Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan kognitif anak usia dini dalam berfikir simbolik pada siswa di Tk Darul Fikri yang masih kurang. Dalam menghadapi era revolusi industri 4.0, pemanfaatan teknologi, terutama dalam pembelajaran, menjadi hal yang penting. Di Indonesia, aplikasi berbasis teknologi, seperti Icando, telah diperkenalkan sebagai sarana pembelajaran interaktif untuk anak usia dini. Aplikasi belajar anak Icando merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan perkembangan kognitif tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Pengaruh penggunaan aplikasi belajar anak Icando terhadap perkembangan kognitif anak usia dini dalam berfikir simbolik. Populasi penelitian ini adalah siswa, orang tua dan Guru di Tk Darul Fikri Kecamatan Sucinaraja Kabupaten Garut dengan jumlah sampel sebanyak 22 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain korelasi, juga dilakukan analisis Koefisien Determinasi untuk mendapatkan seberapa besar kontribusi tersebut setelah dilakukan analisis. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, Aplikasi Belajar Anak "Icando" memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan kognitif anak usia dini dalam berfikir simbolik. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebesar 66.9% dari perkembangan kognitif anak dalam berfikir simbolik dipengaruhi oleh penggunaan aplikasi belajar anak Icando , sedangkan sisanya 33.1% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti metode belajar yang diterapkan di Tk Darul Fikri.
Kata Kunci : Pendidikan Anak Usia Dini, Aplikasi Belajar Anak "Icando", Aplikasi Pembelajaran, Perkembangan Kognitif, Berfikir Simbolik
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking )

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Referensi
- Agus, Zulkifli. 2018. “Konsep Pendidikan Islam Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (Paud).” Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah 3(1): 39–56.
- Anisyah, Nur. 2018. “Memahami Konsep Dasar Pendidikan Islam Anak Usia Dini.” Jurnal Al-Ashlah 2(1): 101–22.
- Ayuningsih, Riska, Yuniar Ika Fajarini, and Erlina Hermawati. 2018. “Pengaruh Penggunaan Gadget Dengan Aplikasi Game Edukatif Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Darussalam 02 Kartasura Sukoharjo Intisari.” Jurnal Ilmu Kesehatan Stikes Duta Gama Klaten 10(2): 20–30.
- Bahri, Syaiful, and Agus Wahdian. 2021. “Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Game Edukasi Icando Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 6(2): 23–41.
- “Departemen Agama RI.”
- Kemendikbud, GTK. 2019. “Mendikbud Ungkap Pentingnya Konsep Bermain Dan Belajar Di Jenjang PAUD.” Kemendikbud.
- Masniah, Masniah. 2023. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Berbasis Android Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1): 79–90.
- Putri, D E, and E P W Mandala. 2021. “Pemanfaatan Aplikasi Pendidikan Anak Sebagai Penunjang Pembelajaran.” Majalah Ilmiah UPI YPTK 28(2): 42–47. https://jmi-upiyptk.org/ojs/index.php/jmi/article/view/69%0Ahttps://jmi-upiyptk.org/ojs/index.php/jmi/article/download/69/79.
- Qur’an Kemenag, Al-Qur’an Dan Terjemahnya Edisi Penyempurnaan, Jakarta Timur: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an,. 2019.
- Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Afabeta.
- . 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Afabeta.
- Veronica, Nina. 2018. “Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.” Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini 4(2): 49.
- Yudrik, Jahya. 2015. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Referensi
Agus, Zulkifli. 2018. “Konsep Pendidikan Islam Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (Paud).” Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah 3(1): 39–56.
Anisyah, Nur. 2018. “Memahami Konsep Dasar Pendidikan Islam Anak Usia Dini.” Jurnal Al-Ashlah 2(1): 101–22.
Ayuningsih, Riska, Yuniar Ika Fajarini, and Erlina Hermawati. 2018. “Pengaruh Penggunaan Gadget Dengan Aplikasi Game Edukatif Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Darussalam 02 Kartasura Sukoharjo Intisari.” Jurnal Ilmu Kesehatan Stikes Duta Gama Klaten 10(2): 20–30.
Bahri, Syaiful, and Agus Wahdian. 2021. “Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Game Edukasi Icando Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 6(2): 23–41.
“Departemen Agama RI.”
Kemendikbud, GTK. 2019. “Mendikbud Ungkap Pentingnya Konsep Bermain Dan Belajar Di Jenjang PAUD.” Kemendikbud.
Masniah, Masniah. 2023. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Berbasis Android Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1): 79–90.
Putri, D E, and E P W Mandala. 2021. “Pemanfaatan Aplikasi Pendidikan Anak Sebagai Penunjang Pembelajaran.” Majalah Ilmiah UPI YPTK 28(2): 42–47. https://jmi-upiyptk.org/ojs/index.php/jmi/article/view/69%0Ahttps://jmi-upiyptk.org/ojs/index.php/jmi/article/download/69/79.
Qur’an Kemenag, Al-Qur’an Dan Terjemahnya Edisi Penyempurnaan, Jakarta Timur: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an,. 2019.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Afabeta.
. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Afabeta.
Veronica, Nina. 2018. “Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.” Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini 4(2): 49.
Yudrik, Jahya. 2015. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kharisma Putra Utama.