Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman berfikir logis kelompok B RA Al Hidayah Garut Tahun ajaran 2023/2024 masih tergolong rendah dengan persentase 90% dari total 18 orang anak belum memahami betfikir logis. Diantaranya 7 anak belum berkembang (BB), 5 anak mulai berkembang (MB), 4 anak berkembang sesuai harapan, dan hanya 2 anak berada pada kategori berkembang sangat baik (BSB). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan menggunakan metode permainan finding treasure terdapat peningkatan pemahaman berfikir logis anak usia dini. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis MC dan Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan prosedur perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan berfikir logis anak meningkat di setiap siklusnya. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan metode permainan finding treasure dapat meningkatkan kemampuan berfikir logis anak usia dini pada anak kelompok B di RA Al Hidayah Garut. Hal ini ditandai dengan peningkatan persentase keberhasilan anak yang awalnya 33,3%, meningkat pada siklus I menjadi 55,5%, siklus II meningkat menjadi 88,9%, dan pada siklus III menjadi 94,4%.
Kata kunci: Berfikir Logis; Metode Permainan finding treasure ; Pendidikan Anak Usia Dini
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking )
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
- Anam S, Mohammad, and Wasis D Dwiyogo, ‘Teori Belajar Behavioristik DAnam S, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Teori Belajar Behavioristik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Malang, 2.an Implikasinya Dalam Pembelajaran’, Universitas Negeri Malang, 2019, 2 <https://cdn-gbelajar.simpkb.id/s3/p3k/Pedagogi/Artikel/TEORI_BELAJAR_BEHAVIORISTIK_DAN_IMPLIKAS.pdf>
- Eksperimen, Metode, and Kemampuan Berpikir Logis, ‘MELALUI KEGIATAN BERMAIN WARNA Nia Indah Purnamasari STAI YPBWI Surabaya Nur Arifah Yusma STAI YPBWI Surabaya Kata Kunci : Kegiatan Bermain Warna , Metode Eksperimen , Pendahuluan Kemampuan Kognitif Anak Di Taman Kanak-Kanak Pada Umumnya Masih Jauh Dari S’, 1 (2021), 37–70
- Hidayah, Rifka Nur, ‘Upaya Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Labirin Di Ra Imama Mijen Semarang’, 2020
- Hidayah, Rohmatun Nurul, ‘Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Ki Hajar Dewantara’, Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 9.2 (2019), 1
- Ii, B A B, A Kajian Teori, and Pengertian Bermain, ‘No Title’, 2012, 7–20
- Marietta, Febriana, and Sri Watini, ‘Implementasi Model ATIK Dalam Pembelajaran Motorik Halus Melalui Media Origami Di Taman Kanak Kanak’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5.8 (2022), 3053–59 <https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.794>
- Masruroh, Ulfatul, Endang Susantini, and Dan Yuliani, ‘Pengembangan Media Permainan Penemuan Harta Karun Finding Treasure Pada Sub Pokok Bahasan Respirasi Sel the Development of Finding Treasure Game Media in Cell Respiration Subtopic’, Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 3.2 (2014), 347–51 <http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu>
Referensi
Anam S, Mohammad, and Wasis D Dwiyogo, ‘Teori Belajar Behavioristik DAnam S, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Teori Belajar Behavioristik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Malang, 2.an Implikasinya Dalam Pembelajaran’, Universitas Negeri Malang, 2019, 2 <https://cdn-gbelajar.simpkb.id/s3/p3k/Pedagogi/Artikel/TEORI_BELAJAR_BEHAVIORISTIK_DAN_IMPLIKAS.pdf>
Eksperimen, Metode, and Kemampuan Berpikir Logis, ‘MELALUI KEGIATAN BERMAIN WARNA Nia Indah Purnamasari STAI YPBWI Surabaya Nur Arifah Yusma STAI YPBWI Surabaya Kata Kunci : Kegiatan Bermain Warna , Metode Eksperimen , Pendahuluan Kemampuan Kognitif Anak Di Taman Kanak-Kanak Pada Umumnya Masih Jauh Dari S’, 1 (2021), 37–70
Hidayah, Rifka Nur, ‘Upaya Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Labirin Di Ra Imama Mijen Semarang’, 2020
Hidayah, Rohmatun Nurul, ‘Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Ki Hajar Dewantara’, Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 9.2 (2019), 1
Ii, B A B, A Kajian Teori, and Pengertian Bermain, ‘No Title’, 2012, 7–20
Marietta, Febriana, and Sri Watini, ‘Implementasi Model ATIK Dalam Pembelajaran Motorik Halus Melalui Media Origami Di Taman Kanak Kanak’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5.8 (2022), 3053–59 <https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.794>
Masruroh, Ulfatul, Endang Susantini, and Dan Yuliani, ‘Pengembangan Media Permainan Penemuan Harta Karun Finding Treasure Pada Sub Pokok Bahasan Respirasi Sel the Development of Finding Treasure Game Media in Cell Respiration Subtopic’, Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 3.2 (2014), 347–51 <http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu>