Isi Artikel Utama
Abstrak
Secara umum diketahui kegiatan di RA Nurul Huda selama ini lebih menekankan pada kemampuan teknis membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Aplikasi Marbel hurup terhadap motivasi belajar dan kemampuan mengenal hurup pada anak usia dini. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dimana penelitian kuantitatif lebih mementingkan kedalaman data dan dapat merekam data sebanyak-banyaknya. Hasil penelitian yang telah dilakukan memperoleh nilai yang siginifikan, dimana nilai uji koefisien determinasi (R2) post-test 69.2% lebih tinggi dari pada nilai pre-test 40.8%. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh Aplikasi Marbel huruf (X) terhadap motivasi belajar (Y1) dan kemampuan mengenal huruf (Y2) pada anak usia dini.
Kata kunci: Aplikasi Marbel Huruf, Motivasi Belajar, Kemampuan Mengenal Huruf, Anak Usia Dini
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking )
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
- Adam Ardisasmita, ‘Belajar Alfabet Menggunakan Smartphone Dengan Aplikasi Marbel Huruf’, 2015 [accessed 12 October 2023].
- Arsyad Said Salwanur, Syafruddin, ‘Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Kartu Kata Pada Anak Kelompok A Paud Terpadu Qalbun Salim Kalukubula Kabupaten Sigi’, 43.1 (2021), 119–28.
- Aulina, Choirun Nisak, ‘Penerapan Metode Whole Brain Teaching Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2.1 (2018), 1 <https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.1> 2018)
- Dini, Anak Usia, ‘Jurnal Anak Bangsa’, 2, 238–48 2023)
- F Firman and D Desyandri, ‘Pengaruh Aplikasi Berbasis Android Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa’, Jurnal …, 4 (2022), 5762–67.
- Janah, Sinta, and Dewi Ariyani, ‘Pemanfaatan Game Edukasi Marbel Angka Berbasis Android Sebagai Media Pengenalan Angka Pada Anak Usia Dini’, Skripsi, 6.2, 24–32 2021)
- Karaman, Jamilah, Arief Setyanto, and Amir Fatah Sofyan, ‘Analisis Aplikasi Marbel Huruf Versi Mobile Terhadap Pembelajaran Membaca Di Desa Semanding Ponorogo Marbel Letter Application of Mobile Version Analysis to Reading Learning in Semanding Ponorogo Village’, Intensif, 2.2 (2018), 2549–6824)
- Kristina, ‘6 Kedudukan Anak Dalam Islam’, Detik.Com, 2021
- Mardhian Ningrum, Anggun, Tri Sayekti, and Ratih Kusumawardani, ‘Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun’, Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6.4 (2021), 179–92 <https://doi.org/10.14421/jga.2021.64-02>)
- Nofri Satriawan, ‘Pengertian Metode Penelitian Eksperimen Dan Cara Menggunakannya’, Ranahresearch.Com, 2023.
- Prof. Dr. Sugiyono, Statistik Untuk Penelitian, Endang Mul (CV ALFABETA Bandung, 2015).
- Riyadh 12329 07.30 Abdullah Ibn Muammar, Umm Al Hamam Al Gharbi, ‘Pendidikan Anak Usia Dini’, Kemendikbud.Go.Id, 2023
- Safitri, Diyah, Mohammad Afifulloh, and Ika Anggraheni, ‘Dewantara : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 2 Nomor 1 Tahun 2020 e-ISSN: 26556332’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume, 2.2019 (2022), 2–5)
- Sheila Septiana Rahayuningsih, Tritjahjo Danny Soesilo, and Mozes Kurniawan, ‘Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar’, Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9.1 (2019), 11–18
- Yeni, Afrita, and Sri Hartati, ‘Studi Literatur: Stimulasi Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Permainan Menguraikan Kata Di Taman Kanak-Kanak Alwidjar Padang’, Journal of Chemical Information and Modeling, 4.1 (2020), 608–16 )
Referensi
Adam Ardisasmita, ‘Belajar Alfabet Menggunakan Smartphone Dengan Aplikasi Marbel Huruf’, 2015 [accessed 12 October 2023].
Arsyad Said Salwanur, Syafruddin, ‘Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Kartu Kata Pada Anak Kelompok A Paud Terpadu Qalbun Salim Kalukubula Kabupaten Sigi’, 43.1 (2021), 119–28.
Aulina, Choirun Nisak, ‘Penerapan Metode Whole Brain Teaching Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2.1 (2018), 1 <https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.1> 2018)
Dini, Anak Usia, ‘Jurnal Anak Bangsa’, 2, 238–48 2023)
F Firman and D Desyandri, ‘Pengaruh Aplikasi Berbasis Android Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa’, Jurnal …, 4 (2022), 5762–67.
Janah, Sinta, and Dewi Ariyani, ‘Pemanfaatan Game Edukasi Marbel Angka Berbasis Android Sebagai Media Pengenalan Angka Pada Anak Usia Dini’, Skripsi, 6.2, 24–32 2021)
Karaman, Jamilah, Arief Setyanto, and Amir Fatah Sofyan, ‘Analisis Aplikasi Marbel Huruf Versi Mobile Terhadap Pembelajaran Membaca Di Desa Semanding Ponorogo Marbel Letter Application of Mobile Version Analysis to Reading Learning in Semanding Ponorogo Village’, Intensif, 2.2 (2018), 2549–6824)
Kristina, ‘6 Kedudukan Anak Dalam Islam’, Detik.Com, 2021
Mardhian Ningrum, Anggun, Tri Sayekti, and Ratih Kusumawardani, ‘Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun’, Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6.4 (2021), 179–92 <https://doi.org/10.14421/jga.2021.64-02>)
Nofri Satriawan, ‘Pengertian Metode Penelitian Eksperimen Dan Cara Menggunakannya’, Ranahresearch.Com, 2023.
Prof. Dr. Sugiyono, Statistik Untuk Penelitian, Endang Mul (CV ALFABETA Bandung, 2015).
Riyadh 12329 07.30 Abdullah Ibn Muammar, Umm Al Hamam Al Gharbi, ‘Pendidikan Anak Usia Dini’, Kemendikbud.Go.Id, 2023
Safitri, Diyah, Mohammad Afifulloh, and Ika Anggraheni, ‘Dewantara : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 2 Nomor 1 Tahun 2020 e-ISSN: 26556332’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume, 2.2019 (2022), 2–5)
Sheila Septiana Rahayuningsih, Tritjahjo Danny Soesilo, and Mozes Kurniawan, ‘Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar’, Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9.1 (2019), 11–18
Yeni, Afrita, and Sri Hartati, ‘Studi Literatur: Stimulasi Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Permainan Menguraikan Kata Di Taman Kanak-Kanak Alwidjar Padang’, Journal of Chemical Information and Modeling, 4.1 (2020), 608–16 )