Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman berfikir logis kelompok B RA Al Hidayah Garut Tahun ajaran 2023/2024 masih tergolong rendah dengan persentase 90% dari total 18 orang anak belum memahami betfikir logis. Diantaranya 7 anak belum berkembang (BB), 5 anak mulai berkembang (MB), 4 anak berkembang sesuai harapan, dan hanya 2 anak berada pada kategori berkembang sangat baik (BSB). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan menggunakan metode permainan finding treasure terdapat peningkatan pemahaman berfikir logis anak usia dini. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan  model  Kemmis  MC  dan  Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan prosedur perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan berfikir logis anak meningkat di setiap siklusnya. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan metode permainan  finding treasure dapat meningkatkan kemampuan berfikir logis anak usia dini pada anak kelompok B di RA Al Hidayah Garut. Hal ini ditandai dengan peningkatan persentase keberhasilan anak yang awalnya 33,3%, meningkat pada siklus I menjadi 55,5%, siklus II meningkat menjadi 88,9%, dan pada siklus III menjadi 94,4%.


Kata kunci: Berfikir Logis; Metode Permainan finding treasure ; Pendidikan Anak Usia Dini

Kata Kunci

Berfikir Logis Metode Permainan finding treasure Pendidikan Anak Usia Dini Logical Thinking finding Treasure Early Chidhood Education

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pratiwi, S., & Patonah, P. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Logis Melalui Permainan Finding Treasure Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal Al Hidayah Kecamatan Karangpawitan. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 3(1), 17–28. https://doi.org/10.37968/anaking.v3i1.728

Referensi

  1. Anam S, Mohammad, and Wasis D Dwiyogo, ‘Teori Belajar Behavioristik DAnam S, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Teori Belajar Behavioristik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Malang, 2.an Implikasinya Dalam Pembelajaran’, Universitas Negeri Malang, 2019, 2 <https://cdn-gbelajar.simpkb.id/s3/p3k/Pedagogi/Artikel/TEORI_BELAJAR_BEHAVIORISTIK_DAN_IMPLIKAS.pdf>
  2. Eksperimen, Metode, and Kemampuan Berpikir Logis, ‘MELALUI KEGIATAN BERMAIN WARNA Nia Indah Purnamasari STAI YPBWI Surabaya Nur Arifah Yusma STAI YPBWI Surabaya Kata Kunci : Kegiatan Bermain Warna , Metode Eksperimen , Pendahuluan Kemampuan Kognitif Anak Di Taman Kanak-Kanak Pada Umumnya Masih Jauh Dari S’, 1 (2021), 37–70
  3. Hidayah, Rifka Nur, ‘Upaya Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Labirin Di Ra Imama Mijen Semarang’, 2020
  4. Hidayah, Rohmatun Nurul, ‘Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Ki Hajar Dewantara’, Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 9.2 (2019), 1
  5. Ii, B A B, A Kajian Teori, and Pengertian Bermain, ‘No Title’, 2012, 7–20
  6. Marietta, Febriana, and Sri Watini, ‘Implementasi Model ATIK Dalam Pembelajaran Motorik Halus Melalui Media Origami Di Taman Kanak Kanak’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5.8 (2022), 3053–59 <https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.794>
  7. Masruroh, Ulfatul, Endang Susantini, and Dan Yuliani, ‘Pengembangan Media Permainan Penemuan Harta Karun Finding Treasure Pada Sub Pokok Bahasan Respirasi Sel the Development of Finding Treasure Game Media in Cell Respiration Subtopic’, Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 3.2 (2014), 347–51 <http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu>