Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman anak usia dini tentang uang dan pengelolaan keuangan dengan menggunakan alat permainan edukatif monopoli. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan melibatkan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat, variabel bebas yaitu alat permainan edukatif monopoli dan variabel terikat yaitu pemahaman anak usia dini tentang uang dan pengelolaan keuangan. Populasi dalam penelitian ini semua siswa Kober Kurnia  dan RA Nabila Azzahra Wanaraja  dengan jumlah siswa 130 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, sampel pada penelitian ini 99 siswa. Instrument yang digunakan adalah tes pemahaman anak tentang uang dan pengelolaan keuangan. Hasil analisis data menunjukan bahwa skor rata-rata pemahaman anak tentang uang dan pengelolaan keuangan kelas eksperimen adalah 66,81% dan skor rata-rata pemahaman anak tentang uang dan pengelolaan keuangan kelas kontrol adalah 32,7%. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t, dimana hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,829 > 1,677. Dari hasil analisis tersebut diperoleh temuan bahwa terdapat perbedaan pemahaman anak tentang uang dan pengelolaan keuangan antara siswa yang belajar  melalui permainan monopoli, dengan siswa yang tidak belajar melalui permainan monopoli. Demikian pula hasil pemahaman anaka tentang uang dan pengelolaan keuangan dengan permainan monopoli lebih tinggi dibandingkan dari siswa yang tidak belajar dengan permainan monopoli.


Kata Kunci : Alat Permainan Edukatif Monopoli , Uang Dan Pengelolaan Keuangan, Anak Usia Dini

Kata Kunci

Anak Usia Dini Alat Permainan Edukatif Monopoli Uang Dan Pengelolaan Keuangan Early Childhood Monopoly educational game tools money and financial management

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Resiana, R. S., & Pratiwi, S. N. E. R. (2024). Pengaruh Alat Permainan Edukatif (APE) Monopoli Terhadap Pemahaman Anak Usia Dini Tentang Uang Dan Pengelolaan Keuangan. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 3(1), 55–61. https://doi.org/10.37968/anaking.v3i1.705

Referensi

  1. Islamiyah, T. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Berbasis Permainan Monopoli. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 4(1), 37. https://doi.org/10.18860/jpips.v4i1.7301
  2. Ita rakhmawati, Ozy lahana Avonita, Umi maria tsalimna, lia fatunisa, berliana putri. (2021). urgensi literasi keuangan usia dini. Urgensi Literasi Keuangan Usia Dini, 7–49. https://doi.org/10.1007/978-3-658-22081-5_2
  3. Oktaviani, R. F., Meidiyustiani, R., Qodariah, Q., & Iswati, H. (2022). Edukasi Menumbuhkan Literasi Finansial Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 133–140. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.1654
  4. Priono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif.
  5. Peirce, N., & Wade, V. (2010). Personalised learning for casual games: The'language trap'online language learning game. Leading Issues in Games Based Learning, 159.
  6. . Marsudi, S., Rubiyanto, R., & Hartini, S. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Surakarta: BP-FKIP UMS.