A., & Sumini, N. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 115–120. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.115-120
Sutoyo. (2021). Teknik Penulisan Tindakan Kelas. Kurnia Solo.
Triyanti, T. R. A., Jamil, Z. A., & Amrindono, A. (2020). Upaya Meningkatkan Nilai-Nilai Moral Dan Agama Melalui Metode Bercerita Di Taman Kanak-Kanak Para Bintang Kecamatan Alam ….
Yulistiana, R. (2017). Upaya Pengembangan Mengenal Angka 1 - 10 Pada Anak Di Taman Kanak Kanak Kesuma Tanjung Karang Barat Bandar Lampung. Informatika, 6(1), 33–89.